Tuesday, June 24, 2008

NINGNONG's DOUBLE CHOCOLATE CAKE


Description:
ngetik resep ini, bikin saya sakit perut ketawa sendiri...
kenapa? karena beberapa hari yang lalu temen saya forward email ttg resep ayam goreng kremes yang dijual seharga 200 juta...

klo resep double chocolate ini saya jual, laku berapa ya?
huahahaha dasar matre...

tapi, saya cuma pengen bilang...semua orang bisa baking, semua orang bisa bikin kue yang enak. Kue yang enak dibuat dari bahan yang bagus dan berkualitas.

Resep ini saya share di sini untuk memenuhi janji saya buat beberapa orang teman saya. Gak, gak ada rahasia dalam kue buatan saya...
Coba deh buat sendiri... pasti bisa!

Double Chocolate Cake ini kebetulan jadi kue buatan saya yang paling dikenal orang... tapi saya jadi bosen keseringan bikin kue ini, sementara hati saya berontak, ingin baking yang lain2 lagi... keseringan bikin dobel coklat cake, bikin saya gak kreatif...
Daftar saya udah panjang nih... saya ingin bikin: pandan pistachio cake, lapis domino, very berry swirl cheesecake, red velvet cake, a very cheesy cake, pastel tutup isi ayam asap, risoles isi mangga udang, durian goreng, hmmmm..nyam nyam...

Foto kue yang ini, dibuat hari jumat minggu lalu..pesanan Fince, temen satu tim, penggemar berat kue-kue saya. Orderan VIP, sulit untuk ditolek... apalagi klo dekornya terserah gue...hihihih seneng deh!

Ingredients:
Bahan Cake:
8 butir telor
200 gram gula pasir
150 gram terigu
50 gram coklat bubuk
130 gram mentega, lelehkan
1 sdm coklat pasta black forest toffieco
1/2 sdm emulsifier (kalau mau gak pakai, kuning telornya tambah 2-3 buah)

Bahan ganache coklat:
300 ml whip cream
450 gram dark cooking chocolate

Bahan hiasan/topper sesuai selera


Directions:
Membuat Cake:
- panaskan oven 190 deg C
- olesi 3 buah loyang bulat diameter 24 cm atau 3 buah loyang kotak 22 cm
- kocok telor, gula, emulsifier sampai naik dan kental
- masukkan terigu + coklat bubuk yang sudah diayak, sedikit demi sedikit
- tuang mentega cair dan pasta coklat, aduk rata
- tuang dan bagi rata dalam 3 buah loyang, panggang 20-25 menit
- angkat, dinginkan

Membuat ganache coklat:
- masak krim kental dengan api kecil sampai mendidih, angkat
- masukkan coklat cincang, aduk2 sampai coklat meleleh
- masukkan ke dalam kulkas, minimal 3 jam
- kocok sebelum dipakai

Penyelesaian:
- ambil satu lapis kue, olesi ganache, lapisi lagi dengan kue, olesi lagi, tutup dengan kue ke tiga.
- tutup kue dengan sisa ganache, semakin tebal semakin enak
- hias sesuai selera

Ayo cepat!
pada bikin sana...

74 comments:

  1. oh, jadi ini toh yg katanya resep terbaru, Ning? kopi yaaa.... ntar aku bikin deh......

    ReplyDelete
  2. ribet ah bikinnya, lagi nggak mood. minta aja deh yah (celamitan

    ReplyDelete
  3. Ning, ini kuenya sama gak dg blackforest utk Patra?

    ReplyDelete
  4. udah bikin kemaren, hihihi...tapi gak nyicipin, soalnya buat orang. Eh, beda dikit kayaknya. gara2 Nining, ga takut lagi sama utak atik resep. buternya suka plus minus Ning, kadang iseng kasih dcc, pede2 ajah..thanks ya....

    ReplyDelete
  5. eh, ning waktu itu katanya jangan sampe mendidih? inget gak waktu aku tanya kenapa ganacheku pecah? jd sekarang kalo bikin sampe anget2 ajan, hehehe, daripada rugi kayak waktu itu

    ReplyDelete
  6. mendidih gak apa2, asal gak bergejolak.. hehehe
    api kecil yaaaa.... itu kuncinya

    ReplyDelete
  7. mau jadinya aja ah.... "males mode on punya "... hehehe
    thanks for sharing...

    ReplyDelete
  8. beda dikit tha... ayo bikin deh sana!

    ReplyDelete
  9. nunggu dikirimin mba nining aja ah...

