Tuesday, September 19, 2006

ROLLADE ala Mbak Esther


Description:
Dalam rangka cuci gudang (kulkas) menjelang cuti, aku keluarkan daging cincang, fillet ayam, wortel, kentang, dan tomat..daripada busuk sepulang cuti nanti, mending dimasak sekarang. Aku undang beberapa teman untuk makan malam bersama. Menunya adalah sup campur-campur, tumis ayam & kentang cabe ijo, dan rollade.

Di sini aku coba resep rollade-nya Mbak Esther, karena resep beliau unik punya.. pakai soup krim instant. Aku coba deh! Tapi karena jumlah bahan yang tersedia tidak memenuhi untuk bikin 1 resep, di sini aku buat banyak modifikasi. Tapi, teteuuuppp enaks! 2 thumbs up buat mbak Esther! Rolladenya emang endang bambang halimah...

(source resep: mbak Estherlita, modified by me)

Ingredients:
380 gram daging cincang
100 gram tepung roti
1 bungkus sup krim instant
100 cc putih telor
150 cc susu
merica, pala, garam
1 butir telor, dikocok lepas, buat 2 buah dadar yang besar

bahan saus gravy:
3 bawang putih, geprek, iris
1 bawang bombay, iris kecil-kecil
1 sdm terigu
400 ml air
2 sdm margarin
2 sdm kecap manis
2 sdm saos inggris
1 blok kaldu
lada, pala, garam, gula

Directions:
Membuat rollade:
Panaskan kukusan.
Aduk semua bahan kecuali telor dadar, jadi satu.
Potong 2 lembar alumunium foil, dengan ukuran yang lebih besar dari diameter telor dadar.
Bagi adonan jadi dua, letakkan masing2 bagian di atas alumunium foil. Ratakan adonan, dan beri selembar telor dadar diatas.
Gulung sambil dipadatkan.
Kukus, selama 30 menit. Angkat.
Potong-potong lebar 2 cm.

Membuat gravy:
Tumis kedua bawang dengan margarine sampai harum.
Masukkan terigu, aduk sampai rata.
Tuang air, masukkan bumbu-bumbu.
Masak sampai kental dan meletup-letup.

Hidangkan daging rollade dengan sausnya.

15 comments:

  1. emangnya cuti mo kemanah Mba ? pake acara nguras kulkas ?

    ReplyDelete
  2. Haaaaaaaaaaa .. pengen donk ... nyobain weekend ini ah .. keliatannya complicated gitu.

    ReplyDelete
  3. Andaikan aku deket-deket Mbak Nining selama mo cuti hehehehe..kenyang boooo

    ReplyDelete
  4. ke jakarta aja kok eda.. ho oh, biar kulkasnya bersih selama aku tinggal :)

    ReplyDelete
  5. ayo sini mendekat padaku keuekekekeke =))

    ReplyDelete
  6. he he he jadi juga ternyata.... emang enak nih bikin ginian lalu disimpan dalam freezer, sahur tinggal nganget

    ReplyDelete
  7. iya bener mbak, kan 1 adonan itu aku jadikan 2 gulungan. yang 1 dipotong2 buat makan malam sama2, yang 1 gulung lagi aku masukin freezer buat persediaan sahur nanti :)

    ReplyDelete
  8. Ning .. tanya donk ... sup krim istant itu kaya gimana? sorry ya .. lagi cuti digangguin.

    ReplyDelete
  9. permisi... nyontek lagi.... rombongan Adunk dan Zulkarnaini besok dateng, jadi klo sukses, mau ngasih makanan contekan ke mereka..hehehee... Taufan udah di sini...

    ReplyDelete
  10. silakan... dijamin mak nyuss rasanya... salam ya, buat adunk, zul & taufan...

    ReplyDelete
  11. asli..enak bener, Ning!!... tapi gue gak dapet sup krim instant yang bungkusan, disini adanya yang kalengan.... jadi gue ganti sama bubuk bumbu alfredo.... thanks ya Ning!!... udah siap nih 2 porsi utk keluarga zul dan keluarga adunk... plus sop ayam... kan enak tuh, lagi jetlag gak perlu mikirin nyiapin makan lagi..hehehehee.....

    ReplyDelete
  12. haiyaah... good idea ganti sup krim instant bubuk dengan sup krim kaleng + bubuk alfredo... kebayang rasa susunya pasti lebih strong... slllrrruuppp... gue jadi ngences...
    adunk & zul nanti bakal sering main ke rumah lu 'Na... hahaha
    Silvy (istri Zul) itu temen gue main badminton...

    ReplyDelete
  13. salam kenal mbak...makasi ya resepnya..jd pengen nyoba, drpd beli tp ga enak ;)

    ReplyDelete
  14. nyontek ya mbak.... kayanya enak tuch.... ehm... slurrpppp...

    ReplyDelete