Sunday, April 10, 2011

2011R #12: QUICHE LORRAINE

Description:
Hola hola.. minggu kemarin, minggu produktif buat saya. Jadi siap-siap aja sama bom postingan yah.. wkwkwkw

Kali ini saya bikin Quiche Lorraine, pie gurih berisi susu atau krim, telor, daging, dan kadang sayuran. Pie crust (kulit pie) biasanya dipanggang duluan dengan cara blind bake - di atas kulit pie mentah diberi foil terus dikasih pemberat berupa beras atau kacang2an. Tujuannya supaya kulit pie tidak menggelembung ketika dipanggang. Setelah kulit pie kering, baru deh adonan isi di tuang, untuk dipanggang lagi sampai matang.

Source: Terampil Membuat Cake & Pastry, terbitan YASA BOGA
---> lihat review saya di sini: http://ningnong.multiply.com/reviews/item/6

Quiche Lorraine

Ingredients:
Kulit Pie:
250 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
125 gram mentega tawar dan beku
3 sdm air es

Isi:
200 gram beef bacon --> saya pakai sosis, bisa ganti smoked beef dll
1 buah bawang bombay, cincang kasar --> saya pakai bawang merah, lebih manis dan harum
1 sdm mentega
200 cc susu campur dengan 4 butir telor
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
1/4 sdt pala bubuk

saya tambah keju parut

Directions:
Membuat kulit:
- potong mentega beku, campurkan ke dalam tepung. Gunakan pisau pastry atau pakai 2 buah pisau, dan aduk atau potong-potong hingga adonan membentuk butiran.
- tuangkan air es sedikit-sedikit, aduk dengan ujung jari sampai adonan bercampur dan menyatu (kalis), bulatkan adonan dan istirahatkan dalam kulkas selama 15-30 menit.
- giling tipis adonan, gunakan ring cutter dengan ukuran lebih besar dari ukuran loyang pie
- pasang di loyang, bentuk dan rapikan kulitnya.
- ambil garpu, tusuk-tusuk bagian dasar kulit pie
- ambil alumunium foil, tutup kulit pie dengan foil, dan isi dengan kacang2an atau beras kering ---> saya skip tahap ini
- panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 180 deg C selama 10-15 menit
- sementara itu, siapkan bahan isi...
- tumis bawang dengan mentega sampai harum dan layu, angkat dari api.
- masukkan beef bacon yang telah dicincang/iris tipis
- tata bahan isi ke dalam kulit pie setengah matang
- tuang campuran susu dan telor + bumbu2 hingga mangkok pie hampir terisi penuh
- taburi keju parut, panggang lagi dalam oven selama 30 menit

32 comments:

  1. enyakkkkk.... ada ngga untuk dicicipin sekarang ???
    *pengen.com*
    ceglukkksss...

    ReplyDelete
  2. udah abis buat sarapan tadi.. gue cm bikin setengah resep... dimakan berempat hehehe

    ReplyDelete
  3. kalo gitu, buruan posting recipe 'n directions-nya dong ahhh :-)

    ReplyDelete
  4. hadehhhhh, pembaca kuciwa :((( dikasih tulisan "resep nyusul"
    qiqiqiqiqiqi...
    Ning, aku demennnn banget ama Quiche. Ada dua warung disini yang quiche sering jadi inceranku dan dua duanya quiche yang tampilannya mirip picnic roll tapi kulitnya ngeprul banget. Pengen bikin sendiri, biar bisa diisi sesuai keinginan daripada beli mulu yang isinya selalu sayur. Kepingin isi daging juga toh.

    ReplyDelete
  5. Slurrrpp.... :P
    Ning pengen apple pie ala French yg kulitnya bentuk persegi besar, tipis & apelnya diiris tipis2 & ditata cantik nih. Cari resep yg oke dong Ning.... Trus dicoba & aku nyontek hi..hi...hi... (ngelunjak)

    ReplyDelete
  6. bentar.. lg ribet.. Javier lg bertanduk hahaha *alasan*
    aku bawain buku2 nih.. mau gak?

    ReplyDelete
  7. hahahaha sabar ya mbak.. secepatnya aku post..
    beli yg isi sayur biar aman ya? hehehe

    ReplyDelete
  8. apple pie ala french spt apa? aku taunya yg ala amerika aja hehehe

    ReplyDelete
  9. iya. kalau pake daging, kebanyakan diisi ham atau bacon.
    kulitnya bikin sendiri Ning? wah hebat deh, telaten bikin kulit sendiri.

