Wednesday, April 11, 2007

[Iseng] Rotiku mirip rasanya dengan Roti Jakarta - Yogya *maksa*


Ingat postingan mbak Ine, Mom TJ, and Jo tentang Roti Jakarta di Yogya?  Ketiga postingan itu menggambarkan roti-roti produksi toko Roti Jakarta sebagai roti kuno yang lembut, bau khas ragi, dan wangi mentega. 

Aku dapat kesempatan icip-icip Roti Jakarta  pertama kali ketika kopdaran heboh bulan February yang lalu.  Emang betul kata orang, roti itu nikmat sekali... teksturnya agak padat (dibandingkan dengan roti ala bakery modern), tapi cukup ringan di mulut, warnanya kekuningan, harum, serta agak gosong permukaannya.  Rasa Roti Jakarta betul2 nancep di hati.. Sampai aku bertekad, next time pergi ke Yogya, aku harus mampir ke toko Roti Jakarta.


Teruuus, minggu lalu aku sms-an ama kiky yang demen banget ama cinnamon roll.  Kuatir kantongnya jebol kalo keseringan jajan di St Cinnamon, maka iseng-iseng kiky praktekkan resepku.  Dua kali kiky buat, tapi kiky bilang hasilnya tidak memuaskan.  Aku penasaran nih!!  Apa yang salah dengan resep itu?  Sewaktu di Duri, cukup sering aku juwalan roti pakai resep itu.  Tapi sejak pindah jakarta, belom pernah bikin roti lagi.


Akhirnya, dua hari yang lalu aku coba ulang resep itu.  Dam dubidu dam.. aku tau kesalahanku!   Dulu di Duri aku pakai timbangan analog, yang dangdut, dan presisinya rendah!  Sedangkan di sinih (jakarta) aku sudha punya timbangan digital.  Jadi, air sebanyak 225 ml itu cocok untuk 520-530 gram tepung (tergantung kelembaban tepung dan besar telor).  Kalau mau pakai 500 gram terigu, cukup dengan 180-200 ml air.


Jadi dulu waktu di Duri, roti yang kubuat selalu kelebihan tepung!!  *tapi tetep ENAKKKSSS*


Nah, hari ini aku sarapan dengan cinnamon roll yang kubuat 2 hari lalu.  Tau gak rasanya?  Miriiiiiiiiiiip banget ama rasa Roti Jakarta.  Lembut, empuk, wangi butter, dan sedikit beraroma gosong... Heheheh mungkin aku rada bombastis ya!  Tapi aku puas, bisa bikin roti sesuai dengan rasa roti yang aku sukai... Selain juga karena aku udah rada bosen ama roti ala bakery modern...  


Di bawah ini penampakan Roti Jakarta (kiri) dan cinnamon roll bikinanku (kanan).




Gambar Roti Jakarta aku ambil dari sini

36 comments:

  1. hhmmmmm... kayaknya yummy deh... mau dong dikirimin rotinya mbak... :)

    ReplyDelete
  2. Waduuuuh, heibat nian nih dah bisa bikin Roti ala Roti Jakarta, aku tinggal minta aza ya!!!!

    ReplyDelete
  3. Halah, aku mung dikirimi gambare weee... *njegadul*

    ReplyDelete
  4. aku lum pernah makan roti jakarta :((

    ReplyDelete
  5. sama mbak Yanna, aku juga blum pernah makna roti jakarta. Cinnamon Roll nya bikin ngenceeeessss

    ReplyDelete
  6. yah, belum pernah makan roti jakarta....:)

    ReplyDelete
  7. klo ke jogja lagi bawain cinnamon roll yaaa.. :D

    ReplyDelete
  8. mau ngintip resepnya mbak nining ah ;)
    cinnamon roll nya cuakep buangedddd......

    ReplyDelete
  9. Kalau di sini yang kamu bikin kok kayak koffiebrodje ya namanya. Biasanya manis, tapi kadang aku nemu yang kurang manis (karena aku nggak terlalu suka makan yang terlalu manis). Dinamakan koffiebrodje kalau nggak salah sih karena roti ini enak dimakan sambil minum kopi (beberapa kali aku makan roti kayak gini, nggak ada rasa kopinya sama sekali). Maklum orang sini banyak juga yang minum kopi hitam pekat tanpa gula dan melk, jadi kalau rotinya manis jadi pas.

