Monday, June 25, 2007

MARTABAK MANIS a.k.a KUE TERANG BULAN


Description:
kenapa disebut kue terang bulan? karena bentuknya bulat menyerupai bulan purnama, sebelum dilipat jadi dua.

mungkin banyak teman-teman yang heran ya... ngapain aku susah-susah dan capek-capek bikin martabak manis, padahal di luar banyak yang jual? huehehehhe ini gara2 penasaran ama sms yu Haley malam2 yang mewek karena martabaknya bantat dan tidak berpori...

Lumayan juga hasilnya bikin martabak manis di rumah. Yang pasti, hasilnya lebih sehat...karena tidak pakai debu.. hehehe pemakaian gula dan mentega juga bisa dibatasi demi alasan kesehatan.

Aku pakai resep dari Mammi Stella, yang adonan martabak manisnya tidak pakai ragi instan. Cukup pakai soda kue... cocok, Stel..dengan hasil wawancaraku ke penjual martabak hehehehe



Ingredients:
Bahan martabak:
500 gram terigu protein sedang
750 cc air
1 butir telor
50 gram gula pasir
1 sdm garam
1 sdt soda kue

Bahan isi:
coklat beras (meises)
kacang tumbuk
keju
gula pasir
susu kental manis
dll

Directions:
- Campur semua bahan jadi satu, kecuali soda kue.
- Aduk-aduk dengan menggunakan whisk, sampai adonan rata dan tepung larut. Diamkan 1 jam atau lebih
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

- Panaskan wajan martabak
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

- Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata
- Tuang adonan ke dalam wajan sampai 1/2 penuh
- Masak sampai bagian atas kering dan kelihatan berpori
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

- Taburi gula pasir, tutup wajan
- Angkat martabak, olesi dengan mentega, isi sesuai selera

126 comments:

  1. thanks u/ resepnya. aku lagi cari2 resep yg bagus. ada 1 yg udah di praktekin tapi hasilnya gk bagus. so mau coba resep yg ini.

    ReplyDelete
  2. OK de... ini resep minimalis banget, tapi hasilnya luar biasa :))

    ReplyDelete
  3. Wajan martabaknya bagus juga kalo' bisa dibikin dual functions, sekaligus jadi velg sepeda ... hehehe.

    Kirimi hasil 'mateng'nya ke Duri yow.

    ReplyDelete
  4. Waaa...enak banget..pengen deh beli wajan terang bulan, suami dan Ruth demen banget sama martabak manis yang full keju dan susu hehehehehe

    ReplyDelete
  5. Whoaaaaaaaaaaa ... mauuuuuuuuuuuuuuu ......

    ReplyDelete
  6. Hahahahahahaha... wabaaaaaah...!!!!

    ReplyDelete
  7. martabak maniez emang enak... biasanya aq bikin utk sarapan & dibawa bekal suami utk camilan.. ndak ada loyang martabak, teflon pun jadi

    ReplyDelete
  8. hihihi....lagi demam martabak.... :-)

    ReplyDelete
  9. Hihihihihi kok aku jadi pengen makan martabak yaaahhh

    ReplyDelete
  10. hehehe..harus beli loyangnya dulu yah....supaya bisa praktek...hehhee

    ReplyDelete
  11. Mba Ning, kl pake teflon punya tips2nya ga sih spy hasilnya kinclong kyk gini ? Trus bedanya soda kue & baking powder apa sih mba ? Udah ga punya loyangnya, ditambah lagi ga punya soda kue.. cmn bisa ngences aja nih.. ayo tanggung jwb nih mba :-(

    ReplyDelete
  12. Slurrrpppp...enak banget deh pagi2 disuguhi martabak :) bagi2 ke Plaza Abda dong mbakkkkk...

    ReplyDelete
  13. wow mbak ning. martabaknya asli berserat. aku tak ngopi yo...

    ReplyDelete
  14. Kirim dung Mba kesindang :-)
    *ngileeeeeeeeeer* T__T

    ReplyDelete
  15. Weks... aku dibilang mewek ik... wis lah, pokoke suk wiken tak saingi martabakmu ning...