    *duduk rapi menunggu kirimin mba nining*

    ReplyDelete
  10. elo ultah hari sabtu ya?
    wakakaka gue ngantor tu sabtu nanti

    ReplyDelete
  11. waduh mao tuh risoles mangga udang .. bikin donk

    ReplyDelete
  12. ada double chc cake, ada triple...
    ntar bakalan ada yang kwartet gak yah ? *kabuuurrrr*

    ReplyDelete
  13. nunggu kiriman daftar yang dah panjang itu aja deh.....xixixi

    ReplyDelete
  14. TFS resepnya mbak kapan2 aku cobain yah

    ReplyDelete
  15. Daftarnya bikin ngiler, kapan bikinnya Ning *nungguin kiriman nih* hehehehe .....

    ReplyDelete
  16. kutunggu kue-mu dengan penuh setia kekekekekekekekeke...selasa jangan lupa yaaaaaa

    ReplyDelete
  17. huuu daripada bikin mending pesen yah ?!
    Terima orderan bandung gaag

    ReplyDelete
  18. Tengkiu Ning.................. ntar kapan2 gw coba secara lagi bosen ama cake coklat!

    ReplyDelete
  19. kalo gue bilang gue mau coba bikin, pastilah itu bohong ! kalo gue bilang gue minta dibikinin, itu mah terlalu jujur ! jadi mending nunggu kesadaran lu aja gitu noing..buat keponakan nih disini :-P

    ReplyDelete
  20. emang enak DCnya Ning...aku kan nyuil dikit kapan hari...sttt, jangan bilang2 Irvan....hehehe
    gak kok, makan remahannya aja ;p

    ReplyDelete
  21. SLUUUURRRPPPPP.....SLUUURRRPPPPP....SLUUURRPPPPPP...NGILERRRRR

    ReplyDelete
  22. yang ini kayaknya bakalan dicontek lagi deh..Boleh kan Bu Guruu????:p

    ReplyDelete
  23. masih blom pede lagi bikin sponge cake ..hiks

    ReplyDelete
  24. glek...glek... glek... meneteskan air liur glek

    ReplyDelete
  25. niiiingg.... cokelat, hiksss......

    ReplyDelete
  26. bisa deh kapan2 dicobain deh....TFS

    ReplyDelete
  27. gw mah cuma penasaran sama yang pandan pistachio cake, lapis domino, very berry swirl cheesecake, red velvet cake, a very cheesy cake, pastel tutup isi ayam asap, risoles isi mangga udang, durian goreng. udah, itu aja. sepotong kecil juga cukup untuk pemuas ingin tau. hihihihi!

    ReplyDelete
  28. Mbak Ning, minta resepnya ya.. menggoda sekali foto cakenya. Kebetulan misua mau ultah bulan depan. btw yang dimaksud dengan 1 sdm coklat pasta black forest toffieco itu apa ya.. (bisa pake coklat bubuk biasa?). Lalu itu ke-3 loyangnya mesti dipanggang bersamaan atau bisa satu-satu?

    ReplyDelete
  29. mba,thanks ya resepnya langsung praktek nihhhh...

    ReplyDelete
  30. pasti gue bikiiiiiiiiiiiiiiiin... *clingak clinguk..nyari korban qiqiqiqi

    ReplyDelete
  31. Kapan2 aku juga pingin buat nich..

    ReplyDelete
  32. Ini to resep yg kondang itu. Mau coba bikin ah tapi gak tau kapan...... TFS ya Ning, dirimu baik deh......(sambil kedip2)

    ReplyDelete
  33. kapan ya bisa pesen sama mbak Nining, pengen rasain kue2nya yg ok punya

    ReplyDelete
  34. dinamain double coklat cake karena cakenya coklat plus atasnya masih di cover coklat, gitu ya mbak?

    ReplyDelete
  35. Aduh...itu cake....menggoda banget untuk dicolek.....hiks...hiks...hiks...sayang kalori tinggi....

    ReplyDelete
  36. ikutan barisan Bintaro menungguuu..... :)

    ReplyDelete
  37. Sen, klo gak ada pasta black forest, gak apa2..gak usah ditambah apa2 lagi..
    50 gr coklat bubuk sudah cukup..

    kalao ovennya besar, dipanggang sekaligus 3 loyang. Tapi waktunya ditambah ya..

    ReplyDelete
  38. udah terbukti enaknya..
    makasih buat resepnya.

    ReplyDelete
  39. enak....pengen coba ah...makasih ya mbak ning

    ReplyDelete
  40. tfs.. wahh bintaro udah banyak menunggu.. kalo aku di senen mba.. he he setia menunggu jugaaa

    ReplyDelete
  41. ma kasih... cobain, ah! tapi, kapan yaaa? hehehe,,, pemalasan!

