Wednesday, August 17, 2011

[Random Snippets Kitchen] Banana Loaf with Cheese and Choco Chips Inside

Pilihan resep kedua untuk lomba masak nya Vina adalah: Banana Loaf with Cheese and Choco Chips Inside.

Alasan saya pilih resep ini, lagi-lagi karena penggunaan bahan dasar yang jadi favorit saya, yaitu: pisang.  Kalau ada yang setia mengunjungi resep-resep saya di MP, pasti akan sering menemukan resep berbahan dasar pisang.

Selain pisang, resep ini juga pakai keju dan choco chips.  Waaakss!  Kombinasi yang sempurna!  Cocok untuk dimakan saat buka puasa.

Semua bahan tersedia di rumah, kecuali bahan utama.  Jadi deh, pagi-pagi saya ke pasar.  Beli pisang ambon lumut satu sisir seharga lima ribu rupiah di tukang buah langganan.  Saya pilih pisang yang sudah kelewat matang, supaya gampang ngalusinnya.. hehehe

Sampai rumah, saya bikin cheesy tofu ball dulu, udah kelar tahu keju baru bikin kueh pisang ini.  Bikinnya cepet gak pakai lama. Jam tiga sore, aroma pisang yang harum menguar di dalam rumah. Huaaa, jadi pengen cepat tiba waktunya buka puasa.

Menjelang tiba waktu berbuka, irisan kue pisang coklat keju udah terhidang cantik di meja makan.  Slllrrruuppp....

BAHAN:

3 buah putih telor, saya pakai 2 telur utuh lagi males pisahin telor plus telor sisa paniran cheesy tofu ball

100 gram gula pasir, saya pakai 120 gram karena tambah 2 kuning telor

2 buah pisang ambong matang, saya pakai 3 -pisangnya kurus-kurus, ancurin pake garpu

75 gram mentega, lelehkan

200 gram self-raising flour, saya pakai 200 gram terigu serba guna + 1 sdt baking powder + 1 sdt soda kue

2 sdm susu bubuk

50 gram chocolate chips

75 gram keju cheddar, potong kotak-kotak kecil

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan oven 175 C.  Ayak jadi satu terigu, susu, baking powder dan soda kue.  Olesi loyang loaf ukuran 10*20*6 cm dengan mentega, alasi bagian bawahnya dengan kertas roti.

2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.  Resep aslinya bilang untuk menuang mentega cair di tahap ini, tapi saya malah masukin terigu dan pisang lumat.  Aduk sampai rata.

3. Masukkan mentega cair, aduk rata pastikan mentega gak ketinggalan di bagian bawah. 

4. Kalau Vina menuang adonan ke dalam loyang sampai seperempat bagian, baru ditaburi dengan chocolate chips dan keju, di sini saya masukin semua bahan taburan jadi satu dan aduk rata, baru dituang ke dalam loyang.

 

5. Panggang di dalam oven selama 25 - 30 menit.  Saya skip tahap nutup loyang dengan alumunium foil, karena lagi gak punya.

6. Tes tusuk dan pastikan gak ada adonan yang menempel di alat tusuk, itu tandanya udah matang.  Angkat dan dinginkan di dalam loyang.

7. Keluarkan dari loyang, potong sesuai selera.

This is it...  Banana Loaf with Cheese and Choco Chips Inside a la Ningnong

13 comments:

  1. wuaaa...... sumpahhh itu penampilan chocochip n keju nya menggoda....

    ReplyDelete
  2. punya vina ditaroh ditengah, punya nining dicampur semua ya.. iya itu pisang+keju emang kombinasi sempurna..

    ReplyDelete
  3. waaaa cake pisang, dah lama ga bikin

    ReplyDelete
  4. iyes, aku gabrukin semua bahan taburan jadi satu...aduk rata

    ReplyDelete
  5. ada. mau dikirim ke yogya? halah.. :)

    ReplyDelete
  6. semoga muncul jadi pemenang ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. Itu salah satu alasan aku sering banget ngintipin resepmu, Ning!
    Sama-sama doyan pisang.
    Dan resep-resep pisangmu selalu yummy markimi ...

    ReplyDelete
  8. asal mata gak jadi bintitan krn sering ngintip.. *garink*

    ReplyDelete