Thursday, August 18, 2011

[Random Snippets Kitchen] Potato Pancake

Kuatir kari india yang saya submit kemarin tereliminasi karena fotonya kurang, saya bikin satu masakan lagi dari resep Vina untuk ikutan lomba masaknya Random Snippets.  Mengingat jam 8 malam baru sampai rumah, saya pilih bikin Potato Pancake.  Terlihat simpel, bahannya mudah, terus kabarnya enak.  Bikin ah...

Eh eh, sebenernya saya pengen bikin Pat Bing Su lho alias es kacang merah a la Korea.  Tapi kemarin saya ngubek Sogo Food Hall cari rice cake, dan belum berhasil menemukan rice cake.. adanya rice cracker.  Eh seru juga kali ya.. kriuk kriuk gitu.. hahaha Mungkin perlu ke Mu Gung Hwa buat cari rice cake ini, tapi males jg ke sana bayangin macetnya ke sana.. Tetap akan saya coba buat Pat Bing Su kapan-kapan, karena saya penggemar es kacang merah.

Ok, kembali ke potato pancake.  Di rumah masih ada kentang sekilo, bambang bombay juga ada.  Telor mah banyak, terigu apalagi... ya ealah, rumah emak pan jadi pabrik kue belakangan ini.. 

Sampai rumah, saya mandi dulu, baru deh mulai masak.  Gak pake lama, kupas kentang, parut, ublek-ublek sama bawang bombay, telor dan terigu.  Dadar, makan deh...

Bahkan Ibu saya yang gak terlalu suka kentang, bisa lahap cemilin potato pancake ini.

RESEP:

buah bawang bombay ukuran kecil, kupas

625 gram kentang (sekitar 4 buah ukuran medium), kupas

1 buah telur

28 gram (2 sdm) self-raising flour, saya pakai 2 sdm terigu plus seujung sendok baking powder

garam dan merica bubuk

minyak, untuk menggoreng

CARA MEMBUAT:

1. Parut bawang bombay ke dalam wadah kecil --> kalau saya bawang bombaynya dicincang

2. Parut kentang ke dalam wadah besar. Berhubung sibuk foto-foto, kentangnya jadi item.  Harusnya sebelum diparut, rendam air garam dulu.

3. Peras kentang kalau terdapat banyak air.  Saya lupa.. pas inget, udah tercampur telor!

3. Masukkan bawang bombay, tepung, garam, merica dan telur ke dalam parutan kentang. Aduk rata.

4. Gabrukkin sekitar 1/4 cup (kira-kira 1.5 sdm) adonan ke dalam wajan datar. Saya pakai wajan datar ukuran 20 cm, dan adonan dituang pakai sendok sayur.  Goreng sampai berwarna kecoklatan.  Angkat, sajikan selagi hangat

Karena menuang adonan pakai sendok sayur, potato pancake buatan saya ukurannya jumbo, dan cuma jadi 5 buah.  Enak dimakan gitu ada sebagai cemilan, bisa juga dijadikan lauk.  Kalau nanti bikin lagi, saya mau kasih campuran daging asap ah.. pasti enak! 

6 comments:

  1. mampir ya mbak, saya mo comot satu...

    salam

    ReplyDelete
  2. rasanya kaya perkedel kan? ku pake creamer bikin ini biar ada rasa pancakenya gitu.. itu potongannya gedegede pake sendok sayur.. ku pake sendok makan doang deh..

    ReplyDelete
  3. aku juga bikin ini mba :D enaaaakkk....aku kasih campuran keju...
    tapi warnanya ga cantik krn deep fry...
    masih ada sisa adonannya, ntar coba bikin dng minyak dikit aaahhh

    ReplyDelete
  4. Idenya selalu ada ajaaa ...
    *mo tiru-tiru juga, next time*

    ReplyDelete