    ReplyDelete
  16. duh sebel wajannya berat banget....kagak bisa ikutan beli...

    ReplyDelete
  17. Aduh mau banget nih Mbak Nining martabaknya. kagak ada yg jual soalnya di sini. Mbak, mau nanya kalo nggak punya wajan martabak, bisa pake wajan teflon biasa nggak yach? Makasih ya.

    ReplyDelete
  18. Lha iki kudu nganggo wajan martabak yo? Ora iso nganggo wajan biasa?

    ReplyDelete
  19. tx NIng...jadi semangat mo nyoba nih.
    Kemarin beli yg ukuran kecil biar ga blenger makannya

    ReplyDelete
  20. mbak, soda kue kapan dituang ke adonan? jadi pengen nyoba bikin martabak tanpa fermipan negh....

    ReplyDelete
  21. Mbak Ning, kalo gak punya loyang khusus terang bulan piye???? lali gak sangu kemarin hehehe

    ReplyDelete
  22. he..he.. tos dulu ning!! kemarin malam aku juga baru perawanin loyang martabak dari bu Lurah.. langsung tandas seketika!! emang lebih enak bikin sendiri... lebih puas...:p

    ReplyDelete
  23. Biasanya cukup beli aja..sekarang cuma bisa nelan ludah aja...Males banget bikin martabak manis sendiri...Alasannya gak punya wajannya..hehehe

    ReplyDelete
  24. bletaaaakkk! belum pernah dijitak gurita ngamuk ya? hahhahahhaha

    ReplyDelete
  25. toossss, aku juga demen banget martabak manis keju.. tapi kemarin gak pake filling itu

    ReplyDelete
  26. hahahhaa iya... ketularan yu Haley :P

    ReplyDelete
  27. betul... tapi hati-hati kalau pake wajan teflon, karena tipis jadi cepat gosong.. apinya harus keciiiiiiil sekali

    ReplyDelete
  28. hahahha iya nih... ketularan elo juga, Stel

    ReplyDelete
  29. beli nanti sore yuk? hahahhaha *males bikin.com*

    ReplyDelete
  30. bisa pakai wajan teflon kok say... tapi harus dilihat2 apinya supaya martabaknya tidak cepat gosong

    ReplyDelete
  31. pake wajan teflon bisa, tapi apinya harus kecil...soalnya wajan itu kan tipis... juga panasnya kurangnya merata..

    beda baking powder & soda kue:
    soda kue itu klo gak salah sodium bikarbonat, tanpa tambahan apapun. Berfungsi sebagai bahan pengembang, sekaligus bikin tekstur kue berpori besar dan beremah kasar.
    kalao baking powder itu soda kue plus bahan lain seperti cream of tar tar, dll... fungsinya sama seperti soda kue, sebagai bahan pengembang, tapi remah kuenya halus.

    Ada yang mau nambahin? itu rangkuman dari banyak sumber soalnya :))

    ReplyDelete
  32. Lho? kemarin itu gak mewek tho? hahahah

    ReplyDelete
  33. cegluk... eh nanti siang mau ke ambasador? :))

    ReplyDelete
  34. saget, mbak... tapi apinya mesti keciiiillll yaa :D

    ReplyDelete
  35. iyah.. yang bikin juga.. hahahaha *narsis.com*

    ReplyDelete
  36. maksudnya beli wajan ukuran kecil? iya cocok teh... bikin 1/2 resep aja, biar gak kebanyakan jadinya

    ReplyDelete
  37. hehehehe lupa aku tulis ya.. itu udah aku revisi kok :D
    soda kue dimasukkin sesaat sebelum adonan dituang ke wajan..

    ReplyDelete
  38. pake wajan teflon yang datar bisa kok

    ReplyDelete
  39. sippp lah! bakal rajin bikin neh kayaknya... :))

    ReplyDelete
  40. gubrak deh.. itu alasan tidak bisa diterima... ayo bikin nit! pake wajan bulat datar yang buat dadar bisa kok :))

    ReplyDelete
  41. Yuuuummmm....tapi kalo martabak ini ga ngiler bikin deh..
    Ngiler beli aja :))

    ReplyDelete
  42. hahhahaha iya atuh mah di Bandung apalagi, banyak yang jual ya...

