Sunday, October 15, 2006

SOP BUNTUT


Description:
Hari hujan, enaknya makan yang hangat dan berkuah.. Pengen makan sop buntut sampai mimpi, gara2 siangnya chatting ama Lisa soal sop buntut. Sop buntut paling enak yang pernah aku makan tuh yang di daerah Cut Mutia. Dagingnya empuk banget, bisa diemut seperti makan daging korned hehehe.. Di sini, sayuran yang aku masukkan ke dalam sopnya cuma wortel, secara aku ngga demen ama kentang rebus.. Jadi, kentangnya di bikin perkedel aja deh... Seperti biasa, aku paling anti merebus daging yang tidak ditumis dulu dengan bumbu.. hehehe ini masalah selera, karena menurutku daging yang cuma direbus rasanya anyep.. dan sepo.. *mbuh bahasa indonesianya*
4 potong buntut sapi, aku makan sendiri *lupa ama tetangga*... puass banget bisa memanjakan diri... heheeheh

Ingredients:
1/2 kg buntut sapi, dipotong menurut ruasnya, jadi 4
2 liter air
5 bawang merah, iris tipis
5 bawang putih, iris tipis
5 butir cengkeh
2 buah wortel, potong-potong
1 batang daun bawang, iris tipis
1 batang daun sledri, iris tipis
garam
gula
2 sdm makan minyak untuk menumis

bumbu yang dihaluskan:
1/2 sdt merica
1/4 sdt biji pala
1 ruas jari jahe
5 bawang merah
5 bawang putih

Pelengkap:
perkedel kentang
acar ketimun dan wortel
emping goreng
sambal cabe hijau
bawang goreng
jeruk nipis

Directions:
- tumis bawang putih sampai harum
- masukkan bawang merah, tumis lagi sampe harus
- masukkan bumbu halus dan cengkeh, tumis sampai bumbu masak
- masukkan buntut, tumis sampai buntut sapi 'kencang' dan berubah warna
- tuang ke dalam panci presto, masukkan air, rebus selama 45 menit atau 3 jam kalau pakai panci biasa
- saring kaldu supaya dapat kaldu yang jernih
- rebus lagi, masukkan wortel dan daun bawang sledri.
- angkat

Hidangkan dengan pelengkap...
Hmmmm enak!

25 comments:

  1. Aduh gw jadi lapeeeeeeeeeeeeer. Ini menu favorit gw.

    ReplyDelete
  2. Ninggggg, mauuuuuuu
    paporitttt juga nehhh

    ReplyDelete
  3. wah thanks banget.. kemarin beli buntut tapi males cari resepnya.. eh dpt disini
    thank uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  4. Kok udah ujan mbak? Duuuhhh... segereeee...

    ReplyDelete
  5. aa suka banget nih....tp krn emaknya males, bumbunya pake bumbu instant aja hehehe.

    ReplyDelete
  6. Ning, aku bikin sup buntut juga waktu ada acara buka puasa bersama di rumah ... bikin 8 kg euy ... mabok dech ...

    ReplyDelete
  7. kekeekek... favorit gue juga! minta bikinin atuh.. gampang banget :)

    ReplyDelete
  8. hehehe udah abis.. buntut terakhir dimakan buat sahur tadi pagi.. kuahnya masih ada, mau? :))

    ReplyDelete
  9. Aku mau ninggggggggggggggggggggg..........seger amat nih

    ReplyDelete
  10. yoi jeng... hujan deras 2 hari berturut-turut di sini.. enak, suegerrr... aku demen ama bau tanah yang kena hujan pertama... ngangeni :)

    ReplyDelete
  11. hah 8 kg? merebusnya bertahap ya? atau pake panci besar...? klo aku jadi mba fitri pasti udah mblenger ama baunya hueheheh

    ReplyDelete
  12. mau mbak? aku mau bikin lagi nih.. nanti dikabarin :))

    ReplyDelete
  13. sop buntut? slllrrrrrrrrupppppppp, bagi dunk, semangkok ajah *mupeng sambil ngeces*...

    ReplyDelete
  14. hikss telat yahh gpp deh, barusan makan sup bunga kucai

    ReplyDelete
  15. tissue aja ya? buat lap ngecesnya huahahaha

    ReplyDelete
  16. enak gak? menurutku, rasa kembang bawang lebih nendang daripada daun bawang :p

    ReplyDelete
  17. enakkk... namanya bawang2an gw doyan :D kecuali bawang merah goreng yg ditaburin kelewat banyak diatas makanan :D
    tapi btw bunga kucai gak setajem bau kucai yg batangnya

    ReplyDelete
  18. Huaaaaaaaaaaa ini kayaknya lebih enak daripada yang aku ......
    Kekekekeke...yummy banget yah...

    ReplyDelete
  19. enakkkkkkkkk, slurrrrrrrrrppppppppppp apalagi kalo yg masakin Nining :))

    ReplyDelete