Monday, June 23, 2008

LAPIS LEGIT KEJU


Description:
Senangnya saya.. mood baking saya sudah kembali... dan kali ini saya baking untuk menyenangkan diri sendiri..

Sewaktu masih tinggal di Duri, saya sering buat kue ini. Tapi sejak 2 tahun terakhir pindah ke Jakarta, ini adalah pertama kalinya saya buat lagi. Saya lupa resepnya, sedangkan buku sakti sedang dipinjam Sisil. Akhirnya sms Sisil, minta tolong dicatatkan resepnya...

hihihih siapa sangka, setengah jam kemudian Sisil akhirnya datang ke rumah.
Resepnya saya ambil dari buku Yasaboga. Saya sertakan juga tip-tip yang mungkin bermanfaat...Tips ini saya dapatkan dari sana sini dan dari pengalaman juga...

Ingredients:
500 gr butter (saya pakai 250 butter + 250 margarine)
30 kuning telor
2 putih telor
125 gr terigu (saya pakai 100 terigu + 25 maizena)
400 gr gula pasir (saya pakai 350 gr, masih kemanisan menurut saya)
½ vanili bubuk (saya pakai vanilla essence)

150 gr keju cheddar, parut
50 gr keju edam, parut (saya pakai parmesan)

Directions:
Siapkan loyang ukuran 22*22*8 cm, olesi dengan margarine, dan alasi kertas roti.
Panaskan oven 180 deg C.
Kocok butter sampai putih/pucat dan mengembang, sisihkan.
Kocok kuning telor, putih telor dan gula sampai mengembang.
Tuang mentega kocok sambil diaduk perlahan-lahan.
Masukkan terigu sambil diayak, aduk rata.
Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam loyang, panggang dengan api bawah selama kurang lebih 10 menit.
Keluarkan loyang, tekan kue pelan-pelan dengan punggung sendok supaya rata.
Tuang lagi 1 sendok sayur adonan ke atas adonan 1, taburi keju. Panggang lagi dengan api bawah selama 10 menit.
Matikan api bawah, nyalakan api atas.
Keluarkan loyang, tuang lagi adonan, taburi keju, panggang dengan api atas selama 5 menit atau sampai permukaan kue berwarna coklat.
Lakukan proses ini sampai adonan habis.
Pada lapisan terakhir, matikan api atas, dan panggang kue dengan api bawah selama 15 menit.
Angkat, dinginkan. Potong-potong kue setelah dingin.

Tips:
- untuk mendapatkan kocokan mentega yang bagus dan tidak meleleh sebelum waktunya, potong-potong butter, masukkan dalam kulkas, baru dikocok dengan kecepatan paling rendah selama 15 menit.
- Saya menuang sekaligus 2 sendok sayur karena saya tidak cukup sabar dan karena menurut saya lapisan yang terbentuk lebih terlihat.
- Panggang kue dengan api atas sampai coklat rata tapi tidak gosong, supaya terlihat lapis-lapisnya.
- Jangan menekan kue terlalu kuat supaya teksturnya tetap bagus. Saya cuma menekan kue kalau ada gelembung.
- Untuk mendapat rasa yang lebih gurih, olesi permukaan kue setiap 3 lapis dengan butter.

50 comments:

  1. belum berani bikin lapis legit...masih takut..
    mau donk main ke rumah nining..belajar bikin & hias kue...hehehe

    ReplyDelete
  2. tobat.....
    buatnya susah makannya gak boleh banyak2 :(
    kalo lagi pengen beli ajah 1 slice....

    ReplyDelete
  3. setuujuuu .................buat dijual ajah mendingan ...

    ReplyDelete
  4. duh, jadi kangen jg nih bikin lapis legit...
    udah lama nggak bikin soalnya

    ReplyDelete
  5. Aku dateng, tapi nggak sampe selesai... huhuu.... mana kuwehnyaa...

    ReplyDelete
  6. waks kelenger lihat telurnya dan butternya...
    tapi emang seh lapis legit mah boros bahan...abis itu makannya boros kalori...
    hahahaa..nikmeh membawa derita kalau buat diriku....
    udah lama gak brani bikin abisnya kudu cari korban dulu...

    rajin amat seh Ning....

    ReplyDelete
  7. iihhh pake kejuuuu...... manis dan asin jd satu, pasti enak deeeee

    ReplyDelete
  8. ampuun ... bikinnya ngabisin waktu banget
    emang hanya orang2 sabar aja yg sanggup bikin kueh ini ..

