Monday, October 30, 2006

SEMUR DAGING BETAWI


Description:
Teman makan ketupat sayur betawi, selain sambel godog, yang udah aku posting sebelum ini.

Berbeda dengan semur pada umumnya, semur daging betawi ini dikentalkan dengan beras tumbuk, yang sudah disangrai dengan ketumbar dan jintan. Semur ini jadi salah satu hidangan lebaran yang paling laris di rumahku.

Resep semur daging ini dapat dari Ibu Rojnah, yang asli Tanah Abang.

Ingredients:
½ kg daging sapi bagian lamusir, potong-potong kotak
2 batang sereh, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
5 cengkeh
3 cm kayu manis
50 ml kecap manis
Garam dan gula secukupnya
Air panas secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
10 bawang merah
5 bawang putih
1 cm jahe
½ sdt lada
½ biji pala

Bumbu kering, disangrai, dan dihaluskan:
½ sdm beras, cuci bersih
½ sdm ketumbar
¼ sdt jintan

Directions:
• Lumuri daging dengan kecap dan bumbu halus.
• Remas daging berbumbu sampai lemas dan bumbu tercampur rata. Sisihkan 1 jam.
• Masak daging dengan cara diungkap sampai setengah matang, atau air daging habis
• Tambahkan air panas secukupnya, masak lagi sampai daging empuk.
• Masukkan bumbu kering, masak sampai kuah mengental.
• Angkat, hidangkan dengan ketupat dan sambel godog.

41 comments:

  1. gile nih semur bumbunya padat berisi banget...kami taunya semur kan yang sangat minim bumbu lha ini mah kayak gule gak disantenin tapi dikecapin aja, bumbu komplit.

    ReplyDelete
  2. betulll... tapi justru bumbunya itu yang bikin semurnya nendang :) hehehe bumbu keringnya itu lho yang unik...

    ReplyDelete
  3. halah mbak Ning, ini toh resepnya yang sangat terkenal itu di NCC ... Wah enak banget kedengarannya. kebetulan punya daging sekilo di kulkas yang agak berlemak, bisa kan dipakai untuk semur ini? sebelumnya terima kasih sudah mau membagi resep untuk semua orang. Saya dukung pendapat mbak Ning.

    ReplyDelete
  4. Ooo.. ini ya Ning resep yang bikin heboh itu... wakakaka...
    Kayaknya gue mau bikin juga ah... Daging sapi bagian lamusir itu bagian mana Ning..?

    ReplyDelete
  5. ntar gue tanyain ibu dulu yaaa.... :P

    ReplyDelete
  6. menurut saya, jauh lebih bermanfaat membagi resep saya secara gratis di sini... daripada dibuat buku, yang kemudian dijual. Kalo mau dibuat buku, harusnya saya dapat royalti dari penerbit kan? hehehe thanks for your support, mbak fedi

    ReplyDelete
  7. sengkel bukan? cuma nebak lho...... :D

    ReplyDelete
  8. sengkel itu bagian mana dari sapi.. *bener bener oneng*

    ReplyDelete
  9. paha kali..........hehehehe........maaf kalo salah .... sama2x oneng :D

    ReplyDelete
  10. Mbak Ning, saya sudah buat semurnya kemarin. Emang enak banget. Suami dan anak-anak suka semua. Cuma ngalusin beras sama jinten dan ketumbarnya saja yang capek!!! makasih banyak yah.

    ReplyDelete
  11. kuahnya aja enak ya mbak, soalnya bumbu yang dipakai lengkap. Kalau aku pakai grinder untuk ngalusin beras, jintan, ketumbar... lumayan irit tenaga :)

    ReplyDelete
  12. Mbak Ning, aku udah coba semurnya. Top banget deh, karena baru sekarang nemu-in resep semur Betawi yg pas banget di lidah. Salam dari suami + anakku yang seneng banget mamanya bisa bikin semur betawi yang 'endang bambang' ini. Thanks a million Mbak!

    ReplyDelete
  13. hai hai... seneng ya? sama doong... aku juga doyan banget ama semur ini :)

    ReplyDelete
  14. salam kenal mbak ning, saya mau tanya nich, waktu kita masukin daging (dgn cara diungkep), itu di masukin air apa engga?. karena memang dagingkan suka keluar air. atau diberi air sedikit?. thank's ya.

    ReplyDelete
  15. salam kenal mbak Ning..
    aku mo ijin nyatet mbak...
    terima kasih sebelumnya... ^_^

    ReplyDelete
  16. ini dia resep yang aku cari!! the real semur betawi! :) salam kenal yah mbak ning, long weekend besok aku mo coba resepnya, karena pagi ini suamiku liat orang masak semur di TV, dia pingin banget! tempo hari aku coba, tapi resepnya kurang mantep.. ato aku yg masaknya kurang oke?! hehe.. tenkyu tengkyu yah.. :)

    ReplyDelete
  17. wahh dah lama penasaran ama resep semur betawi...akhirnya dapet juga...sumbernya tooopp deh mba....thx ya....

