Sunday, May 22, 2011

2011R #23: CHOCOLATE CHIP CUPCAKE with Chocolate Ganache

Description:
Saya sering kedatangan 'tamu-tamu' kecil di rumah saya di Bintaro. Ada icha & ina (anak2 ira: http://rkemalawati.multyply.com), ada Nisa & Andin dari rumah ujung, ada Jasmin (tetangga depan rumah ira), ada Amaris (tetangga depan rumah saya), ada Isabel dari rumah sebelah.

Anak2 ini umurnya bervariasi, dari Ina yang masih 2.5 tahun, sampai Nisa dan Isabel yang sudah grade 4. Mereka suka main ke rumah saya, karena ada kucing, emak Ipoet dan anaknya Onyon.

Nah, kemarin ini.. Nisa ulang tahun. Kepikiran ingin kasih kue yang cepat dan mudah bikinnya. Jadi deh, chocolate chip cupcake. Topping chocolate ganache saya buat dari: whip cream + selai coklat yang saya beli di negro brand!

Chocolate Chip Cupcake

Semua senang! Kata Isabel: this cupcake is really good! it tasted like ice cream.. thank you, mam!

Source: http://www.cupcake-creations.com/chocolate-chip-cupcake-recipe.html

Ingredients:
150g Butter - softened
150g superfine (castor) sugar
175g self-raising flour ---> pakai all purpose fluor + 1/2 sdt baking soda
3 telur
1 tsp vanilla extract
50g chocolate chips

Frosting: kocok sampai creamy
200 ml whip cream
3 sdm selai coklat

Directions:
- Pre-heat the oven to 350oF (180oC).
- Line a 12 cup cake pan, with cup cake papers.
- Crack the eggs into a cup and beat lightly with a fork.
- Place all the ingredients in a large bowl.
- Beat with an electric mixer for 2 minutes, until light and creamy.
- Add the Choc Chips and mix through.
- Devide batter evenly between the cake cases
- Bake for 18-20 minutes until risen and firm to touch.
- Allow to cool for a few minutes and then transfer to a wire rack.
- Allow to cool fully before icing.

28 comments:

  1. Melek mata uda duduk manis di depan kompi ama secangkir kopi.........eeeeeee......dikasi liat yg beginian....kejem...sungguh kejam dikau mba!!!!!!........bulan july ya......xixixixixi......

    ReplyDelete
  2. beli mustard jg ga di negrobrand ? enyaaaakkkk

    ReplyDelete
  3. menyenangkan bocah2 tetangga ... hehehe

    ReplyDelete
  4. tidak say.. mustard botolan di rumah masih ada :)

    ReplyDelete
  5. iya, lucu lho.. mereka makan kue sampe celemotan.. hehehe terus main kucing! cuci tangan, makan kue lagi.. terus main kucing lagi.. hihihi gitu aja teruus..

    ReplyDelete
  6. Pengen jadi tetanggan Nining...biar Sarah dan Saffa dapat cake enak mulu :D

    ReplyDelete
  7. Ning.. aku dah lama gak makan cake... kesian kan? hahaha...

    ReplyDelete
  8. mba, aku nyontek yaa...
    salam kenal... :)

    ReplyDelete
  9. deretanku ada rumah dijual mbak.. mau? heheheheh

    ReplyDelete
  10. wahhh...pasti muka-muka mungil itu bahagia deh punya tetangga tante Nining

    ReplyDelete
  11. makasih tante Ning... *pasang muka kayak anak kecil* :D

    ReplyDelete
  12. okh....another chocolate cupcake....
    dietku oh dietkuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  13. cepet bikinnya ya Mbak...
    simple banget itu resepnya..

    ReplyDelete
  14. tadi malam, aku pulang kantor ketemu Isabel pulang berenang di rumah Amaris: "hi, ibu.. is Onyon OK?" lhaaa gue kagak ditanya kabarnya, malahan dia tanya kucing gue.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. lha bagi2 anak tetangga dong biar gak merusak diet.. haahah

    ReplyDelete
  16. betul, setengah jam persiapan, setengah jam baking... cepet deh

    ReplyDelete
  17. @ sri fon: enak mbak, apalagi klo tinggal ngemplok hehehe

    ReplyDelete
  18. mbak,si baker newbie tanya lg dgn pertanyaan cetek. he3..wire rack itu yg buat tatakan kue kalo mau disiram2 bukan ya? dlm cupcake ini knp perlu wire rack, kan icingnya nggak perlu siram menyiram? tks ya mbak ning.. oia, salam kenal. saya anggi :)

    ReplyDelete
  19. Mbak Nining.. Alhamdulillah sukses.. terimakasih banyak :D
    saya ingin folloe blognya mbak Nining bagaimana caranya ya?
    boleh kan mbak?

    ReplyDelete