    ReplyDelete
  10. kulitnya kubuat sendiri.. tapi di sini ada yg jual kulit pai siap pakai, udah di panggang, tinggal di isi...

    ReplyDelete
  11. mereknya opo?
    kayaknya lebih puas bikin sendiri kan. tapi kalau males, yo tuku paling enak. hehehehe..tinggal diisi sesuai selera.

    ReplyDelete
  12. gak ada merk-nya mbak.. bikinan industri rumah tangga :)
    iya klo males, bisa beli yang udah jadi.. dan siap pakai...

    resepnya udah ada yaa.. utang lunas nas nas.. hehehe

    ReplyDelete
  13. bawang merah disini luarang. kadang luarnya bagus, begitu dikupas dalamnya gembos. hadehhh..
    lebih suka pake bawang bombay yang warnanya merah. sama aja Ning. Lebih pedes dan lebih harum.

    ReplyDelete
  14. kalau tahap ini diskip, waktu manggang, pienya menggelembung tidak?

    ReplyDelete
  15. Isinya tergantung kreatifitas kita ya Ning? Disini kebanyakan quiche nya diisi bayam.

    ReplyDelete
  16. ningnong, mentega tawar beku yg kamu pake dalam hal ini yang merk apa ?
    *ningnong lagi sibuk mlulu*

    ReplyDelete
  17. Shin, aku udah tau.. french apple pie.. nanti ya, aku buat.. tantangan nih hehehe

    ReplyDelete
  18. yo wis, pakai apa yang ada :D yang penting, enaaaakss....

    ReplyDelete
  19. quiche yang pertama kucobain ya isi bayam+krim+telor... terus, ada ayam+jamur.. tapi aku baca2, klo isi bacon namanya quiche lorraine, klo isi bayam namaya quiche florentine hehehe bagus namanya :D

    ReplyDelete
  20. tahap apa? blind baking? aku gak pakai, tapi tetap aku panggang setengah matang dulu (bagian bawah ditusuk2 garpu), baru dikasih isi... gelembung, tapi sithik.. hehehe

    ReplyDelete
  21. iya lagi sibuk melulu.. kamu pasti tau apa yg menimpaku di hari2 dan bulan2 sperti ini.. hihihi
    mentega tawarnya aku pakai merk orchid saja... kebetulan pas ada promo di foodhall hehehe

    ReplyDelete
  22. padahal tadinya udah ku quote kalimat itu "blind baking", lha kok keluarnya malah foto. aneh deh.
    untunglah dirimu mudeng. hehehehe..
    suwun sing uakeh yo Ning, wis suwe pengen nggawe dewe. baru tau ada nama2nya yang disesuaikan dengan isi. aku gak perhatiin sampe kesitu.

    ReplyDelete
  23. namanya kok buagus2 tenan yo mbak,jadi pengen bikin dewe...............

    ReplyDelete
  24. nyontek resepnya ya mbak.... tararengkiu :)

    ReplyDelete
  25. dicontek, buat dibikin kan? wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  26. Whuaaaaaa, namanya cakep dan rasanya enyaaaaaaaaak, hmmm... baru 3 hari lalu [Sabtu lalu] makan ini di Uni Desti, pas beliau ngadain syukuran pernikahan kami, enyak ya Mbak :-D

    ReplyDelete
  27. ramai yang datang? aku gak jadi ke bandung.. karena tiba2 ingin beresin taman di rumah.. ya sudah, long wiken di Bintaro... cabut rumput, pasang grassblock + kerikil, tanam2 pohon.. hehehe

    ReplyDelete
  28. Mbak Ning... kalau yang beli jadi di Titan itu kan kulit pie nya dah matang, trus kalau dikasih isi di ovennya berapa lama lagi mbak ?? terima kasih mbak ning.....

    ReplyDelete
  29. sampai adonan isi matang, tapi masih goyang :)
    berapa lama yah.. hehehe coba dulu 10 menit.. klo belum matang juga, terusin deh.. 10 menit lagi.. gitu..

    ReplyDelete
  30. mbak, resepnya masih di liat liat, di bayang bayangin , belum sempet juga bikin, padahal udah ngeces terus :D

    ReplyDelete