Tuesday, October 17, 2006

MISOA KUAH UDANG


Description:
Misoa ini sejenis mie khas chinese.. mungkin terbuat dari tepung beras (?) rasanya lembut sekali. Dimasak sebagai campuran sop, enak. Dahulu kala, kalau aku sakit dan gak doyan makan, ibuku masak sayur gambas yang dicampur misoa. Walaupun aku gak mau makan nasi, tetap ada karbohidrat masuk ke tubuhku :)

Besok atau lusa, aku akan cuti lebaran. Di freezer masih ada udang, di kulkas masih ada straw mushroom sisa bikin tom yam kemarin. Di lemari masih ada sebungkus misoa. Jadi, tadi malam kami berbuka puasa dengan misoa kuah udang... wah, segarnyaaa!

Resep misoa kuah udah ini ngintip di Prima Rasa..tentu saja aku modifikasi di sana sini seperti biasa

Ingredients:
1 bungkus misoa (200 gr), seduh dengan air mendidih, tiriskan
250 gram udang, buang kepalanya dan kulitnya (kalau aku, kulitnya aku tinggalkan, karena aku senang menggerogoti kulit udang)
1/2 kaleng straw mushroom, potong-potong jadi 4
20 butir bakso, kerat atasnya
5 siung bawang putih, geprek, iris tipis
3 cm jahe, iris tipis
1 sdm udang kering (ebi), rendam air hangat, tumbuk kasar
3 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya
1.5 lt air (kaldu udang kalau ada)
2 sdm minyak untuk menumis

1 batang daun bawang, iris halus
50 gram sawi hijau, rebus, tiriskan
bawang goreng untuk taburan

Directions:
- tumis bawang putih dan jahe sampai harum
- masukkan ebi, masak sampai agak kering
- masukkan udang dan jamur, masak sampai udang berubah warna
- tuang kaldu, bumbu-bumbu dan bakso, masak sampai mendidih dan bakso merekah
- angkat

Menghidangkan:
- ambil misoa yang sudah diseduh
- beri sawi
- siram kuah dan isinya, taburi bawang goreng dan daun bawang iris
- makan deh..

19 comments:

  1. Gambarnya bikin ngeces nich ..... ngejilat monitor batal nggak ya?

    ReplyDelete
  2. klo dijilat ngga, tapi klo dimakan baru batal huehehhehe

    ReplyDelete
  3. Duh masakannya jeng Nining, bikin dakyu semangat masuk dapur again and again walaupun pulang kerja udah bete ama macet & pengennya nyampe rumah tinggal makan ajah...*Andaikan dirimu adalah tetanggaku, betapa beruntungnya diriku 'khayaldotkom*

    ReplyDelete
  4. nyam nyam nyam... masih ada lho di rumah. Mau? huehehe

    ReplyDelete
  5. kalo nanti pindah jakarta, belom tentu aku masak serajin ini :))

    ReplyDelete
  6. huusshhh! nanti aja kalo udah buka :)

    ReplyDelete
  7. penampilannya kaya bakso abang-abang... duh maooooooooooo......

    ReplyDelete
  8. yeeee bakso abang2 mana ada yang pake udang & jamur atuh, neng.. hueheheheh

    ReplyDelete
  9. Hehe aku sering bikin yg versi misoa kuah ayam...
    Coba yang ini ah..hehehe

    ReplyDelete
  10. Eh btw straw mushroom tuh apaan sih ?

    ReplyDelete
  11. jamur yang gagangnya panjang hehehe aku belinya kalengan say..

    ReplyDelete
  12. Duh misoaaaaaaaa...
    tadi di rumah ada kumpulan kelompok, Ada 30-an orang. Aku bikinin misoa kuah. KUEh, tu misoa nempel semua jadi satu gak bisa mburai-mburai... jadinya kunamain "CAP JAY MISOA"!!! Trus... banyak yg gak habiss... cuma dimakan sayur, ayam dan kuahnya (krn kuahnya uenak). Huwaaaaaaaaaaa.... Susyahnya klo masak buat banyak oranggg... suka gatot. Klo masak cuma buat bertiga seisi orang rumah sih jarang bermasyalah...

    ReplyDelete
  13. jeng, emang masak misoa rada njlimet ya.. perlu ketepatan waktu merebusnya.. jangan sampai terlalu lama, hingga misoanya 'lodo' tapi juga gak boleh terlalu cepat klo gak mau misoanya masih keras... huhuhuhu sing sabar yo... besok2 lebih baik deh :)

    ReplyDelete