    ReplyDelete
  43. setuju ama resepmu ini Ning. Soalnya aku pernah nyoba pake resep yang pake ragi instant. Hasilnya kalau dipendam kelamaan rasanya agak asam.

    ReplyDelete
  44. cocok kan? ayo cepet dicoba hehehehe

    ReplyDelete
  45. Aku kok gagal yah kalau pakai resep ini? Why oh why? hiks...

    ReplyDelete
  46. wis dikeplok? wis....
    udah didiemin 1 jam? belum... hehehehe

    ReplyDelete
  47. Ning... dirimu memang te o be dah

    ReplyDelete
  48. Emang belum sih...soalnya mau bandingkan juga dengan yg di blog-ku, yg gak pake didiem2in.
    Tapi teman yg nyoba pakai di-diemin jg gagal deh...jadi penasaran...ntar kalau sempat mau coba lagi ahhhh...thanks. (^^,)

    ReplyDelete
  49. mbak, tepung protein sedang apa yah??? Disini adanya cuman cakra ama segitiga biru tuh???

    ReplyDelete
  50. Mbak,saya bikin martabak ini sesuai resep, tapi kho engga berpori banyak kaya punya Mbak yach?

    ReplyDelete
  51. protein tinggi: cakra
    protein sedang: segitiga
    protein rendah: kunci

    ReplyDelete
  52. sudah sesuai prosedurnya? adonan dicuekin minimal 1 jam sebelum soda kue dimasukkin... setelah itu baru dimasak

    ReplyDelete
  53. wajannya, pertama2 dicuci dulu kan? trus langsung diminyakin ya? punyaku sempet karatan setelah kucuci :(( tapi akhirnya uda mulus kembali setelah digosssssoooookkkkkkkkk ama kaos & minyak, duh gak lagi deh brani nyuci. belon sempet praktek, minggu ini ada orderan tumpeng, hiks tertunda lagi deee...

    ReplyDelete
  54. iyo... kowe mlebu MP seko ndi ki? huahahhahahaha

    ReplyDelete
  55. beli mba, hand carry aja.paling2 dimarahin ama security airport, tapi yg penting boleh masuk.mosok ditinggal .pengalaman pribadi.wajan martabak tak masukin ransel :)

    ReplyDelete
  56. kekkekkeke luar biasa perjuangannya yaaa ...
    salut deh :D...

    ReplyDelete
  57. wihh... enak tuh kynya.... secara gw suka bgt sama martabak... tp wlpn udh dikasih resep nya sama mbak Ning.. sepertinya daku tak bisa buat nya.. hehehee.... ngebayangin sambil liat poto martabaknya gpp kan mbak??.... MMmmmmm....

    ReplyDelete
  58. wakh aku bikin pakai teflon bawahnya kok gosong yakh...padahal apinya udah paling sekecil-kecilnya...hiks...tapi hasilnya bagus bersarang cuman gosonnggggggg minta ampun.kenapa ya?

    ReplyDelete
  59. mungkin apinya masih terlalu tinggi... hehehe *padahal udah yang paling kecil ya*
    wajan teflon itu kan tipis ya... jadi panasnya cepat merambat...
    bisa diakali tapinya...
    ada kaleng bekas kan? kaleng susu, kaleng mentega, kaleng kue... lubangi bagian atas & bawahnya... letakkan di atas kompor...
    nah, tumpangi wajan teflon itu di atas kaleng, jadi wajan gak kontak langsung dengan kompor...
    semoga sukses yah...

    ReplyDelete
  60. wha mbak ning... kayaknya pas aku bikin apinya kegedean. gosong melulu, cuma satu yg bis dimakan.

    ReplyDelete
  61. Martabak manis ama terang bulan, bedanya apa ya?
    thx

    ReplyDelete
  62. wajannya kok bisa mulus banget..digosok pake apa? punya ku wis tak amplas, lap minyak, gosok..kasih cuka, kasih baking soda tpi ga semulus wajannya nining ya.

