Sunday, March 19, 2006

PANDAN CHIFFON CAKE (v.1)


Description:
Kuenya enakkk sekali.. lembuuuttt..mak nyoss! Emang rada ribet buatnya karena putih telur harus dikocok terpisah. Udah gitu setelah mateng, kudu dibalik diatas botol (kalao loyangnya tidak berkaki). Harus tunggu kue dingin sebelum dikeluarkan dari loyang supaya bentuknya tetap bagus.

Ingredients:
Bahan A:
175 gr terigu
100 gr gula pasir
75 ml air
100 ml minyak goreng
6 kuning telur
¼ sdt garam
¼ sdt baking powder
½ sdt pasta pandan

Bahan B, kocok sampai kaku:
6 putih telur
½ sdt cream of tartar (bisa diganti garam)
100 gr gula pasir

Directions:
o Panaskan oven 170o C.
o Campur terigu, gula pasir, garam, baking powder. Adur rata.
o Masukkan air dan minyak goring. Aduk rata
o Tambahkan kuning telur, aduk dengan mixer kecepatan tinggi selama 5 menit.
o Masukkan pasta pandan, aduk rata.
o Masukkan adonan B sedikit-sedikit kedalam campuran bahan A. Aduk rata.
o Tuang adonan ke dalam loyan chiffon yang telah dialas kertas roti, tanpa dioles mentega.
o Panggan dalam oven selama 45 menit, sampai bagian atas kue berwarna kecoklatan. Angkat.
o Balikkan loyang berisi chiffon panas. Tunggu sampai dingin, keluarkan dari loyang.

23 comments:

  1. Mbak, makasih buat resepnya...my hubby and daughter seneng banget sama kue satu ini tapi aku nggak PD bikinnya takut nggak jadi..liat mbak bisa sukses jadi kepingin nihhh...

    ReplyDelete
  2. PD aja lagi... pasti jadi klo petunjuknya diikutin semua :D. Good luck ya

    ReplyDelete
  3. Chiffon pandan emang favorite ku....., ada resep yang airnya diganti santan ya ?

    ReplyDelete
  4. Salam kenal..
    Cetakannya musti loyang chiffon khusus ya? Gak boleh ganti yg lain?
    Kepengen banget bikin tapi sampai sekarang blom ketemu tuh loyang.

    ReplyDelete
  5. iya mbak.. di resep aslinya pakai santan. Tapi aku ganti air dengan jumlah yg sama..

    ReplyDelete
  6. salam kenal juga ya, mbak. Bisa diganti dengan loyang lain kok. Aku pernah coba pakai loyang loaf, tapi yang ada teflonnya. Jadi ngga perlu dioles-oles.. Mau dikirim loyang chiffon dari jkt? di psr mayestik banyak hehehehe

    ReplyDelete
  7. Her. inget loyang yang aku kasih lihat dirumahku di AD, yang kayak karet itu ( lagi macet lupa namanya...), nah pake itu juga bisa lho, malah ngeluarinnya enak, kan dia kayak karet gitu tinggal didorong aja....di C4 kan banyak.....malah ada yang bentuk kecil2, chiffon mini juga cantik lho.

    ReplyDelete
  8. Iya aku juga dah lihat. Disini cuma ada di hyat plaza. Tapi masih emoh beli soalnya ukurannya kecil2 kayak buat penganten baru dan muahal! Aku pengen manfaatin dulu yg ada deh. Coba pke loyang teflon ah...

    ReplyDelete
  9. RRRRRRGGGHHHHHH... aku musti coba ini saat balik dr indo hehehe... loyangku msh sama mbak ine!!

    ReplyDelete
  10. kapan balik ke indo mbak? siapa tau kita bisa ketemu juga... :)

    ReplyDelete
  11. tgl 3 mei dr akl ke dps. tgl 10 mei ke jkt sampe tgl 21 mei. hayooooo ketemuan yuuukkk... aku mau main ke matraman tgl 11 mei.

    ReplyDelete
  12. Insya Allah aku ke jakarta.. nanti dikabarin lagi deh.. soalnya ketidakpastian di sini tinggi banget! aku baru yakin kalo udah di dalam pesawat hehehehe *duile segitunya yakk*

    ReplyDelete
  13. Salam kenal, finally ketemu juga nih resep... aku permisi copy yah. O yah, thx jg buat Ola yg dah kasih remondasi ke sini hehehehehe.

    ReplyDelete
  14. hai hai... salam kenal juga.. silakan aja dikopi resepnya.. *asal ngga dibikin buku seperti penggemar gelapnya Ola hihihihi*

    ReplyDelete
  15. Thx Ning..., thx jg dah add idku. Mending bikin pandan cake dech dr pada bikin buku =))

    ReplyDelete
  16. salam kenal...
    barusan aku bikin pandan chiffon cakenya loh, hasilnya beneran enak dan lembut
    sayang kurang hijau, krn saya pakai aroma pandan plus pewarna hijau (gak berani banyak pewarna hijaunya)

    makasih banyak ya..

    ReplyDelete
  17. salam kenal,boleh nyoba resepnya :) ma kasih yaa

    ReplyDelete
  18. sef, kamu jadi rajin liat resep2 di sini ya? Syukur deh kalo cocok ama seleramu.. memang harus hati2 pakai pewarna, walaupun pewarna makanan. Salah2, rasanya jadi pahit kalau kelebihan..

    ReplyDelete
  19. salam kenal mbak..
    aku udah cobain resep mbak ini..tapi kok bantet yah..gak mao ngembang. boleh nanya nih.apa yang salah yah,mbak??
    makasih banyak loh resepnya..rasanya udah enak hanya sayang bantet..hiks

    ReplyDelete
  20. yang salah apa yah? hehehe prosedurnya mungkin... atau bahannya? banyak faktor yang menentukan kesuksesan bikin chiffon cake... btw, loyangnya gak dioles mentega kan?

    ReplyDelete
  21. enggak cuman dialasin kertas roti..mixer telur putihnya berapa lama yah?apa aku kecepetan yah?terus pas manggangnya pake api apa mbak? kalo aku pake api bawah..pas bawahnya kecoklatan aku pake api atas.
    untuk lapisan luarnya sih bagus..tapi itulah mbak isinya gak merekah hiks....sarannya mbak!!nanti aku coba lagi!!pantang menyerah
    thanks yah mbak!!

    ReplyDelete
  22. Hallo salam kenal dari Holland... Sorry ya aku contek resepnya... Ada Hak Ciptanya nggak nih? Hehehe...

    ReplyDelete
  23. Mbak, aku gk punya loyang chiffon, kalau aku ganti dengan loyang tulban yg bahannya teflon bisa gak mbak? atau lebih bagus yg bahannya silicone? Trus kalau bukan loyang chiffon, bisa ditunggingkan diatas alumunium foil aja gk mbak? sptnya loyangnya cukup tinggi, sehingga kuenya gk akan memenuhi seluruh tinggi loyang.. kenapa mbak mesti ada botolnya?

    ReplyDelete