Thursday, May 25, 2006

SOSIS SOES ala Mbak Ine


Description:
ini aku buat pertama kali untuk memenuhi pesanan Clara, setelah dia melihat foto dan resepnya di blog mbak Ine . "Ning, aku mau dibuatin soes seperti itu dong buat acara hari jumat," kata Clara. Aku modifikasi dengan tambahan kentang dan wortel dalam adonan daging.. Bener kata mbak Ine, pemakaian biskuit marie bikin dagingnya jadi lembut, legit, dan gurih. Adonan soes, aku pake punyaku sendiri.

Ingredients:
Bahan Soes:
250 ml air
150 gr margarine
150 gr terigu
6 butir telor
1/2 sdt garam

Bahan Isi:
100 gr kentang & wortel, potong dadu, seduh air panas
200 gr daging sapi giling
10 gr susu bubuk
6 lembar biskuit marie, rendam dalam 75 ml air
2 butir telor
1/4 bawang bombay, tumis dengan 2 sdm margarine
1 butir kaldu blok
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt merica bubuk
garam secukupnya

Directions:
Isi: campur semua adonan jadi satu. Sisihkan

Kulit:
- rebus air + margarin + garam sampai mendidih.
- masukkan terigu, aduk cepat sampai rata, angkat dari api. Dinginkan.
- tambahkan telur, kocok dengan mixer sampai adonan licin.

Penyelesaian:
- Panaskan oven 400 deg F
- Olesi loyang dengan margarin
- Semprotkan adonan soes sepanjang bidang loyang, lebar 6 cm
- Letakan adonan isi di atasnya.
- Tutup dengan adonan soes.
- Panggang dalam oven selama 20 menit.
- Kecilkan api 350 deg F, panggang lagi selama 10 menit.
- Angkat, potong2 selebar 4 cm.
- Hidangkan sesuai selera.

10 comments:

  1. Cantik Ning, yang pesen pasti puas tuh. Lagian, kamu kreatif tuh, di tambah kacang polong dan wortel, biar ada pernik2 hijau orangenya.

    ReplyDelete
  2. motretnya juga ok. bekas gigitan sapa tuh? mmhhh....uenak e...

    ReplyDelete
  3. jadinya pake kentang mbak... kacang polongnya lupa aku keluarkan dari freezer..which is beku banget..

    ReplyDelete
  4. thanks dari teman2 kantor gue atas resep2 dari mba ning

    ReplyDelete
  5. ur welcome :) ajakin ikut MP dunk biar jadi temanku juga

    ReplyDelete
  6. siapa ya? mmm... udah lupa tuh! *jorok banget mode ON* :D

    ReplyDelete
  7. enak nih ning, coba deket ikutan pesen aja deh...

    ReplyDelete
  8. enak banget mbak... aku bawa ke kantor, cepat kali abisnya :)

    ReplyDelete