    ReplyDelete
  9. saya pun rela jadi korbanmu ning. itu kue dipirit-pirit saking enaknya. dikit seeeh...hahahahahaha....

    ReplyDelete
  10. wuah.. rajin :D
    boleh sepotong ya Ning :D

    ReplyDelete
  11. mau ddooonggg....meseeeeeeeennnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  12. hihihi, kalo aku, bikin adonan doank, yang manggang selapis selapis, assistent.... males bo nunggunya...... hehehehe....

    ReplyDelete
  13. Dikau membuat daku ngiler, pengen tapi gak berani makan.

    ReplyDelete
  14. Ning, gw enggak bisa bikin kue ini enggak punya api atas...:-(:-(

    ReplyDelete
  15. Wow...uenak...tapi kalori tinggi kolesterol tinggi...

    ReplyDelete
  16. duh ning seumur2 belom pernah bikin lapis legit .. apalagi skrg disini telor amit2 mahal2nya, takuuut deeh ama lapis legit hehe

    ReplyDelete
  17. 30telor?? wuahhhhh belum b erani deh bikin kue begini mbak :=)

    ReplyDelete
  18. 30 kuning telur?? glekkk.....
    meghlegh ga nih kue mbak?

    ReplyDelete
  19. mau dunk lapis legitnya mbak nining klo baking ndiri malessss ahhh :D

    ReplyDelete
  20. Mupeeeng pengen bikin...
    Tapi alamak telornya....nyari dl ah yang mo diajak barengan. ha3

    ReplyDelete
  21. aku belum berani nyobain bikin lagi Mbak..setelah gagal dulu..sekarang udah summer, kalau di depan oven jadi keringetan gila2an deh....
    tapi kalau dikasih yang ini gak nolak dong pastinya...

    ReplyDelete
  22. pengennnn mau nyoba ngeri gagal :D mahal boo telur hehehhe

    ReplyDelete
  23. Aku blom pernah nyoba bikin lapis legit nih.. masih belum PD hehehe

    ReplyDelete
  24. Ning, laporan ... daku dah praktek nih :D

    ReplyDelete
  25. gw cuma dapet sekitar 1 cmx7cm=7cm2. sisanya (yang dimakan bersama sebungkus cheese stick gouda) masuk ke perut ibuku yang mengaku sedang diet kolestrol tingkat tinggi. cck..cck..ck..

    ReplyDelete
  26. perjuangan banget deh kalo aku bikin kue ini...mana yg suka cuma daku seorang. pengen juga sih tapi mendingan nunggu mudik ajah ah...minta dibikinin nining!!

    ReplyDelete
  27. whuaaaaaaaaaah.. ini resep nunggu winter..hik... ga ku ku sama harga telor skarang .. dan puuanaas booo **qiqiiqiq..padahal minggu depan juga pasti gue bikin.. kan latah heheheh...

    ReplyDelete
  28. wah, gak sabar pengen coba resepnya. Keliatannya yummy banget Ning

    ReplyDelete
  29. Yang ini juga enak, aduh....pengen bikin juga, PRku jadi nambah nih. Apa telaten ya aku???

    ReplyDelete
  30. pasti enak ya, tapi kalo bikin 1 loyang bisa kelenger ngabisinya nanti
    gmn kalo comot punya mbak nining aja :D

    ReplyDelete
  31. duuuhhhh ... ribet banget deh .. dikau mah rajin dan sabar banget deh.. kalo kepengen n malay kayak aku sih mending telp langsung ke ciledug aja ya, Ning .. xixixixi.. *hikkss..masih nyesel gak ngobrol kemaren itu lhoo..*

    ReplyDelete
  32. haduh, semua yg berbau kiju selalu bikin ngiler... tapi wis lah, aku wis bertekad kuat..... DIEETTTTTTTTTTTTTTTTTTT

    ReplyDelete
  33. Tante..kalo mami nggak berubah diet nya...mau banget banget heee

    ReplyDelete
  34. Ning, kalo yang ini boleh trima pesenan gak??? Pleaseee...

    ReplyDelete
  35. yaaah, umi.. baru baca nih... nanti deh dikirimin kapan2 yaaa :-)

    ReplyDelete
  36. Mbak Nining, ini lapis legitnya gak pake bumbu spekuk ya..., kebetulan aku lagi pengen buat lapis legit neehh..., tolong infonya yah..

    ReplyDelete
  37. Lapis legit ini pake keju, jd gak pake bumbu spekuk.. Tapi selera aja lah, boleh pakai kalau mau

    ReplyDelete