Wednesday, August 17, 2011

[Random Snippets Kitchen] Indian Vegetable Curry

Sebentar...istirahat dulu... ngeretekin leher dan tangan... lumayan juga dari tadi ngetik dan cari-cari foto.  Ini entry ke-tiga saya buat lomba masak Random Snippets.  Gila kali ya gue!  Semua dikerjain satu hari, semua diposting sekaligus... mabok!

Resep ketiga yang saya pilih dari koleksi resep Vina: Indian Vegetable Curry.  Alasan saya, bikinnya gampang, bahannya murah, bisa beli di tukang sayur gerobak yang tiap hari lewat depan rumah.  Tapi saya beli di pasar sekalian belanja bahan dua resep masakan yang saya coba sebelumnya.  Buat makan malam, ibu saya udah buatin lauk pepes ikan mas.  Jadi tinggal cari sayurannya deh. Cocok!  Belanja bahan sayuran ini cuma habis 15 ribu rupiah.

Pernah ada temen yang cerita, kalau dia gak doyan makanan India. Dia bilang, terlalu banyak rempah.  Hmmm, sepertinya temen saya harus coba kari sayuran ini.  Bahan dan bumbunya sederhana, tapi tetap rasa 'India'

Sebelnya, saya lupa ambil foto proses memasak.  Foto yang saya ambil cuma waktu persiapan bahan.  huhuhu siap-siap dieliminasi deh.. kecuali dewan juri beranggapan persiapan bahan merupakan bagian dari proses memasak...

BAHAN:

1/4 cup minyak sayur, saya tuang langsung dari botol dua gluk gluk (bunyinya: gluk gluk gitu)

2 buah bawang bombay, ukuran sedang, cincang kasar

4 buah bawah putih, cincang halus, saya pakai 5.. senengnya ganjil

3 sdm jahe, parut atau cincang halus

1-1/2 sdt ketumbar bubuk, saya pakai 1-1/2 sdt bumbu kari bubuk siap pakai

1 sdt kunyit bubuk, saya pakai sejempol kunyit segar, diuleg bareng jahe

1 sdt biji wijen, gak pake padahal punya

500 gram kentang, saya pakai 3 butir +/- 300 gram, potong dadu besar

1 buah kembang kol, potong sesuai kuntumnya

375 gram buncis, potong kasar. Saya pakai 250 gram

garam

1/4 cup seledri, cincang. 

Bahan tambahan dari saya:

1 buah wortel, potong sesuai selera

1/2 sdt garam masala, kebetulan masih punya

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan minyak dengan api sedang.

2. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai harum dan layu

3. Masukkan jahe + kunyit uleg, plus bumbu bubuk dan garam.  Masak sampai bumbu harum dan matang.

4. Saya gak pakai slow cooker, jadi di tahap ini saya masukin semua sayuran, aduk rata, dan masak sampai sayuran layu.

5. Tuang 1 gelas air, aduk-aduk rata, dan masak sampai sayuran empuk dan air menyusut.

6. Angkat dari api, taburi dengan sledri cincang, siap disajikan.

Enyak enyak.. pakai nasi anget plus kerupuk putih.  Cegluk...

9 comments:

  1. acar kuning maksudnya?
    penampakan mirip, tapi beda rasa...pan bumbunya beda..

    ReplyDelete
  2. ya ampun.... masih 7 jam lagi nihhhh ^_^

    ReplyDelete
  3. mb Ning, beli bumbu kari jadi merk apa ? *selama ini nguleg sendiri, pengen punya juga biar praktis*

    ReplyDelete
  4. aku pakai merk Boem-Boe.
    Banyak juga merk lain, bisa dipilih..

    ReplyDelete
  5. sabaaar... anggap aja godaan selama puasa.. hihihi

    ReplyDelete
  6. pake ricecooker bisa loh.. udah nyoba soale..

    ReplyDelete
  7. Ayo, sana cobain nyogok m'Evia.
    Kali aja dibolehin ... :p

    ReplyDelete
  8. okee.. nanti colek2 mba Evia.. aku bilang bisa kasih diskon ke Raja Ampat.. hihihihi

    ReplyDelete