Sunday, May 15, 2011

2011R #19: PANETTONE

Description:
Dapat resep dari mbak Inge (http://duaga.multiply.com). Katanya sih, dari majalah SEDAP.

Menurut oom Wiki, panettone adalah roti khas kota Milan - Italia, yang biasa dihidangkan saat Natal. Umumnya dibuat dalam loyang besar, dan kalau sudah matang akan berbentuk kubah, dengan ketinggian mencapai 30 cm. Panettone umumnya dipotong dan dihidangkan bersama minuman panas yang manis atau anggur yang manis.

Di Bintaro, saya gak punya loyang besar. Cuma ada loyang muffin isi dua belas, dan paper cup segebok. Walhasil, Panettone saya terlihat seperti muffin. Ya, ini jadinya bread muffin.. enak lho! Wangiii

Oiya, saya juga menguleni adonan roti secara manual, tidak pakai mixer karena robot KA masih ditinggal di rumah ibu ;p

Mbak Inge, terima kasih resepnya!

Panettone

Ingredients:
Bahan biang:
1 sachet ragi instant (11 gram)
150 gram terigu protein tinggi
150 ml susu hangat

350 gram terigu protein tinggi
150 gram gula pasir
4 kuning telor
100 ml air es
175 gram unsalted butter, lembutkan
1 sdt garam
1/2 sdm kulit jeruk parut
100 gram kismis
100 gram sukade atau mixed fruit
50 gram kacang mede panggang, cincang

1 sdm butter untuk olesan

Directions:
Membuat biang:
- Larutkan ragi instant dengan 60 ml susu hangat, diamkan 10 menit atau sampai berbusa
- Masukkan terigu dan sisa susu, aduk rata, diamkan 30 menit

- Di wadah lain, campur terigu + gula pasir, aduk rata
- Tuang adonan biang, aduk rata
- Masukkan kuning telor, aduk rata
- Tuang air sedikit demi sedikit, sampai rata
- Masukkan butter, aduk rata sampai kalis (jangan pakai tangan, karena butter akan meleleh dan adonan sulit kalis)
- Masukkan kismis, buah kering, dan kacang, aduk rata
- Fermentasi pertama, 1-1/2 jam
- Kempeskan adonan, ambil kurang lebih 260 gram, bulatkan, masukkan ke dalam paper cup kertas besar dan tebal (kira2 jadi tiga buah) ---> saya pakai loyang muffin, beratnya masing2 65 gram
- Fermentasi kedua, 1 jam
- Ambil gunting atau pisau tajam, buat keratan berbentuk silang di bagian atas
- Panggang dalam oven 200 derajat C, selama 10 menit
- Turunkan suhu 180 derajat, panggang lagi 20 menit
- Keluarkan dari oven, biarkan kurang lebih 5 menit
- Olesi butter supaya mengkilat

24 comments:

  1. haishh...nggarahi penasaran aja, pake dipending. hihihihi...
    ngemeng2 tadi aku ke flickr nya Nining. ada risoles pake isi ragout macaroni. ada resepnya Ning. Pengen :(
    Selama ini bikin, ragoutnya gak bisa putih kayak gtu. Penampilan ragout nya Nining mirip saus buat salad. Gak terlalu kentel. Aku pengen yang seperti itu.

    ReplyDelete
  2. iya, resepnya belom ketemu... kemarin aku print, dan langsung diguwak krn kotor.. :)

    resep risoles makaroninya ada kok di MP.. bentar ku cari ya..

    ReplyDelete
  3. asikkkk. suwun yo Ning.
    muah muah muahhhhh :D

    ReplyDelete
  4. pas wiken, dapat penampakan makanan enak2 gini....
    minta dong mba...males masak niy :P

    ReplyDelete
  5. haduh nit.. harusnya kamu curiga...
    semakin banyak resep yang diposting, semakin gue patah hati.. hahaha *lebay*

    ReplyDelete
  6. ngga libur...
    berharap ada pengumuman 1/2 hari .........ternyata ooo ternyata...
    tadi jam istirahat aku cobain sanctum reflexiologi, lumayan dapat discount 20% utk senayan tenant :-)

    ReplyDelete
  7. resep dari Suzie itu Ning... kita kog sehati, hari minggu aku kepikir mau bikin ini juga, lah malah ada tamu... pending minggu depan.

    ReplyDelete
  8. oalah... pantas aku sort inbox dr mba inge, gak ketemu.. ok, thanks mbak!
    bikin deh, mbak.. uenak dan awet empuk.. sayang, aku nguleni manual (kecuali pas masuk butter).. jadi berasa kurang kalis...
    robot KA masih di rumah ibu.. mau angkut2 kok abot... hehehe

    ReplyDelete
  9. ya..aku berasa plong.. dan produktif tuh minggu ini. karena beban berkurang jauh.
    kemarin sempat masak yang pete2 dan bikin apple turnover, bikin popover, bikin kuo tieh

    ReplyDelete
  10. patah hati?? :D ga mungkin ah....*sok yakin* hihihi
    heuh...aku males masaaaakkkkk...tp laperrr

    ReplyDelete
  11. sejak gak ada si itu? syukurlah... bisa kembali produktif lagi..

    ReplyDelete
  12. wah Ning, ini kesukaan aku. Kalo x'mas, disana dijual antara AUD 10 - 20. Di Hero ato Food hall bisa hampir 300 rb an. Yg aslinya enak bangeth, bisa empuk n halus gitu.
    Yg aku belajar di Sedap ini yah okelah, tp ngga seperti aslinya hahahah
    Jadi ngiler deh......eh di Bread Talk juga ada

    ReplyDelete
  13. mba Suzie, kagak tau aslinya.. jadi gak bisa bayangin.. hehehehe

    ReplyDelete
  14. nanti lagi klo bikin2 pas di PB, gue bbm yes.. :)

    ReplyDelete
  15. Nah di sini baru keliatan rotinya, di bb keliatan kaya muffin. Ning .... itu resep dapet dari Suzie yang belajar di Sedap, da aku ketik untuk KTM long time ago. Pernah beli di Ranch, buat aku rasanya gak seimbang ama harganya.

    ReplyDelete
  16. Nong bikin kue semprong itali na, ujung kuri kanannya diisi keju mascarpone, dll campuannya asoy banget dah. Ntn travel living

    ReplyDelete
  17. Tiap buka MP, tiap liat Mbak Ning bikin sesuatu.
    Bikin ngiler , hehehe....
    Ijin copas ya Mbak...
    hehee....

    ReplyDelete