    ReplyDelete
  63. wahhh, enak buanget tuh martabak manieznya

    ReplyDelete
  64. Wajannya biking ngiler...secara tidak punya nih wajan......mau bikin pakai teflon takut gagal

    ReplyDelete
  65. Hi ningnong,

    Whould you like to tell me, where can buy the wajan martabak?

    THX!

    ReplyDelete
  66. Mbak Ning, aku bikin resepnya Mami Stella juga, koq rasanya pahit banget yah. Udah gitu setelah beberapa waktu jadinya keras. Ga ngerti dimana salahnya.

    ReplyDelete
  67. Mbak Ning, next time di video kan dong...kan jadi nikmat nontonnya...eh makannya :-)

    ReplyDelete
  68. Ning waktu di Jkt kemarin aku sempat nanya ke Holland Martabak (yg dari surabaya itu) ternyata mereka juga bikin cuma pake baking soda doang. Aku sempat nawar ke si abang yg jual utk ngejual itu wajan martabaknya ke aku, enggak dikasih..untung tahu dari Stella ada dijual di Diamond supermarket, jadilah aku berat2 bawa wajan martabak yg kecil. Nah week end ini pengen bikin...

    ReplyDelete
  69. mbak ning, kayaknya aku pake oven aja bikinnya kali ya pas matenginnya. waktu bikin gosong bawahnya padahal apinya udah kecil banget.

    ReplyDelete
  70. resepnya ya mirip2 sih yah .. yg pengaruh loyang martabak nya nih kayak nya

    ReplyDelete
  71. wah akhirnya nemu jg resep kue terang bulan...soale kehilangan resep nih *secara dulu waktu di jawa sering bikin pas SMP..hehhee*..tks ya mba..aku rojer nih resepnya..bole kan.. :) tks ya.

    ReplyDelete
  72. aneh banget deh Ning, aku sekali bikin bagus sekali memble sekali sedengan... kenapa yah kok gak bisa konstant...
    padahal resepnya sama...

    kamu dah bikin berapa kali ?
    sama semua ?
    Puyeng deh ah...

    ReplyDelete
  73. Ning.... akhirnya aku berhasil memotret martabaknya stlh berkali-kali bikin :D
    http://iniaku.multiply.com/recipes/item/230/Martabak_Manis_Terang_Bulan

    makasih ya Ning

    ReplyDelete
  74. mbak, salam kenaaal .. saya baru di blognya mbak kayaknya ya :) kalo apinya kecil , sampai matang itu kira2 sendiri ya ? sampai pori2nya keluar ya ?

    ReplyDelete
  75. Terima kasih yah,saya contek resepnya lain kali saya coba..

    ReplyDelete
  76. haaaaaiiiiiiii...ada yang tau engga ??? kenapa pas manggang martabak manis, pinggirannya hangus duluan, yach ? bagian tengah nya lama banget matang,nya ... Jadi, pas aku angkat, jadi hangus semua deh...itu karena kelamaan nunggu-in, matang bagian tengah nya, padahal udah pake loyang martabak yang khusus punya ... hikkk..hikkkk..

    ReplyDelete
  77. thengs banget, ning, atas infonya...next time, akan aku coba lagi, deh.
    doa-in semoga berhasil, yaaaaa... :). heekkk...heekkk.

    ReplyDelete
  78. ningnong, kamu menemukan wajan martabak manis ini dimana sih ?
    beneran ini berat banget ya ning... hehehe
    trus membersihkannya juga heboh banget, itu beneran ? :)

    jadinya maksibar kapan nih ?
    kayaknya hrs direncanakan jauh hari sebelumnya hahaha

    ReplyDelete
  79. saya maumencoba makanan anda, kelihatannya semua enak sampai keluar air liyor melihat terangbulannya saya kepingin makan

    ReplyDelete
  80. saya mencobe resep mbak tapi koq ngak ada bolong2nya..padahal uda di diemin 1 jam baru di taruh soda kue and di masak,....kenapa ya?

