Sunday, April 15, 2007

SAMBEL GORENG CIREBON


Description:
Penasaran... gara2 Stella <>http://cikciks.multiply.com> cerita soal sambel goreng cirebon yang kata dia, resepnya rahasia... :)

Aku pernah makan di rumah teman Ibu yang orang Kuningan (deket ama Cirebon) dan sambel goreng ini emang enaks bangetttt....

Aku penasaran pengen makan sambel goreng ini lagi... akhirnya aku minta ibu merayu kawannya untuk membagi resepnya...

Dapet lho...!! tapi ukurannya kira-kira... jadi mungkin rasanya gak sama persis ama punya stella...

Rasanya? jangan ditanya... uenak tenannn!
Jangan tertipu ama penampakannya yang merah meriah yaaa..gak pedes sama sekali..

enak digado...
enak dimakan pake nasi anget...
enak dimakan pake nasi anget + sayur bening bayem...
enak dimakan pake nasi anget + sayur bening bayem + krupuk kampung

source resep: temannya Ibu *permisi ya tante*


Ingredients:
1/2 kg daging sapi bagian has, potong dadu, goreng asal empuk, tiriskan
(kalao pake daging jenis lain, rebus dulu, potong, baru goreng)
1/2 kg cabe merah besar, iris tipis, cuci, keringkan, goreng sampai layu, tiriskan.
6 bawang merah, iris tipis
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
1 batang sereh, geprek
100 ml santan
gula dan garam secukupnya
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
10 batang cabe merah besar
8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
3 butir kemiri
1/2 cm jahe
1/2 cm kunyit

Directions:
- tumis bawang merah iris sampai harum
- masukkan bumbu ulek, dan bumbu daun, masak sampai bumbu matang
- masukkan daging dan cabai iris, aduk rata
- masukkan santan, masak sampai santan mengering
- angkat, hidangkan...

30 comments:

  1. thanks for sharing sambel rahasia Ning! :)

    ReplyDelete
  2. aaahhhh aku juga penasaran sama ini sambal goreng .....asiiikkk ....mau dicoba ..TFS yang neng ...

    ReplyDelete
  3. enak........sambel goreng ini favorit keluarga lho..... :-)
    tapi resepnya beda......
    yg aku punya ga pake santan, daun jeruk & perbandingan cabe lebih banyak daripada daging.

    ReplyDelete
  4. Betul Ning, sambel goreng ini enak tenan dan sedep. Cuma ngerajang cabenya itu kalo gak tahan ya tangannya panas. Sebaiknya sebelum ngerajang cabenya tangan dilumuri minyak sayur dulu. Terus daging bisa diganti rempela, udang dan ditambah pete. Aih..sedap nian dah.

    ReplyDelete
  5. horeeeeeeee doyannn kalo ini soalnya gak pake ampela :D

    ReplyDelete
  6. biasanya pake hati sapi kan lucunya kalau cabe mahal saking banyaknya pake cabe iris bisa sebanding dengan harga atinya mana ati sapi kan di hero murah sekarang...hehehehe
    aku demen banget emang ama sambel goreng ini....
    Ning frozen buat aku dong.... hahahahaha
    Kalau daging mah kayaknya aku malah belum pernah coba taunya ati ajah...

    ReplyDelete
  7. Asyiiiikkkkk ..... aku contek kapan2 boleh ya? :) TFS ...*ngeces*

    ReplyDelete
  8. wuiiiiihhhh..nikmatnya tuh sambel. tapi akuga bisa maem sambel :((

    ReplyDelete
  9. Sumpah! gue liat fotonya jadi laper banget. Apalagi pake petunjuk kayak gini:

    enak digado...
    enak dimakan pake nasi anget...
    enak dimakan pake nasi anget + sayur bening bayem...
    enak dimakan pake nasi anget + sayur bening bayem + krupuk kampung

    ReplyDelete
  10. aduh udah lama nih pengen smabel beginian dari daging. makasih ya non, dah ada resepnya tinggal bikin aja hehehe

    ReplyDelete
  11. Kok beda ama bikinan tetanggaku Ning... doi gak pake santen, tapi pake kecap, jadi rasanya manis pedes. Huenakkk juga, kami bilang "nglawuhi..."

    ReplyDelete
  12. ngrajang cabe merahnya itu lho.....
    kalau di smarang bisa beli udah rajangan tinggal masak!
    thks Ning resepnya!

    ReplyDelete
  13. barusan aku tanya sama mertua yg orang cirebon.......dia bilang ada 2 macam sambal goreng cirebon, yg pake santan & tidak.....
    yg ini rupanya yg versi pakai santan. kalau aku sendiri juga ga pernah pakai santan, soalnya mertua waktu ngajarin ga pake santan........hehehe :-)

    ReplyDelete
  14. ngeliat cabenya udah merem melek deh hehehehe

    ReplyDelete
  15. Mbak Nining sayang... ini favoriteku.... duh jadi laper... andaikan dekat dengan Cileduk... twink*twink*** ...:p

    ReplyDelete
  16. liat potonya aja dah lapar, thanks for sharing..

    ReplyDelete
  17. Ning...itu cabe mejeng dengan cantiknya....jadi pengen bikin nih...
    tak coba ya resep-nya...
    thks...

    ReplyDelete
  18. Kapan-kapan ah nyoba. Thanks for sharing ya.

    ReplyDelete
  19. salam kenal dari orang Cirebon :). kalo bikinanku bumbu halusnya gak pake jahe n kunyit..

    www.cicakdidinding.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. permisi... kapan2 numpang nyontek yah Nong.... permisi lagiiii...

    ReplyDelete
  21. semuanyaah, mangga silakeun... dicoba resepnya... ini dishare dengan suka rela...
    pesen tante mah, siap2 aja... 1/2 kg dijamin kurang! huahahahaha

    ReplyDelete
  22. halo orang cirebon :))
    waaah, thanks nih udah dikasih petunjuk lagi...

    ReplyDelete
  23. makasih ya ibu ningnng resepnya.....kangen nih ma masakan cerbon..hehehe

    ReplyDelete
  24. aduh kyknya endang bgt nih, mksih ya resepnya

    ReplyDelete
  25. Waaaaaaa

    Ni my favooritekuuuuu......

    *Jd pengen pulang, pengen ngrasain sambel goreng masakan ibuuuu...:(*

    ReplyDelete
  26. makasih resepnya

    siip banget dech


    salam kenal

    ReplyDelete
  27. mbak resep nya saya udah coba in saya bikin versi vegetarian tapi, waduh enak sekali mbak :) Tfs ya... Nanti saya post di MP saya.

    ReplyDelete
  28. hallo.....makasih ya resepnya, mau aku contek boleh ya.

    ReplyDelete