    ReplyDelete
  42. Ning....aku jg penggemar kue coklat....bisa pesen satuuu yg eeeuunnaakkk
    hehehehehe.

    ReplyDelete
  43. salam kenal mba ning..cakenya enak banget.tfs resepnya ya.mo nanya mba itu 3 loyang dipanggang satu2 bisa?cakenya gpp diluar nunggu cakenya masak?soalnya ovennya kecil takut bantet kalo dibiarin diluar gt.makasi ya mba

    ReplyDelete
  44. praktek ahhhhh.. makasih udah mau sharing resepnya mba....

    ReplyDelete
  45. mba mo nanya lagi boleh ya...kalo cakenya di panggang dalam satu loyang bisa gak ya?ntar baru dibelah 3.soalnya ada yg pesen cake coklat pengen cobain resep mba kok kayaknya enak.trus kalo dihias pake butter cream enak gak ya mba?makasi banyak ya mba sebelonnya maaf banyak nanya

    ReplyDelete
  46. wah kelihatannya enak nih.., baru dapet pasta black forest dari indo nih..thx

    ReplyDelete
  47. kok dapatnya bukan DC ya ? tapi TC alias triple cocholate :))

    rasanya ndak usah diceritain lagi ya.......

    ReplyDelete
  48. mba..numpang lirik resepnya...thx for share resepnya dsini..jadi pgn nyoba...

    ReplyDelete
  49. salam kenal mba.. saya lagi belajar2 buat kue cake mba... mau coba ikutan pake resep ini yaa.. makasih mba..
    oiya, mo tanya mba.. kl dibagi tiga begitu trus diovennya satu2 gapapa mba? apa ngga kelamaan nunggunya ya u loyang dua dan tiganya? atau kalau saya mau buat satu2 aja bisa ngga, das semua bahan itu saya bagi tiga?
    duhhh, maaf yaa bnyk bgt nanyanya.. cerewet.. ;)

    oiya... mo tengok2 resep2nya yaaa... nanti kl dah praktek jg minta izin ngelink yaaa... makasih mba Ning

    ReplyDelete
  50. mbak...boleh saya coba ya resepnya..penasaran, bisa gak ya saya bikin kue coklat yang enak.kalo sukses nanti saya lapor...TFS...

    ReplyDelete
  51. mba ning...salam kenal ya?..sekalian ijin nyontek resepnya ya?...makasih sebelumnya...( sok yakin dikasih ijin )....daku pecinta coklat sih...!!

    ReplyDelete
  52. haluuu mba..salam kenal..btw boleh nyontek resepnya ga? thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  53. Wah kliatannya enak tuh Neng. Gara2 blog sampeyan ini aku jd pengen beli oven lhooh...Soalnya aku paling seneng ama coklaaat....!!! Please visit my blog at - www.sherlock.co.nr - see you there!

    ReplyDelete
  54. salam kenal mba....mau nanya itu pasta blackforest beli dimana yah??hehe klo sama sacher torte enakan mana....aku doyan banget bikin kue tapi masi lom berani coba buat ganache,,,takut gagal :(

    ReplyDelete
  55. mba' aku numpang copy resep nya yah...thanks..sebelumnyah...

    ReplyDelete
  56. seneng banget deeh sama kue ini .. kebetulan aku seneng coba2 bikin kue sendiri tapi paling males makannya paling banter icip2 doang :) biasanya yang seneng temen kantor heheh .. mbak, aku contek resepnya ya ...

    ReplyDelete
  57. Mba pasta coklatnya ada di carefour ga? aku kalo ke TBK udah tutup terus pulang kerja.

    ReplyDelete
  58. DoubLe CoklAt cakE.... heeeemmmmmmm,,, Yummy.... jd pngen bwt...

    ReplyDelete
  59. mbak ijin copas resepnya ke blogku ya... udah diuji coba dan benar2 mantap rasanya. makasih ya mbak..

    ReplyDelete
  60. mbak,sy sdh coba buat tp kenapa kuenya setelah dibaking agak keras jadinya,sy pake loyang 22x22 tp dgn resep diatas kalo dibagi 3 loyang jdnya agak tipis.Mohon sarannya mbak.....Tks LiLi

    ReplyDelete
  61. kalau kuenya jadi keras setelah dipanggang, kemungkinan karena:
    - ngocok gula dan telor tidak sampai mengembang
    - suhu oven terlalu rendah
    - waktu panggang terlalu lama

    sewaktu adonan mentah dibagi jadi 3 loyang, memang terlihat tipis. Tapi setelah dipanggang kan mengembang...

    ReplyDelete