    ReplyDelete
  81. mbak Ningnong.. salam kenal.. Aq dah cb resep terang bulannya (lumayan bwt praktek ama murid2).. Ada cara yg lebih cepat tanpa hrs didiemin 1 jam. Pada saat campurin bahan2 (minus soda kue), tambahin ragi ato fernipan..trus diaduk n didiemin 15 menit, br campurin soda kue.. Rasany enak jg, kk. Trus kl g punya wajan terang bulan, bs pake teflon, tp panas sedang..

    ReplyDelete
  82. penasaran banget pengen nyobain resepnya...skalian nyoba teplon baru...doain berhasil ya mba....hehehehe...

    ReplyDelete
  83. sama-sama.. ini lagi cari resep masakan jepang.. sulit banget, ya.. apalagi bahan2nya.. apa mbak ningnong punya resepnya? yg bahannya gampang dicari gt hehehe

    ReplyDelete
  84. mba, ak coba kok gk mekar ya,,,

    ReplyDelete
  85. Mbak Ning, aku coba pake teflon, awalnya hasilnya bagus, tapi bikin kedua dan ketiga kok jadi bantat ya? apa ngaduknya gak boleh pake mixer speed rendah? terus aku pake baking powder, apa mesti diganti ke soda kue ya? makasih mbak

    ReplyDelete
  86. kayaknya patut dan harus dicoba nih.!....nggak ribet and nggak banyak campurannya....thanks Mbak....

    ReplyDelete
  87. mba, kulit terang bulan kok keras ya? gak lembut gitu. napa tuh? btw gue masak pake happy call dgn api kecil. dan tengahnya kok lama matang nya ya, pas makan berasa terigu nya.

    ReplyDelete
  88. pengen bikin terang bulan, nemu resep ini. ku bookmark dulu, Insya Allah besok bikin.
    makasih Ning.

    ReplyDelete
  89. thank.....aku udah nyoba resep ini...hasilnya lumayan...pernah nyoba dr resep yg lainnya tp hasilnya tk bs maksimal...ini resep mudah dan tk ribet n hasilnya lumayan trims

    ReplyDelete
  90. terima kasih resepnya.., saya lg bener2 mkn martabak manis.., sdh lama saya tdk mkn itu krn saya tinggal di usa...,saya mau coba bikin..

    ReplyDelete
  91. thx resepnya...lg pgn bljr bikin kue2an spy ga bnyk jajan dluar =) insyaallah segera dicoba. mg2 sukses ky yg pny mba..maklum sy jarang masak..

    ReplyDelete
  92. aq udh beberapa kali bikin kok ga jadi ya??selalu ga bs lubang2 trus bantat...kurang apa ya??

    ReplyDelete
  93. tq ats resepx.minimalis jd bhn2 gk tll brt d bw k t4 tgs q di pedalaman.dr pic x kykx enak bangt.mudah2an anak2 d sekitar rmh dinas q akn suka martabak buatanq

    ReplyDelete
  94. Mbak Ning, aku udah coba sesuai petunjuk dari mbak tapi aku gagal terus. Awalnya aku pake teflon, hasilnya gagal total (3x), sampai akhirnya aku beli loyang martabak Rp100rb 4x, dan ternyata gagal juga. Apinya udah aku coba kecil, terus berikutnya sedang, terus berikutnya api besar. Hasilnya masih tetap sama. Udah aku coba diamin selama 1, 2, 3, 4, dan 24 jam. Hasilnya sama juga.
    Sekarang aku baru kena PHK dan mau coba wirausaha dengan sedikit uang yang tersisa. Aku khawatir, uang yang tersisa itu, malah habis cuaman buat eksperimen martabak aja dengan hasil yang tak kunjung jelas... hik..hik..hik.. :(

    ReplyDelete
  95. @ Rubi: mohon maaf kalau anda gagal total. Saya betul2 gak tau mau bantu gimana, krn saya jg gak tau gagalnya krn apa. Banyak teman yang sukses pakai resep ini. Mudah2 cepat dpt kerja lagi yah, atau banting setir wirausaha. Terus kenapa beli loyang martabak sampi 4x? Satu aja gak bakal abis :))

    ReplyDelete
  96. hmmm iya.tryt stlh q cb bikin,martabakx bantat.trus q coba bhn oma d sebelah rmh, agak berhsl.mgk tggl cri pnglmn z.mencoba dan trs mncoba.bhnx:tepung terigu,gula,soda,ragi,mentega sdkt.

