Thursday, April 12, 2007

CAKE KARAMEL


Description:
a.k.a: SARANG SEMUT...

Ini kue hitam legam rupanya, tapi manis rasanya. Nama lainnya: Sarang Semut, karena penampakannya emang mirip dengan sarang semut yang berlubang-lubang.. *hihih emang tau apa bentuk sarang semut kayak apa?*

Ada rasa-rasa gosong khas karamel di dalamnya. Rahasia pembuatan kue ini supaya dapat rasa yang pas, hitam tapi tidak pahit, ada pada pembuatan karamelnya.

Kue ini kedoyanan ibuku. Tadi malam ibu pergi tahlilan, dan aku di rumah sendiri. Sambil menunggu film '24' di AXN, aku bikin kue ini. Sampe rumah, ibuku senang dung melihat ada kue kesukaannya disuguhkan di meja...

Resepnya dapat dari Guru Tata Boga SMP-ku
*ya ya ya betul, dia idolaku... udah tahun jebot banget, tapi bukunya masih ada*

Ingredients:
500 gram gula, buat karamel dengan 400 ml air. Sisihkan sampai dingin.

100 gram margarin
1/2 kaleng susu kental manis
2 sdt soda kue
6 butir telor ukuran sedang
250 gram terigu serba guna
1 sdt baking powder
1 sdt vanili



Directions:
- Panaskan oven 180 deg C.
- Oles loyang tulban diameter 24 cm dengan margarin
- Kocok margarin, susu kental manis, dan soda kue sampai halus dan rata
- Masukkan telor, kocok dengan kecepatan tinggi selama 10 menit
- Masukkan terigu+baking powder+vanili, sambil diaduk pelan
- Tuang sirop karamel pelan-pelan, aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang.
- Panggang dalam oven selama kurang lebih 40 menit.
- Angkat, keluarkan dari loyang. Dinginkan

Tips bikin karamel:
Pakai api kecil, wajan lebar dan berdinding tinggi.
Masukkan gula, biarkan gula larut sampai kecoklatan, aduk gula asal rata. Pokoknya kalo sudah mulai timbul bau gosong, aduk lagi.
Tuang air pelan2 untuk menghindari cipratan. Jangan aduk gula gosong setelah dituang air. Biarkan gula larut dengan sendirinya!
Matikan api kalau gula sudah larut, dinginkan.

46 comments:

  1. gue contek kapan2 ya Ning :):):) *tukang contek bergerilya* hehehe

    ReplyDelete
  2. pagi2 gini, belum sarapan lihat cake caramel hiks... hiks... hiks.....
    mbak nining, syl kok jarang sekali sukses bikin karamel ya, mbak
    keras terus jadinya dan tidak bisa diolah
    mohon tips nya please....

    ReplyDelete
  3. silakeun.... asal ditulis source resep: guru tata boga SMP-nya nining huahahahhaha

    ReplyDelete
  4. itu aku buat tips-nya di atas, mba Syl...

    ReplyDelete
  5. asiiikkk ...kapan2 coba ahhh ...ibuku jago bikin ginian ..tapi karena aku ngga terlalu doyan jadi ngga tertarik ngunduh resepnya hihihihihih ....

    ReplyDelete
  6. huhuhuhu gilingannn resep guru pas SMP masih inget hebat ruyy

    ReplyDelete
  7. gue doyan banget... emak gue apalagi! :D

    ReplyDelete
  8. huehehhehe buku kelas tata boganya masih ada, tapi udah rontok kemakan umur... =)

    ReplyDelete
  9. sama dong ma emak gw ...hihhiihih

    ReplyDelete
  10. Mbak aku mo nyoba belajar bikin kue ini...sambil dag dig dug kali yaa...sukaan anak-anak dan hubby di rumah nihh..selama ini sih beli jadi ajah hehehehehehee

    ReplyDelete
  11. Ini makanan nikmat sepanjang masa nih

    ReplyDelete
  12. ayo buat sendiri... biar tambah disayang suami & anak2... =))

    ReplyDelete
  13. ho oh.. dari jama dulu, gue udah demen ama kueh ini

    ReplyDelete
  14. weeeeit, belum tau aja! *disogok dulu pake cake karamel, abis itu baru ngerayu ibu* =))

