Tuesday, April 5, 2011

2011R #11: CARROT & RAISIN SPICY CUPCAKE

Description:
Kemarin, saya syakaw makan kue2 yang manis, dan berempah. Terus saya cari resep di internet, yang gampang dan gak pake ribet. Berhubung lagi demen acara Masterchef Junior, otomatis tangan saya klik link ke websitenya. Terus, dapat deh resep ini Carrot & Date Spicy Muffin.

Hmmm, kebayang deh enaknya muffin yang empuk dan harum! Yummm... Kebetulan di foodhall ada promo wortel improt, saya beli deh sekarung! *lebay*

Di resep dibilang 2 cup wortel dipotong juliane, saya pakai 2 buah wortel ukuran jumbo, yang beratnya kurang lebih 450 gram, kira-kira 3 cup. Semuanya saya pakai! Hasilnya? Rencana bikin muffin, dapatnya kue dengan tekstur seperti cake, lembuuuut.. dan moist!

Yuk sarapan dulu!

Source: http://www.masterchef.com.au/carrot-and-date-spicy-muffins.htm

Carrot & Raisin Spicy Muffin

Ingredients:
250 g pitted dates, chopped ---> saya pakai kismis jumbo, cincang
2 cups frozen Birds Eye Julienne Carrots --> pakai 2 wortel jumbo, parut
¾ cup brown sugar
1 cup milk
2 eggs
1/3 cup sunflower oil --> pakai minyak jagung
2 cups self-raising flour --> pakai 2 cup terigu all purpose + 2 sdt baking powder
2 teaspoons mixed spice --> pakai bumbu spekoek + cinnamon powder

Lemon icing (see tip) and 14 pecan halves for decoration --> sesuai selera

Directions:
1. Place chopped dates, semi-thawed Birds Eye Julienne Carrots, brown sugar and milk in a medium saucepan and bring to the boil. Reduce heat and simmer for 2 minutes, stirring occasionally. Set aside to cool.
---> saya gak campur kismis ke sini

2. Pour cooled date mixture, eggs and oil into a food processor and process until all ingredients are chopped.
---> saya skip proses ini

3. Sift self-raising flour and mixed spice into a large bowl. Stir in date mixture until just mixed (do not over mix or the muffins will be tough).
--> saya aduk telor dan minyak jadi satu, tuang ke bahan tepung, masukin campurin wortel + gula + susu

Spoon into a medium sized paper lined cupcake pan and bake in a preheated oven at 190°C for 20 minutes. When cooked, allow to stand in pan for 5 minutes before placing on a cooling rack.

4. Top cooled muffins with a spoonful of lemon icing and a pecan half.

To make lemon icing; mix together 1 cup sifted pure icing sugar, the juice of
half a lemon and 2 teaspoons cold water.
---> saya pakai 1/2 cup gula, jadinya banyak dan dihias pakai ceri merah cincang

13 comments:

  1. manis gak Ning?
    gulanya lumayan banyak, pake icing pulak.

    ReplyDelete
  2. Sedang aja manisnya mbak, karena aku pakai wortel kebanyakan...jadi lebih berair...otomatis ngurangin kandungan gula di kue.
    Tapi icingnya itu emang bikin mak nyos di gigi...manis dan asyeeemm :))

    ReplyDelete
  3. begitu icing berpadu dengan kuenya, jadinya enak!

    ReplyDelete
  4. tetep ngilu Ning.
    Kesukaannya bojoku, Chocolate German or German Chocolate?) Cake. Itu kan muanizzzz banget. Kalau bertandang ke mertua, sering dibuatin. Karena mertua tau banget itu kesukaannya bojoku. Aku juga dikasih dan demi sopan santun kumakan.
    Kalau mertua meleng, bagian parutan kelapa kupindahin ke piringnya bojo. kwkwkwkwkwkw...
    Mbleneg.

    ReplyDelete
  5. bleeeh.. disini ada expat doyan german chocolate cake. Pernah beberapa kali kubuatin buat dia... komentarnya: nining, gak punya duit ya buat beli gula? hahaahha pletaaakkk!! *jadi menurut dia, kue buatanku itu bener2 kurang manis*

    ReplyDelete
  6. bwhahahahahaha....
    expat mana Ning? Amrik?
    kalau Amrik, yah wajar dweh secara cake disini rasanya mbleneg kuabeh. Manisnya keterlaluan. Aku lebih suka bikin sendiri ketimbang beli.
    Gak heran deh banyak orang sini kena obes.

    ReplyDelete
  7. warna merah berasal dari wortel yg direbus sama susu + gula :)

    ReplyDelete
  8. manis ya ning ?
    di oven juga nih ya ?

    ReplyDelete
  9. iya manis, yummmiii.... dioven pake si 898R haahha

    ReplyDelete
  10. Udah nyontek resepnya, Jeng.
    Tapi icingnya aku skip.
    Trus jumlah raisins nya juga aku kurangin.

    Dimari, mb: http://revinaoctavianitadr.multiply.com/recipes/item/107/CarrotRaisins_Cupcakes

    ReplyDelete