    ReplyDelete
  18. mbak..kemarin aq copy resepnya (maap baru ijin,hehe) n udah aq coba semalem..mantap mbak..enak banget :) makasih ya mbak bagi2 resepnya :)

    ReplyDelete
  19. As. salam kenal,...ijin copas ya,..mo diuji coba jg ni di rumah,.thx

    ReplyDelete
  20. Mbak, aku dikasih linknya dr Om Ophoeng....mau coba resep semur betawinya nih....thank's for sharing ya Mbak....

    ReplyDelete
  21. mba,bwt bikin empuk dagingnya itu pake apa ya?
    saya sudah masak dagingnya 2jam tapi kok gk empuk2 ya?
    thx,

    ReplyDelete
  22. mba... aq dah bwat semur na... enak banget!!!
    trus ad yanga nanya di groups na dapur bunda, aq share sekalian...
    gpp kan?! ^__^
    makasiyh banyak y mba.. salam bwat bu rojnah dan tanah abang y mba..
    salam kenal :D

    ReplyDelete
  23. Mbak.makasih infonya yah. Ternyata walaupun saya bukan orang betawi..........Alhamdullillah saya bisa menbuat semur betawi ini sama dengan buatan orang betawi..........hm...... lezaaaaaaaaaaaaaaat
    Makasih yah..........

    ReplyDelete
  24. Ma kasih atas resepnya ya, Mbak Ning... akhirnya kesampaian juga nyenengin suami... ini salah satu masakan favoritnya dia waktu kecil... nostalgia gitu, ceritanya..! Ijin copy utk blog saya ya, Mbak... Thanks in advance, sist.. ^_^

    ReplyDelete
  25. Nyontek ya....

    makasih resepnya..

    ReplyDelete
  26. mbk klo dagingnya rendang dipukuli dulu pake ulekan trus ngrebusnya 1hari sblmny skitar 3jam.klo dagingnya sengkel/ lamusir/ lidah saat masak & airnya menyusut ditambah dg air panas.jd sidaging itu tdk akan mnyusut yg mnyebabkan keras/ maghel (red-istilah jawany)

    ReplyDelete
  27. salam kenal mba..sy ijin nyontek resepnya ya buat didapur sendiri..makasih

    ReplyDelete
  28. jeng nyonteh resep na yah....hari ni mo buka puasa bersama kaya na mo nyoba ni resep deh....:) tengkyu ya mbak....^_*

    ReplyDelete
  29. thanks ya..dr resepini sy modifikasi dg resep semur lainnya hasilnya mak nyos loh....

    ReplyDelete
  30. no other words to say it...!!! except....(in betawi dialeg).........MUUUAAANNNTTTAAAAAPPPP.......Bo.....!!! UUEENNAAAKKK TENAN !!!
    Begitu nemu resep ini...jam 06.15pagi...nagh sebentar lagi langsung mau ke pekan (pasar).......selanjutnya.....trim's buangett yaaa....::::::

    ReplyDelete
  31. mohon maaaafff...mba' NINING....sampe lupa to say "THANK YOU very much indeed" nanti kalu sudah aku masak coba nagh..aku laporkan
    hasilnya dueghh.....

    ReplyDelete
  32. naaaggghhhh.....for all....@ anywhere......yang mau berkenalan dan berbagi recipes dengan saya, silahkan reply disini atau bisa juga ke email : aug_f@yahoo.com.......................thanks.

    ReplyDelete
  33. Mbak Ning aku aku mo ngucapin makasih banget atas resep semurnya - ini bener-bener semur enuak n mantap. Pas lagi kangen pengen makan semur eh dapat resep ini. Bumbu-bumbunya juga gampang didapat di toko-toko asia. Bener-bener serasa di Betawi pas makan semur ini, ngilangin rasa kangen, thanks alot ya mbak Ning

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah, kalau cocok yah... :)

    ReplyDelete
  35. Maf mbak, ijin co-pas.. :-). mba ak mw tanya.. ko gk pke cabe sma kemiri ya,? knpa mba? soalnya ak ska pdas.. mksh wt jwbannya..

    ReplyDelete
  36. Mbak, mau nanya bumbu keringnya kenapa pakai beras?

    ReplyDelete
  37. gak pake kemiri tapi pake beras buat pengental.
    klo soal cabe, saya gak pernah tau klo ada semur yg pedas..
    silakan tambah cabe sesuai selera...

    ReplyDelete
  38. itu cirinya semur betawi... beras dipakai buat pengental.. jadi, kuahnya tidak encer..

    ReplyDelete
  39. aku baru coba resepnya nih... dan uenakkk bangett.. tks ya mba untuk share resepnya...

    ReplyDelete