    ReplyDelete
  15. udah pasti!! ngarana saha atuh (hayo lupa ya??) LOL

    ReplyDelete
  16. mbak..tipsnya membuat karamel donks :)

    ReplyDelete
  17. huahahahha bisa aja si teteh aja =))

    ReplyDelete
  18. Dulu aku sering banget bikin cake ini, gampang sih... tapi keknya di rumah yang seneng cuman aku deh... lama2 neg juga klo musti ngabisin sendiri... tapi kangen, dah lama gak bikin... *nyomot ahhh...*

    ReplyDelete
  19. Inget masa muda, makan cake ini....

    ReplyDelete
  20. gue belum sukses bikin karamel, ajarin dong

    ReplyDelete
  21. ini kue juga pingin banget aku coba,tapi belum berani ,kayaknya harus mulai nih, soalnya jelas bgt kali ini resepnya..

    ReplyDelete
  22. mba...kok tip bikin karamelnya beda2-beda ya...ada yang sama sekali ngga boleh diaduk sebelum gulanya lumer samua...ada yang kayak mba ning ini.......hasil akhirnya dimana bedanya ya ? he he he..mungkin mba ning Tau.....

    ReplyDelete
  23. sama donk, aku juga masih nyimpen tuh buku catatan tata boga waktu kelas 1 SMP, hehe abis gara2 ada pelajaran tata boga sih yg bikin aku seneng bikin kueh :-)
    makasih ya bu guru ... lupa nama bu guru nya

    ReplyDelete
  24. itu tipsnya udah gue kasi... coba dulu pake gula sedikit, klo udah sukses baru bikin banyakan

    ReplyDelete
  25. iya aku pikir ini resep memang sederhana, dan yang pasti kuenya gampang banget... yang penting, karamelnya jadi dulu :)

    ReplyDelete
  26. klo aku pan orangnya ngga sabaran, jadi gulanya diaduk biar cepet rata...klo panasnya tersebar merata, gulannya akan lebih cepat lumer kan? :)
    tapi, begitu air dituang, aku diemin aja...ngga diaduk2 sampai gula lumer sendiri...

    ReplyDelete
  27. jangan2 kita satu SMP? SMP 12 wijaya... guru tata boga namanya ibu Yusmiati, beliau orang Minang, cantik! :)

    ReplyDelete
  28. Yuuummmmmmm............ini sama kopi tubruk..mantaaabbbsss

    ReplyDelete
  29. wuuuah..nikmat nih.. sama teh hangat sore2.. :)

    ReplyDelete
  30. Senengnya pulang ke rumah ada cake karamel...

    ReplyDelete
  31. Udah pernah ketemu bu guru Tata Boga lagi belum Ning? Kirimi kue buatanmu tuh, pasti dia senang.

    ReplyDelete
  32. ..hehehee...kue jaman TK....gue paling seneng klo di kelas dibagiin kue ini...

    ReplyDelete
  33. Mbak, aku udah coba resep cake caramelnya......hasilnya enyaaak banget!! Makasih ya!!!

    ira i
    http://bermaindidapur.blogspot.com

    ReplyDelete
  34. kekkeke resepnya dari jaman baheula nih :))

    ReplyDelete
  35. mbak aku coba ya resepnya...kelihatannya Yummiiii.

    ReplyDelete
  36. wah aku dah coba resepnya enak tenan,cuman punyaku atasnya agak kegosongan tak tinggal netein :) makasih ya mbak.

    ReplyDelete
  37. jeng.... makasih banget resepnya... mau donk dibagi resep kue-kue jadul tapi nikmat lainnya.. jadi ketagihan nih.... tak tunggu ya..

    ReplyDelete
  38. mbak, klo aku bikin tdk perlu dikocok pke mixer, adonan cukup dikeplok2, disaring biar gak ada tepung yg 'nggrindil', klo bahan aku pke takeran gelas, gula 2 gls, air 2 gelas dn tepung 2gls (orang jadul bilangnya gelas blimbing) dn hasilnya kyknya lebih bagus yg punyaku deh hehehe(PD bgt!) sarangnya lbh bagus dn tampak mengkilat...

    ReplyDelete