    ReplyDelete
  97. @ zubaidah: sya gak pakai ragi krn ragi bikin adonan asam.

    ReplyDelete
  98. Makasih inponya mbak ningnong......mau saya coba dech..

    ReplyDelete
  99. Duuuucch senengnya bs b'gabung sama mbak nining.......inponya brrt sekaleee bt aqiu.mksh byk

    ReplyDelete
  100. Ikutan Sharing Soal Teknik Pembuatan Martabak Manis/Terang Bulang.

    Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, Anda harus memahami beberapa hal penting:
    1. Memilih loyang & mengukur panas loyang.
    2. Cara mengocok adonan harus benar dan wajib didiamkan terlebih dahulu.
    3. Komposisi gula sekitar 30% dari berat tepung.
    4. Takaran soda kue harus tepat dan teknik pencampurannya harus diperhatikan.

    Itulah beberapa hal paling menentukan keberhasilan dalam pembuatan martabak. Inilah yang sangat penting untuk dipelajari. Terutama untuk pembuatan martabak manis tanpa ragi roti seperti resep yang digunakan para penjual martabak.

    Tanpa penguasaan 4 hal tersebut, martabak akan bantet, bagian tengah martabak susuah matang, kulit bagian luar gosong, tebal, bolong-bolong, berwana pucat, melendung/mumbul dan lain sebagainya.

    Untuk yang serius ingin belajar membuat martabak, wajib untuk memiliki loyang khusus martabak karena akan sangat mempengaruhi hasil yang berkaitan dengan kesempurnaan pori-pori martabak, tekstur dan struktur kulit bagian luar.

    Untuk yang ingin menggunakan loyang, saya menjual loyang ukuran standar yang umum digunakan para penjual martabak.

    Harga: Rp 180.000,- termasuk ongkos kirim untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dan berikut TRAINING SINGKAT (teoritis) mengenai teknik pembuatan martabak manis.

    Segera Hubungi: 021-85532618 (Ruby)

    Foto: http://cdn-u.kaskus.us/40/3bzomyl7.jpg

    ReplyDelete
  101. Ikutan Sharing Soal Teknik Pembuatan Martabak Manis/Terang Bulang.

    Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, Anda harus memahami beberapa hal penting:
    1. Memilih loyang & mengukur panas loyang.
    2. Cara mengocok adonan harus benar dan wajib didiamkan terlebih dahulu.
    3. Komposisi gula sekitar 30% dari berat tepung.
    4. Takaran soda kue harus tepat dan teknik pencampurannya harus diperhatikan.

    Itulah beberapa hal paling menentukan keberhasilan dalam pembuatan martabak. Inilah yang sangat penting untuk dipelajari. Terutama untuk pembuatan martabak manis tanpa ragi roti seperti resep yang digunakan para penjual martabak.

    Tanpa penguasaan 4 hal tersebut, martabak akan bantet, bagian tengah martabak susuah matang, kulit bagian luar gosong, tebal, bolong-bolong, berwana pucat, melendung/mumbul dan lain sebagainya.

    Untuk yang serius ingin belajar membuat martabak, wajib untuk memiliki loyang khusus martabak karena akan sangat mempengaruhi hasil yang berkaitan dengan kesempurnaan pori-pori martabak, tekstur dan struktur kulit bagian luar.

    Untuk yang ingin menggunakan loyang, saya menjual loyang ukuran standar yang umum digunakan para penjual martabak.

    Harga: Rp 180.000,- termasuk ongkos kirim untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dan berikut TRAINING SINGKAT (teoritis) mengenai teknik pembuatan martabak manis.

    Segera Hubungi: 021-85532618 (Ruby)

    Foto: http://cdn-u.kaskus.us/40/3bzomyl7.jpg

    ReplyDelete
  102. Apakah bisa, airnya diganti dengan santan.