    ReplyDelete
  10. mana..mana........belum nyampe mantin mah nggak mau ngakuin ah.........hehehhe.......*kaburrrrrrrrrrrrrr***

    ReplyDelete
  11. huehehehe ini pendapat pribadi lho Mom... rasanya mirip dengan Roti Jakarta.
    Nanti aku bawa kalo main ke Sydney :))

    ReplyDelete
  12. ayo ke yogya, nanti kita beli roti Jakarta

    ReplyDelete
  13. ayo bikin jeng... pan udah ada otang :)

    ReplyDelete
  14. iya tapi pan elo udah nyobain cinnamon roll gue :P

    ReplyDelete
  15. tukeran ama roti jakarta ya wit... :D

    ReplyDelete
  16. waaaa, kalo mba Syl yang moto pasti tambah cakep penampakannya :))

    ReplyDelete
  17. aku jg seneng makan ruti ini sambil minum kupi item

    ReplyDelete
  18. resepnya ada.. itu link-nya aku kasi di atas...
    rotinya ada... dirumah masih ada beberapa potong :)))

    ReplyDelete
  19. rotinya keburu bulukan belum sampe ke Mantin :)))

    ReplyDelete
  20. tanggung jawab Ning...kudu bawain Roti Jakarta & kembarannya ke tempatku daripada ngeces

    ReplyDelete
  21. wah, nunggu beli mixer beneran dulu nich kalo mau nyobain ... he he he ...

    ReplyDelete
  22. setau saya perbandingan roti & air = 1:2 (maaf kalau salah....harus tanya jo yg lebih expert....hehehe)
    tul, enakan roti bikinan sendiri daripada roti bakeri modern.
    roti bakeri modern : berlemak, terlalu lembek, cuma enak waktu baru keluar dari oven.... :P

    ReplyDelete
  23. pake tangan dulu aja mbak fitri, kalau yakin demen bikin roti baru beli mixer.
    kalau tepung 250 gr, cepet kok nguleni roti, bisa jadi sekitar 8-10 potong ukuran sedang. (kalau terigu 1 kg, biasanya jadi 35-40bh roti).

    ReplyDelete
  24. mau dong nyobain roti jakarta ala Nining ;;)

    ReplyDelete
  25. waaah jadi ngileer niy pengen makan si cinnamon roll

    ReplyDelete
  26. roti jakarta kayak gimana rasanya mbaaa ? dooh..norak banget deh.. coba sini di critain rasanya.. hi..hi..hi, nggiling pake mixer baru gak pegel donk mbak ning ? hi..hi..hi

    ReplyDelete
  27. heheh..lucu Ning, roti yg dijual di Yogya namanya roti Jakarta. nah kalo yg dijual di Jkt sebutnya apa dong? roti aja :D

    ReplyDelete
  28. kapan ya bisa bikin kue seperti dirimu ning ? perlu latihan bertahun2 kali ya hihihihi

    ReplyDelete
  29. jadi penasaran ama roti Jakarta.....dimana alamatnya ? insyaallah liburan ini pengen ke Yogya.

    ReplyDelete
  30. Duh..kapan ya bisa bikin roti sndiri..:(

    ReplyDelete
  31. Ning kemaren sempet sms gw yah??? itu hp gw bawa pas disolo aja pas di jakarta ama bandung malahan ga bawa hp soale pergi ama nyokap jadi kalo dihubungi lewat hp nyokap. gw taunya lo sms malahan adek gw ngasi tau kemaren, sorry ya say, maap ga tau kalo u sms makanya ga dibales :(

    tar next time kita ketemuan, kayanya sih juli gw mudik lagi

    ReplyDelete
  32. Salam kenal, numpang promo yah Sist, Mom ......

    Depo Rent car menawarkan jasa penyewaan Mobil untuk Jabotabek, Jawa dan Bali secara harian, bulanan atau antar pertujuan ( rit ) dengan harga yang kompetitif.

    Direct phone : 021 - 7157 3969

    Jangan lupa mampir ke site ku yah.... Makasih

    ReplyDelete