Sunday, January 20, 2008

Kue Kaca Mata


Description:
Entah kenapa, saya doyaaaaan sekali makanan kecil yang terbuat dari singkong, juga pisang. Kue kaca mata ini paduan yang pas buat keduanya. Kue ini ngangenin, dan saya sanggup cuma makan kue ini seharian. Laper? doyan? rakus?

mmm, kemarin ibuku beli pisang tanduk dan singkong. Gak ada agenda lain, kecuali, kue kaca mataaaaaaaaaaaaa...!!

Resep asli dari Prima Rasa

Ingredients:
500 gram singkong, parut halus (kalau basah, peras)
100 gram gula pasir (saya pakai 80 gram saja)
150 gram kelapa parut (saya pakai 1/4 butir kelapa)
1/4 sdt garam
pewarna makanan sesuai selera
3 buah pisang tanduk, panjang 25 cm (saya pakai 2)
Daun pisang untuk membungkus

Taburan:
kelapa parut + garam, kukus

Directions:
- Panas kukusan.
- Aduk rata singkong, gula, kelapa parut, dan garam
- Beri pewarna sesuai selera.
- Bagi adonan jadi 3.
- Bentangkan daun pisang, ratakan satu bagian adonan di atasnya.
- Beri 1 buah pisang, gulung sambil dipadatkan.
- Sematkan kedua ujung daun pisang dengan tusuk gigi.
- Kukus selama 45-50 menit.
- Angkat, dinginkan.
- Potong-potong, dan taburi kelapa parut kalau akan dihidangkan.

52 comments:

  1. aduuuuuuuh enaknya, andaikata disini ada singkong...

    ReplyDelete
  2. niiiingg.......gw jadi pengeeeeennnnn.. !!!

    ReplyDelete
  3. wah..emang pernah liat nih resep di prima rasa....pas liatnya sebenernya udah ngiler melulu deh, but males buat prakteknya hehehe....gw juga doyan banget.....wah ..jadi ngiler lagi donk sekarnag...hiks

    ReplyDelete
  4. gak ada ya? yang kering jg gak ada?
    tunggu pulkam deh.. :D

    ReplyDelete
  5. bikin... ada singkong kan?
    pisangnya bisa pakai pisang raja jg kok

    ReplyDelete
  6. tooossss.... bikin dung biar gak ngiler lagi :))

    ReplyDelete
  7. walah...merahnya itu... merangsang buat dicomot...cantik banget warna merahnya Ning

    ReplyDelete
  8. suka bgt kue ini...
    tp asli aq baru tau klo namanya kue kaca mata..

    ReplyDelete
  9. waaa...jadi ingat pas SD ada praktek masak..aku & teman-teman bikin kue ini mbak...duhh ngiler euy...

    ReplyDelete
  10. waahhh aku suka sekali dengan kue ini.. cuman dari dulu gak tau namanya..

    ReplyDelete
  11. aku pake pewarna merk Azzeta mbak! menurut aku, dibanding merk lain..warna merahnya Azzeta paling cakep :)

    ReplyDelete
  12. dulu aku kira namanya kue mata roda hahaha

    ReplyDelete
  13. enak kaaaan! *gila, hebat euy.. anak SD udah bikin ginian!!*

    ReplyDelete
  14. hehehe prima rasa bilangnya kue kaca mata

    ReplyDelete
  15. wadooooh...ngilerin banget nih.....

    ReplyDelete
  16. bagiiiiiii.....demen deh ama kuwih tradisional ...cuman karena lagi malas..malas ...malas ... akhirnya yang ada ..bobo ..bobo..bobo ....

    ReplyDelete
  17. mba..klo warnanya aq pake gula merah..brarti aq bisa ngilangin gula pasirnya??
    perbandingannya sama??

    ReplyDelete
  18. oooo ini toh namanya kue kacamata hehehehehehhe unik namanya.... mesti dicoba nih... TFS

    ReplyDelete
  19. Aduh jadi pingin, tapi singkongnya dah rencana mo dibuat sawut, contek dulu deh ya Mbak. TFS

    ReplyDelete
  20. tegaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..... iiiih... dah lama kepengeeeeen... ga jadi2.. ga ada yang ngomporin hehehe..skarang di komporin mba ning..aku pasti bikin .. :)

    ReplyDelete
  21. ada....singkong mah banyak *alhamdulillah* :)
    pisang juga ada...hihihihi.......ijin ya kapan2 gw contek resepnya...tfs cinta...

    ReplyDelete
  22. ngiler....., aku suka dibawain sama temen kantor nih.

    ReplyDelete
  23. Itu harus pake singkong yo Ning? Nggak bisa pake kentang? Singkong mahal jé dan belinya juga harus ke toko Asia atau ke pasar kota. Ndesaku nggak ada singkong Ning....

    ReplyDelete
  24. mmmmm boleh juga idenya! pake kentang... monggo dicoba mbak.. nanti cerita ama aku gimana jadinya

    ReplyDelete
  25. bisa jg wid... pake gula merah, disisir halus... seperti bikin lemet/ketimus ya...
    klo soal takeran, sesuaikan dengan selera..

    ReplyDelete
  26. ada nama lainnya? aku taunya ya kue kaca mata

    ReplyDelete
  27. sip.. bikin ya fit! elo mah gampang dikomporin.. huahahaha

    ReplyDelete
  28. yoih.. sore-sore gitu ya Dhon? hehehe

    ReplyDelete
  29. nah! cocok kan... krucil pasti doyan mbak.. hehehe

    ReplyDelete
  30. mau dong kenalan ama temen kantornya.. hahaha

    ReplyDelete
  31. paketin dong buat yg lg ngidam kue kaca mata nih...!

    ReplyDelete
  32. jadi pengeeen *tapi gak pake pisang* heheh

    ReplyDelete
  33. waahh jadi pengen nyoba bikin, secara dah lama ga makan kue ini.

    ReplyDelete
  34. gue coba ah... di asia market kayaknya ada singkong yang udah di parut...

    ReplyDelete
  35. Ntar di post juga di MP-mu yah Na ....heheheheh ......biar aku makin ngiler aja...

    ReplyDelete
  36. ku suka kue yang satu ini juga Ning...

    ReplyDelete
  37. wakakakaka.. kirain apa.. ternyata kue itu lhoo...

    ReplyDelete
  38. seenng ngliat ningnong mangsak2 lagiii

    ReplyDelete
  39. oooohhh, baru tau ini namanya kue kacamata *manggut-manggut*... :D

    ReplyDelete
  40. ternyata gampang tuh bikinnya ya....jd pengen coba nih... copas ya say....

    ReplyDelete
  41. samma teh gue jugak suka, cuman pas yang gue bikin di blog saya kasih nama singkong kacamata he he..^_^e

    ReplyDelete