Sunday, September 10, 2006

SAMOSA


Description:
Dulu sebelum tau nama yang bener, makanan ini aku sebut pastel kari. Karena kulitnya seperti kulit pastel tapi bentuknya segitiga, tapi isinya daging & sayur dengan rasa kari yang dominan. Untuk isinya, di sini aku banyakin sayuran (wortel dan kentang) karena lagi doyan banget ama sayuran. Bumbu kari bisa disubsitute ama garam masala kalau ada.

Ingredients:
Kulit:
250 gram terigu
2 sdm margarin, lelehkan
1 butir kuning telor
1/2 sdt garam
100 ml air

Isi:
150 gram daging cincang
2 buah kentang yang besar, kupas, parut kasar, seduh
1 buah wortel yang besar, kupas, parut kasar, seduh
1 buah bawang bombay, cincang
5 buah bawang putih, geprek, iris tipis
1 ruas jahe, iris tipis
cabe merah dan hijau (sesuai selera), iris tipis
2 sdt bumbu kari bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
garam, gula secukupnya
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Minyak untuk menggoreng

Directions:
Isi:
Tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay sampai harum.
Masukkan cabe, masak sampai layu.
Masukkan daging cincang, masak sampai air daging habis.
Masukkan sayuran dan bumbu-bumbu. Masak sampai kering. Angkat.

Kulit:
Masukkan terigu dalam baskom, buat lubang di tengahnya.
Kocok telor & garam sampai lepas.
Tuang telor gantian dengan margarin cair ke dalam terigu sambil diaduk.
Masukkan air, aduk sampai kalis dan bisa dibentuk.

Penyelesaian:
Tipiskan adonan kulit.
Bentuk segi empat ukuran 7*7 cm
Isi dengan 1 sdm bahan isi.
Bentuk segitiga, rekatkan sambungan dengan cairan tepung.
Goreng dalam minyak yang panasnya sedang.
Angkat.

30 comments:

  1. sedaaapppp......snack kedoyanan hubby nih Ning. cakep euy samosa nya

    ReplyDelete
  2. sama dong mbak... aku juga doyan banget.. apalagi klo isinya pedas! hhhhmmm :)

    ReplyDelete
  3. iiihhh bikin ngiler deh...aku suka makannya tp blom pernah bikin, abis selalu gagal wkt bikin kulitnya

    ReplyDelete
  4. gagal dimananya? ini kan gampang banget :)

    ReplyDelete
  5. Yum....ini favorit suamiku mbak..
    Cuman susah banget bikin kulitnya !!
    Kalo pake yg dah jadi enak ga sih ?

    ReplyDelete
  6. enak juga sih.. tapi menurut aku, jadinya kurang renyah. Tapi kalao mau praktisnya emang mending pakai kulit yang udah jadi :)

    ReplyDelete
  7. Mmmmmm.. ini favorit gw wkt lagi hamil kemaren, ngidamnya hampir selalu makanan india, untung baby yg keluar ga kyk org india hihihihihih...

    ReplyDelete
  8. huaaaa....sepertinya enak buat buka puasa nanti

    ReplyDelete
  9. Ning, kamu janjian sama Bara ngeluarin resep samosa ya??he he...Kemarin hari Sabtu di acara gula-gula juga dia bikin Samosa. Wah lha koq pas bener ya.

    ReplyDelete
  10. hehehe kebetulan punya stok garam masala ...dari mbak Indri ..:D

    ReplyDelete
  11. klo keluar india, siapa tau gedenya jadi sharuk khan hehehehe

    ReplyDelete
  12. iya bener... tapi mungkin cabenya dikurangi ya biar perutnya gak kaget setelah puasa sehari penuh :)

    ReplyDelete
  13. Bara yang ikut2an aku mbak... aku buatnya jumat sore :)

    ReplyDelete
  14. wah enak tuh Yan, gak perlu tambahan ketumbar lagi :)

    ReplyDelete
  15. nanti tak cobain ya .... enak nih ..:D

    ReplyDelete
  16. nanti tak cobain ya .... enak nih ..:D

    ReplyDelete
  17. samosaaaaaa..............jangan di tanya deh, aku paling doyan..pedes pedes gurih.
    thnx ya Ning tuk resepnya.

    ReplyDelete
  18. gak terlalu doyan ning. Awalnya exciting pertama makan, tapi gara2 waktu di dumai, snacknya samosa mulu, jadilah keblenger samosa, hiks.....:(

    ReplyDelete
  19. cantik nong hasilnya.. bagus.. lekker pastinya

    ReplyDelete
  20. diguntingin pinggirnya biar rapi 'la :)

    ReplyDelete
  21. salah ketikkkkkkkkkkkkk, Dubai....:D

    ReplyDelete
  22. makanya gue bingung... gue udah mblusuki Dumai seinget gue gak ada yang jual samosa :)

    ReplyDelete
  23. digunting??? busettttt.. mang canggih lu ye ! top !

    ReplyDelete
  24. Diajarin emak gue 'La.. gunting buat merapikan pinggiran kue..

    ReplyDelete
  25. berat gak nggiling/nipisin kulitnya? Aku gak punya gilingan yg diputer tangan itu... musti pake kayu...

    ReplyDelete
  26. gak berat.. gak kayak adonan roti yang liat gitu. Tapi emang klo pake gilingan kayu, hasilnya gak akan setipis klo pake gilingan mie.

    ReplyDelete
  27. ooo ini resepnya... kalau pake mentega lebih kayak kulit pastel ya ? kalau samosa disini kulitnya lebih kayak pangsit tapi lebih liat...
    kayaknya lebih enak kulitnya yang ini deh...renyah bres...gak kayak makan kaca...

    ReplyDelete