Monday, April 11, 2011

2011R #14: PORTUGUESE EGG TART

Description:
Dikasih mentega pastry oleh Jeng Irma yang baik hati. Hari minggu lagi rajin, saya bikin puff pastry buat persediaan... terigunya 500 gram saja, tapi cukup bikin tangan pegel-pegel sesudahnya...

Puff pastry ini saya pakai untuk bikin egg tart ala Portugis. Dulu di sini ada yang jual... merknya Lisboa. Eh gak tau, apa sekarang masih ada atau tidak...

Tahun 2009 saya ke Macau, dan sebagai bekas jajahan portugis, tentu saja di sana banyak sekali saya jumpai penjual egg tart... Harumnya? kagak tahannn.. enak bangett!

Dan sekarang saya bikin deh! Jadinya lebih enak dari yang saya makan di Macau, puff pastrynya lebih renyah dan berlapis, custardnya lebih lembut, gurih dan harum...

Source: http://www.syrupandtang.com/200811/pasteis-de-nata-portuguese-custard-tarts/

Portuguese Egg Tart


Ingredients:
Kulit: puff pastry siap pakai

Isi:
22 gram terigu
300 ml susu
3 kuning telor
1 telor utuh
160 gram gula pasir --> saya pakai 150 gram

1 batang vanila pod, dibelah dan keluarkan isinya
sedikit garam

Directions:
-Potong kulit puff pastry dengan ring cutter, letakkan sedemikian rupa di loyang pie atau bisa jg pakai loyang muffin sambil diratakan. Sisihkan... loyang tidak perlu dioles mentega

Membuat custard:
Campur gula & tepung, aduk rata, sisihkan
Kocok lepas telur.
Rebus susu & vanilla bean sampai mendidih, kemudian saring. Tuang setengah bagian ke campuran gula & tepung, aduk sampai gula larut, kemudian masukkan kembali ke panci sisa susu.
Kemudian tuang beberapa sendok adonan susu ke telur, aduk rata, tuang semuanya ke adonan susu tadi, bubuhkan garam, aduk rata & sisihkan.

- Panaskan oven di suhu paling tinggi (ovenku max. 230C), tuang custard ke kulit puff pastry sampai hampir penuh, panggang 10-15 menit ... sampai pinggiran kulit kecoklatan & muncul brown spot di permukaan custardnya. Keluarkan dari oven, biarkan hangat baru dilepas dari cetakan.

26 comments:

  1. vanila pod apaan ya mbak? *katrok*

    ReplyDelete
  2. lah..iya... dah lama ndak makan lisboa.. kemana ya tuh otlet.
    yang ini aku mau contek Ning. thks..

    ReplyDelete
  3. mba ning, kayanya dirimu kalo bikin cemilan2 gini keren2, buka lapak aja napaa.... ato toko kue gitu...

    ReplyDelete
  4. ningnong, bikin tutorial video lah cara bikin puff pastry ala ningnong :-)
    pasti kerennnn ituhhh...
    trus masukin ke youtube hehehe

    ReplyDelete
  5. batang vanila :) nanti aku potoin yah.. masih ada beberapa di rumah...
    jadi, batang dan isinya dipakai.. wangiiiiii...seneng bgt sama wanginya!

    ReplyDelete
  6. iya bikin mbak.. nanti tgl 30 di bawa yah.. heheehhe

    ReplyDelete
  7. lapak atunya belum bisa ditinggal, hasilnya lebih menjanjikan hahaha
    lapak yg jual cemilan pan udah banyak.... jadi aku bikin cemilan buat dimakan sendiri aja hahahaha eh masih terima pesanan juga kadang2

    ReplyDelete
  8. halah.. iki bikinnya sambil merem jugak bisa... ihihihi

    ReplyDelete
  9. nanti kamu jadi tukang sorotnya ya.... heheehhe

    ReplyDelete
  10. belinya dimana mba vanila batangnya?kalo misal ga ada,diganti apa dooong? *pengen nyobain*

    ReplyDelete
  11. di toko bahan kue atau di supermarket gede...harganya lumayan, harga bisa lebih dari sepuluh ribu rupiah/batang...
    aku sih beli di Bali, murah meriah tapi tiket pesawatnya mahal... hehehe

    klo gak ada, diganti vanilla extract (cair, kental, warnanya coklat) tapi ini jg mahal...
    klo mau pakai vanila powder/kristal, bisa juga... tapi 1 batang vanila itu wanginya setara dengan pemakaian vanila powder yg cukup banyak..

    ReplyDelete
  12. pengen coba aaah.. (gara-gara liat resepnya pake kulit puff pastry siap pakai hihihi)

    ReplyDelete
  13. ningnong, fotoin dong vanilla pod itu kayak gimana ya ?
    hehehe

    ReplyDelete
  14. gak mau fotoin buat irma.. biar irma liat sendiri ke rumah hehehe

    ReplyDelete
  15. mbak........mentega pastry itu sama gak dgn korsvet........???hehehehe..........

    ReplyDelete
  16. samaaa... hahaha
    pilih yang bagus y :)

    ReplyDelete
  17. asyikkkk tgl 30 bakal ada ya? atau bakal bikin rame2? xixixixi

    ReplyDelete
  18. nah, silakan pilih.. mau yg mana...?
    hehehehe

    ReplyDelete
  19. ning, aku liat ada vanila pod di hero
    alamakkk beneran deh harganya mahal, moso 3 batang = 25 ribu-an hehehe
    cuman emang batangnya sedikit lebih ndut daripd yg gw liat du rumah nining...

    ReplyDelete
  20. terus elo tetep beli? hehehe padahal di rumah masih bnyk banget... beli di Pasar Ubud, Bali, sepuluh ribu sebungkus isi 10 :D

    ReplyDelete
  21. kagak belilah... 3 batang = 25 ribu
    nunggu kiriman dr lantai 18 gedung sebelah ajah ....hahahahaha

    ReplyDelete
  22. sukaaa banget sama lisboa. dulu tiap ke jakarta dan c4 mt haryono, pasti beli beberapa dus buat ke bandung. sekarang maunya dibikin ajah. *teuteuuuup pemalas*

    ReplyDelete
  23. mba boleh tau beli vanila pod yg mba beli di bali...belinya dimana? *aku mau titip temanku...makasih mbaaaa

    ReplyDelete
  24. masih blm paham vanilla pod itu kaya apa :(

    ReplyDelete