Wednesday, August 17, 2011

[Random Snippets Kitchen] Cheesy Tofu Ball

Sejak Vina meluncurkan Random Snippets Challenge saya udah niat ikutan.  Selain karena tergiur hadiahnya yang keren, sejak lama saya jatuh cinta sama resep-resep Vina.  Resep-resepnya tuh simpel, bahannya gampang dicari (kecuali rice cake buat bikin Pat Bing Su.. huhuhu), foto-foto hasil jadinya selalu bikin saya berdecak kagum.  Buat saya, foto-fotonya itu keren!  Walaupun menurut Vina, amburadul.. hahaha *beda standard*

Bulan Juni-Agustus, saya kerja rodi banting tulang demi sekeranjang berlian.  Wiken saya pakai buat istirahat, jadi lupa deh sama tantangan ini.  Sampai selasa sore, saya lihat Vina posting foto dan link peserta yang udah masuk.  Uhuuui, untung belum terlambat!  Jadi libur tujuh belasan kemarin, saya dedikasikan buat ngerjain tantangan ini, sekaligus ketiga-nya. 

Pilihan resep yang pertama: Cheesy Tofu Ball.  Alasannya: saya suka tahu.  Saya doyan tahu dimasak cara apapun.  Mau yang masih bentuk tahu utuh, atau yang udah ancur selama masih berasa tahu, pasti doyan.

Demi mengerjakan tantangan ini, pagi-pagi saya ke pasar.  Beli tahu, ayam dan bahan-bahan lain buat resep-resep lainnya.  Untuk bikin makanan ini, biayanya kurang lebih 20 ribu rupiah aja buat 24 gelundung tahu.

Sampai rumah, saya siapkan bahan-bahan dan mulai deh proses masaknya.  Waktu adonan sudah tercampur, sempat saya ragu dengan teksturnya yang lembut dan rada basah.  Apa bisa dibulet-buletin?  Tapi saya terusin, dan bulatin tuh tahu ancur pakai plastik.  Hasil jadi setelah dipanir, bola-bola tahu itu bulat dan padat sempurna.  Karena makanan mau saya pakai buka puasa, saya simpan dulu dikulkas selama tiga jam, sebelum digoreng menjelang buka puasa.  Proses ini bikin tepung panir nempel dengan bagus dan rapi.

Soal rasa, enaaaak sekali!  Paduan tahu ayam dan keju menyatu dengan sempurna.  Pas banget dimakan selagi masih hangat, pakai cocolan sambel botol atau cabe rawit!  Saya doyan, sekali makan, abis tiga gelundung hahaha  Orang-orang di rumah juga semua suka.  Keliatannya, saya akan sering bikin makanan ini.

Satu resep jadi 24 gelundung.

BAHAN:

250 gram ayam cincang

1 buah tahu cina ukuran sedang, saya hancurkan dengan garpu

100 gram keju cheddar, parut

5 siung bawang putih, parut

1/2 sdt garam, saya gak pakai karena kejunya udah asin

1/4 sdt lada hitam bubuk

1 butir telur

saya tambahin 1/4 butir biji pala, parut.  Biji pala ini akan memperkuat rasa keju

Bahan Panir:

2 gelas tepung roti

2 butir telor, kocok lepas

CARA MEMBUAT:

1. Dalam mangkuk besar, masukkan tahu, keju, dan bawang putih.  Aduk sampai rata.

2. Masukkan daging ayam, telur, garam, merica, dan pala.  Saya langsung campur semua bahan jadi satu

3. Aduk seluruh bahan sampai rata

4. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat.  Saya pakai bantuan plastik, dibulatkan sambil dipadatkan, langsung masukin ke tepung panir, gulingkan.

5. Celup ke kocokan telur lalu gulingkan lagi di tepung panir.  Lakukan sampai seluruh adonan habis.  Simpan di kulkas minimal 30 menit, supaya tepung panir nempel lebih bagus, dan tahu gak pecah waktu digoreng

6.  Goreng di dalam minyak panas (api sedang) sampai berwarna kecoklatan.  Angkat, tiriskan.

7.  Enaknya dimakan selagi masih hangat

Terima kasih, Vina buat lombanya.  Variasi makanan berbahan dasar tahu kegemaran saya jadi bertambah. 

 

19 comments:

  1. wahhhh bikin ngeces juga niy
    mantapssss

    ReplyDelete
  2. patut di coba ni resep.... izin copass ya mba..

    ReplyDelete
  3. *tempting tingkat tinggi*
    hehehe...

    ReplyDelete
  4. ah iya...disimpen aja di kulkas dulu biar lebih "set" ya mb Ning *catet*
    btw, heran deh jagoan cake bikinnya tahu ...hihihi

    ReplyDelete
  5. waawww lumayan banget buat menu bukaan nih

    ReplyDelete
  6. ngebuletinnya pake bantuan plastik? ga ribet gitu..
    rapi oi bulet2nya..

    ReplyDelete
  7. kebayang dong bikinnya lagi puasa... rasanya pengen cepet2 tiba waktu berbuka hehehe

    ReplyDelete
  8. ah eluuu... apa sih bikinan gue yang gak bikin elu tergoda? wkwkwkwkw *kabuuuurrrr*

    ReplyDelete
  9. hush... jagoan cake juga doyan makan tahu.. hihihihi

    ReplyDelete
  10. bener banget mbak.. asin gurih, enakk...

    ReplyDelete
  11. kagak, enak malah tangan gak kotor buletannya rapi pula

    ReplyDelete
  12. hahahahaha.....
    buka aib aja lo ning :-)

    ReplyDelete
  13. aku nyontek resepnya ya mbak, kayaknya cocok buat bekel anak2, sehat pula :) tahu gitu lohhh....

    ReplyDelete
  14. Aw, thanks infonya, Chef Nining!
    Ehk, sumpe. Baru ngeh kalo pala bisa memperkuat rasa keju.
    hihi, untung kenal ama Chef Nining ...

    ReplyDelete
  15. silakan mba may.. beneran, sehat dan enak :)

    ReplyDelete
  16. eh iya..aku panggang, ternyata tetap enaaaaakkkkk
    jd memilih dipanggang aja dahh....daripada goreng2

    ReplyDelete
  17. Ming-Ming, iya ... yang ini enak. Kemaren sore aku coba buat kudapan berbuka. Terima kasih ya, Nining & Vina.

    ReplyDelete