    ReplyDelete
  103. Mba ning..ak lg sedang bikin martabak ini..pake yg loyang martabak mini.tp knp ya kok tampilannya ga berpori2 gt? Hix..sedih bgt..malah jd ky pancake? Help..pdhl anakku sdh menunggu penuh harap..

    ReplyDelete
  104. Akhirnnya ga dilanjutkan lg..adonannya tak simpen aja bwt jd crepes..hehe..qra2 salahnya di sebelah mn y mba?pnasaran bgt..anakku suka martabak..tp gra2 liat liputan ada martabak yg pake borax,jd mikir2 mo bli..
    Aku udah ikutin tuh mba urutannya..
    -loyangnya panasnya rata
    -api kecil (saking kecilnya,matengnya luamaaa.kata suamiku klo tk martabak masaknya lama gini bs dtinggal pembeli.hihi..)
    -soda kue masuk trakhir pas mau dmasak
    -adonan didiamkan 3jam
    Oia,klo adonannya diaduk pake mixer ga ngaruh kan mba? Waktu ngaduk,aku masukin air sm terigu selang seling dikit2.kmrn s4 liat youtube yg bikin martabak.sama jg ky resep ini ga pake ragi.apa soda kuenya kurang kcampur y? Ada tips yg klewat ga mba?
    Bsk2 mau nyoba ini lg soalnya..pantang mundur..hehe

    ReplyDelete
  105. sepertinya aku tau dmana salahku mba..td liat2 di blognya sumber resep ini..kayanya krn aku ngaduknya klamaan deh. trus soda kue nya ga rata.. baiklah..akan ku coba lagi..>.

    ReplyDelete
  106. Mba makasih resepnya, saya cobain dan berhasil yeayy

    ReplyDelete
  107. Asalamu'alaikum...
    salam kenal ya mba/mas...
    maaf mba/mas ikut promo yach . . . :)

    Di butik kami mngadakan ke-Agenan DROPSIT (NOL MODAL)lhooo...

    kami dari nahla fashion ingin menawarkan kerja sama untuk produk
    1.mazaya
    2.zenitha
    3.Qirani
    5.sik clothing
    6.Three-d celana+rok

    jika mba/mas berminat hubungi kami ya (Nahla care-Melia : 0856 228 7671)??
    atau chat ke YM kami (nahlafashion@yahoo.com)....

    Ditunggu kerja sama nya.
    maaf mengganggu dan trima kasih (^_^)

    FB : riung_c13@yahoo.com
    FB fun page : http://www.facebook.com/kaosmazaya

    ReplyDelete
  108. Hai mba..its me again..i did it .. I did it..*gaya dora* akhirnyaa...oia,ak pake teflon aja mba..apinya keciiillll bgt..tq yaaa

    ReplyDelete
  109. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    ReplyDelete
  110. mbak ....air 750cc apa ndak ke enceren ya...

    ReplyDelete
  111. 1 sendok teh soda kue itu berapa gram ya kira kira? Saya bikin kalau tll sedikit tidak mengembang, kalau bisa mengembang selalu terasa pahit. Makasih..

    ReplyDelete
  112. SAYA MENYEDIAKAN BERBAGAI UKURAN VARIATIF LOYANG MARTABAK MANIS,
    Harga sesuai ukuran diameter:

    ukuran 12 cm = Rp.32.000
    ukuran 14 cm = Rp.34.000
    ukuran 16 cm = Rp.36.000
    ukuran 18 cm = Rp 38.000
    ukuran 20 cm = Rp 45.000
    ukuran 22 cm = Rp 46.000
    ukuran 24 cm = Rp 55.000
    ukuran 26 cm = Rp 95.000
    ukuran 28 cm = Rp 140.000

    Bahan : Baja / Cast Iron

    Tanpa TUTUP (Hanya cetakan saja)
    Harga belum termasuk ongkir, wilayah jogja solo boyolali bebas ongkir (minimal order 20 pcs). hub. 081212679183

    ReplyDelete