Saturday, March 18, 2006

GEMBLONG KETAN


Description:
Asalnya dibuat dari beras ketan, yang dikukus dan ditumbuk. Resep ini lebih praktis karena pakai tepung ketan. (Source: Kue Tradisional - Sedap Sekejap, tapi aku modifikasi sedikiitt...)

Ingredients:
250 gr tepung ketan
150 gr kelapa setengah tua, kupas, parut (aku pakai kelapa yang sudah dikeringkan)
1 sdm mentega
125 ml santan hangat (atau 250 ml kalau pakai kelapa parut kering)
1 sdt garam
Minyak

Bahan untuk lapisan gula:
125 gr gula pasir
75 gr gula merah, sisir halus
175 ml air
1 sdm mentega

Directions:
 Aduk tepung ketan, kelapa parut, mentega, garam sampai rata.
 Tuang santan hangat, sambil diuleni sampai kalis dan bisa dibentuk.
 Bentuk lonjong.
 Goreng dalam minyak banyak, panas sedang, sampai kuning. Angkat
 Buat lapisan gula: masak semua bahan sambil diaduk sampai ‘berserabut’
 Masukkan gemblong, aduk hingga kering dan lapisan gula menempel dengan rata.

17 comments:

  1. hi mbak.., thanks for the recipe..looks tempting..:)..mudah2an kalau dicoba seenak yang mbak buat yaaa..:)

    ReplyDelete
  2. pasti enak deh... kan buatnya pake 'cinta' :)

    ReplyDelete
  3. ning, tengkyu dah sharing recipe gemblong.
    ini gw doyan bener.
    kl beli dari puncak, nyampe jakarta, gulanya melted dah.
    hiks....hiks...

    ReplyDelete
  4. hehehe sama dong, gw jg doyan bgt ama gemblong yang di puncak..langsung di makan di tempat, masih anget.. :)

    ReplyDelete
  5. em...salam kenal,
    g mao nanya dong...gemblong ketan itu yang macam apa yaa??
    g asalnya kan dari siantar (medan), tp sekarang kuliah di jakarta,...
    kalo di daerah g, gemblong itu pake gula di luar...persis kayak yang mbak buat...tp warna putih...
    sama aja kan??/
    gemblong juga makanan kesukaan g, g pengen coba buat nii....ntar pas balik kampung....

    ReplyDelete
  6. halo... salam kenal juga yah..sama aja kok gemblongnya, tp mungkin yang di siantar itu pakai gula putih ya.. siantar-nya di mana? banyak tempat sea food enak dan murah di sana :)

    ReplyDelete
  7. ini gemblong baru ya? hehehe.. br tahu. gemblong yg setahuku itu slalu putih dan ditabur klapa parut, lengket. mauuuuuuuuu...

    ReplyDelete
  8. hehehe iya kali ya mbak. Aku mah dari dulu taunya kayak gini.. Mungkin yang mbak arfi liat gemblong pake gula putih..

    ReplyDelete
  9. barangkali... soale aku suka bangedz jajanan pasar. ngangenin.

    ReplyDelete
  10. mbak arfi, tepung ketan item yang kecentilan itu bisa juga lho kita bikin gemblong.. tapi glazurnya dari gula putih.. cakep lho..! nanti fotonya aku posting deh :P

    ReplyDelete
  11. Hai salam kenal minta izin copy resepnya yaa duh dah lama gak makan gemblong :)

    ReplyDelete
  12. Lapoorrr minggu kemaren aku dah cobain resep ini..
    Dan semua komentarnya sama : Uenaksss..mak nyosss...
    hihihihihi TFS ya ning

    ReplyDelete
  13. saat aku hamil anak pertama,aku punya makanan favorite yg manis2...kaya gemblong,pdhl sebelom hamil aku ga gitu suka ma yg manis2...aku tinggal di antapani-bandung,kalo pulang kerja via cicadas banyak yang jual gemblong dan pasti aku mampir beli.Iseng aku cari resepnya...nemuin.Thx ya...jd lbh higenis krn bikin sendiri.

    ReplyDelete
  14. aduh kepingin banget ..... beli dmana ya dsini???????
    i luv your mp a lot yummm food .coba ning my neighbour ya kita
    bisa bikin bareng kalau bikin sendiri kurang seru kayanya hi.........

    ReplyDelete
  15. wua akhirnya ketemu resep gemblong.Mumpung punya tepung ketan,mana belinya jauh dan mahal lagi.Ntar suruh hubby beli kelapanya.Biar dia cobain makanan manis Indonesia,gak kalah sama mitai(makanan manis) punya orang Pakistan..

    ReplyDelete
  16. haloo,.. lam kenal,.. gampang kayanya tuh gemblongnya,.. mao coba neh,..coa cari,.. resp yg gampang dmna... eh ternyata ada juga disini txs ya mba

    ReplyDelete
  17. oohh maaf nimbrung ya....gemblong yg ditabur kelapa parut itu ada di Jawa Tengah-Jawa timur...kalo di Jawa Barat namanya uli......kalo gemblong manis ini kalo di Jawa Timur namanya getas kalo gk salah.......

    ReplyDelete