Monday, October 30, 2006

NASTAR


Description:
Nastar, kue kering klasik yang selalu muncul tiap lebaran. Aku paling males buat kue ini, lama dan ribet... hehehe tapi sebanding deh ama rasanya...

Baru buat kue ini di jakarta, itu juga karena membantu ibunda tercinta yang dapat order mendadak, 20 toples nastar 3 hari menjelang lebaran :)

Ingredients:
350 gram terigu
250 gram margarine
3 butir kuning telor
3 sdm susu kental manis

2 butir kuning telor + 1 sdm susu cair, untuk olesan

Selai nanas, masak semua bahan sampai kering:
1 buah nanas, kupas, cuci dengan air garam
½ gelas gula pasir
2 cm kayu manis
2 butir cengkeh

Directions:
• Panaskan oven 160 deg C
• Olesi loyang dengan margarine
• Kocok margarine sampai halus, masukkan telor dan susu kental manis
• Masukkan terigu, aduk sampai rata
• Ambil sedikit adonan, isi dengan selai secukupnya
• Bentuk bulat-bulat, atau sesuai selera, letakkan di atas loyang
• Olesi dengan kuning telor
• Panggang selama 25 – 30 menit, angkat, dinginkan
• Simpan dalam wadah kedap udara

13 comments:

  1. hah 20 toples nastar dalam 3 hari???? weleh welehhhh tobattt :)

    ReplyDelete
  2. wakkks... itu belum seberapa! ada lagi 20 toples lidah kucing... sama2 3 hari menjelang lebaran, dari pemesan yang sama... ibuku emang super duper kuattt.... klo gue mah, nyerah aja :)

    ReplyDelete
  3. kalau lidah kucijng sih mending tinggal spuit2 aja lha kalau nastar kan repot banget....capek deh ngebayanginnya aja padahal lagi di Bontang tiap tahun aku bikin minimal 100 kg...
    ngebayanginnya sekarang puyeng deh....

    ReplyDelete
  4. hahhhh? ngebayanginnya aja udah capek... apalagi bikinnya... 100 kg jekk!

    ReplyDelete
  5. lha dulu bertahun2 kok kuat deh gw...heran juga... sekarang mah bikin 5 kg aja udah sakit semua...tapi engga deng asistenku 2 orang, aku ngadonin mereka nyetak dan aku supervisi bakarnya....
    makanya kuat kalau sekarang kan sampe nyuci loyang juga sendiri....

    ReplyDelete
  6. Lha...tau gitu aku ikutan pesen aja deh ama kamu Ning...

    ReplyDelete
  7. wah..kalo aku mah mending pesen deh....abis ngga sabar...

    ReplyDelete
  8. wow..... 20 toples nastar, dlm 3 hari.. kerja brp jam tuh sehari?
    aku nyerah deh...... hihihi :D

    ReplyDelete
  9. aku cuma bikin 1 kg aja udah mabok ... he he he ...

    ReplyDelete
  10. eh maaf.. ini 1 resep, jadinya kira2 800 gram :)

    ReplyDelete