Sunday, October 15, 2006

TOM YAM SOUP


Description:
Lagi lagi... karena hari hujan, enaknya teteeeup makan yang panas dan berkuah. Punya udang, sayap ayam, dan straw mushroom.. jadilah sop tom yam... no further description! enaknya udah terbayang... mmmm yummy....

Ingredients:
500 gram udang yang agak besar, buang kepalanya
4 buah sayap ayam
1/2 kaleng straw mushroom
1 butir bawang bombay, potong bulat
3 butir bawang putih, geprek, iris tipis
2 batang sereh, geprek
6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 batang daun ketumbar
10 biji cabe rawit utuh
3 sdm bumbu tomyam instan
2 sdm minyak untuk menumis
1.5 lt air
garam dan gula secukupnya

Directions:
- tumis bawang putih sampai harum
- masukkan bawang bombay, tumis sampai harum
- masukkan daun jeruk, sereh, dan ayam, tumis sampai ayam berubah warna
- masukkan udang, tumis sampai udang berwarna merah
- tuang air, masukkan bumbu instan, masak sampai mendidih
- masukkan gula garam, cabai rawit dan daun ketumbar.
- angkat, hidangkan panas-panas

Photobucket - Video and Image Hosting

25 comments:

  1. Ning, sebagai pereply pertama gw dapet sop-nya gak? :D

    ReplyDelete
  2. huduh... mo nyobain ah... ijin ngopi resep ya mbak :))

    ReplyDelete
  3. wah, aku juga punya tom yam broth nich ... thanks ya Ning ... :))

    ReplyDelete
  4. slurrrrrrrrrrrpppppppppp seger nih :p

    ReplyDelete
  5. wahhhhhhh aku ngak makan seafood Ning!!!!!!!
    Tp Tom yum emang enakkkkkkkk....asem asem gitu...tp isi ayam haa

    ReplyDelete
  6. eh sama donk... tadi sore aku baru masak tom yang kung... tp pakai bumbu munik.. simple banget dan rasanya segerrrrr :)

    ReplyDelete
  7. silakan jeng... itu isinya bisa divariasi lho.. cumi, kakap, bakso ikan... slllrruuupp :)

    ReplyDelete
  8. mbak fitri, enak lagi kalo pake kaldu dari kepala dan kulit udang... ada rasa2 'manis' gitu :D

    ReplyDelete
  9. mberr... gue aja masih ngeces nih liat gambarnya :D

    ReplyDelete
  10. waaaa... sayang banget! alergi atau karena lagi hamil mbak? isinya bisa pake ayam mbak... atau beef enak juga kali.. aku sendiri belom pernah coba pake beef

    ReplyDelete
  11. haaa mba indry! apa kaber? kangen nih... dirimu jarang online sekarang ya... kompak kita bikin tom yam :D

    ReplyDelete
  12. Haduh ngilerr....
    Belom pernah niy bikin Tom Yam...coba ah...
    Cuman asli ragu banget disini ada ga yaaa tom yam instan ?
    Ada ide ngga buat penggantinya...
    Thanks *muah*

    ReplyDelete
  13. di super indo pasti ada bumbu tom yam instan... cari deh :)

    ReplyDelete
  14. mba aku ijin nyontek yach .. sedap sedapp nih .. mumpung musim hujan and met kenal yach mba :)

    ReplyDelete
  15. silakan.. gampang banget lho bikin tomyang ini... tinggal cemplung2! nanti klo udah jadi, difoto ya... *biar gue kepengen* :))

    ReplyDelete
  16. pingin coba buat nih...gw lagi ngidam

    ReplyDelete
  17. di semarang aku nyari kok ngk ada bumbu tomyam instan ya? ada gantinya ngk? ;)

    ReplyDelete