Sunday, March 26, 2006

APPLE PIE


Description:
Ada apel hijau dari messhall yang belum dimakan.. eman2 klo busuk, mending dibuat apple pie aja.. Rahasia kulit pie yang renyah: jangan diaduk pakai tangan terlalu lama.

Ingredients:
Bahan Kulit:
250 gr terigu
100 gr margarine, masukkan freezer 10 menit
6 sdm air es
3 sdm gula bubuk
Garam sedikitttt

Bahan Isi:
2 buah apple hijau, potong kecil-kecil
6 sdm gula (campuran gula palem + gula pasir)
3 sdm tepung maizena
200 cc air
4 cm kayu manis batang
½ sdt kayu manis bubuk
Sedikit garam

Directions:
Bahan Isi:
 Larutkan maizena dengan sedikit air
 Rebus sisa air, gula, apel, kayu manis, dan garam sampai mendidih
 Masukkan larutan tepung maizena, aduk rata sampai meletup. Angkat.

Bahan kulit:
 Campur terigu, gula bubuk, garam.
 Masukkan margarine, aduk dengan 2 pisau (jangan pakai tangan), sampai berbutir-butir. Tambahkan air, aduk rata.
 Simpan dalam lemari es, 15 menit.

Penyelesaian:
 Olesi cetakan pie dengan margarine.
 Giling adonan sampai kira-kira ½ cm. Masukkan ke dalam cetakan sampai menutupi dasar dan sisinya.
 Kasih adonan isi.
 Giling sisa adonan untuk menutup cetakan.
 Olesi dengan kuning telur (kalau aku pakai baker shine aja)
 Panggang dalam oven 180 deg Celcius kira2 30 menit.
 Angkat, tunggu sebentar baru deh keluarin dari cetakan.

9 comments:

  1. naaaaaaahhh kl yg ini desserts kesukaankuuuuu... suka maem es krim wall's kan? taruh deh di atas apple piemu huhuiiii...asoy geboy deh!

    ReplyDelete
  2. mbak .... mau ya resepnya ...pengen nyoba ....di bogor ada yang juwalan "Apple Pie" enak ... aku pengen bisa bikins endiri tapi hehehe ....

    ReplyDelete
  3. slllrruuppp glek... itu emang temen makan apple pie yg paling ocrehh

    ReplyDelete
  4. aku tau tempatnya tuhh.. tp aku lebih suka makaroninya hehehe
    sok atuh coba bikin apple pie ini.. ngga sesulit yang dibayangin kok :) *tetap semangat ya!*

    ReplyDelete
  5. iyaaaaaa... bikin apple pie bisa kok pake flaky pastry atau sweetshort pastry. yg penting kl pastrynya renyah, enduang berdendang duehhh...trus apel isinya wangi kayu manis huhuuuuu.. sedeppp!!

    ReplyDelete
  6. mbak fi ..... flaky pastry atawa sweetshort pastry nya gampil ndak bikinnyah ...aku masi gagap ni sama pastry2an ..:D

    ReplyDelete
  7. aku kok ndak pernah sukses ya bikin flake pastry..pasti jadinya keras, ngga renyah, dan gak berlapis2 gitu. Apa sih rahasianya, mbak? Aku ngga puas kalo beli yang udah jadi...

    ReplyDelete
  8. Mbak kok pas aku buat adonan kulitnya keras ya?Apa ada yg kurang diresep itu?Mungkin pake telor ato susu?

    ReplyDelete