Thursday, January 10, 2008

Cerita Orderan Awal Tahun...

Temen-temen saya sudah banyak yang posting ttg orderan kue di awal taun 2008.  Sekarang, saya jg mau cerita nih...

Tapi bukan foto2nya... melainkan soal cerita kenaikan harga bahan.  Minggu lalu, saya sudah buat orderan dari kawan, masih dijual dengan harga lama.  Ini bisa terjadi karena saya masih punya stok bahan kue sisa Natal & Tahun Baru.

Minggu ini, ada pesanan kue yang masuk dari awal December 2007.  Buat Sean, anak mba Fifi  yang ulang tahun hari ini.  Mamanya pesan birthday cake, berupa double chocolate cake filling nya ganache dan dekorasi bertema laut.  Sekalian juga 40 cup cake, dikemas satu-satu.  Eh ndilalah ada temen kantor yang latah, ikutan pesan kue... 5 lapis surabaya.  Ok d kakak!  Saya terima anda sebagai langganan setia.  "Mmmm apes deh gue dikau sempat makan kue ultah mba Fifi kemarin!  Ketagihan deh sekarang...!!" hahaha

Rabu saya belanja, duuuh mau pingsan rasanya!  Kenaikan harga terigu & butter luar biasa... naik hampir 30% dari harga lama... sedang telur & gula masih stabil.  Saya gak tau harga telor kalo eceran, soalnya saya selalu beli telur di agen.

Bagian paling gak enak buat saya adalah ketika saya harus kasih tau harga baru kue-kue saya ke pemesan.  Harga bahan naik, harga jual juga harus naik dung...  Memang, dulu saya bikin kue untuk kerja bakti, dan ngisi waktu luang sekalian saya belajar... Tapi tadi malam saya hampir melewatkan film '24'... Oh no, it can't be!  Lagi rame nih, Jack Bauer jadi tersangka!

Langganan saya agak kaget waktu tadi saya kasih tau harga baru.  Saya tidak pakai alasan kenaikan harga bahan... saya cuma bilang,"iya kuenya mahal...soalnya yang bikin insinyur... S2 lagi"  hahahhaha

Udah ah, sekarang saya mau minum kupi dulu... sambil mengkhayal pijet & lulur nanti sore, dan baca ulang buku Confession of an Economic Hit Man 

25 comments:

  1. hmmm, karena daku bukan tukang kue jadi kurang mengerti soal harga - harga :(
    Gawat juga yah kalo bahan2nya naik terus....bisa2 ga bisa makan tiramisu enak dengan harga terjangkau :P

    ReplyDelete
  2. pengen double choc cake-nya lagiiiiiiiiiiiiii.. rasanya mantaf bgts soalnya. Ning, menurut gw klo harga dinaikkin juga gpp kok. pelanggan setia bakalan terus pesen, soalnya rasanya endang bangets.

    *ngebayangin cake-nya Nining yg enak itu..drooling abis*

    ReplyDelete
  3. telur masih segitu2nya Ning.
    emang nih.... sebel banget...padahal belum lama naikin harga.

    ReplyDelete
  4. kemaren aku juga liat berita tuh,,,,harga terigu yg 3500 naik sampe 7000...dampak parahnya kena ke yg bikin roti n kue...si pemilik tokonya ga naikkan harga ke customer sih n ga PHK karyawannya juga cuma produksi ditingkatin n kurangin laba nya...kasian yahh...padahal roti juga termasuk makanan yg dikonsumsi tiap hari...

    ReplyDelete
  5. serem yah naek nya harga2 bahan ... paling pusing ngitung modal deh

    ReplyDelete
  6. o o...dah lama ga baking tp kl terigu sih selalu beli utk bikin gorengan, harganya memang dah 1 bulan ini di hero/giant di atas 10rb.
    Kalo di tiptop kmrn msh dpt 8rb-an.....

    ReplyDelete
  7. Bener Ning, kemaren belanja bulanan juga rada kaget (maklum ibu2) beli butter rada2 bengong, banyak bangets naeknya (30%) gak kebayang deh kalo jualan jeng,asli puyeng pastinya ;o(

    ReplyDelete
  8. emang sekarang lagi naik yah bahan2..hehehe....sama donk ntar gw juga mau spa..kekekek...ngilangin pegel2...

    ReplyDelete
  9. wuuuaduuuh.. klo gitu ntar aku mesen sama yang bukan sarjana lebih murah donk say hihihihihi...

    ReplyDelete
  10. Aku masih shock dengan kenaikan harga, secara konsumenku ini sensitif banget... maklum kalangan menengah aja...

    Lah, kowe ngko sore luluran, aku malah ke dokter gigi... hiks...

    ReplyDelete
  11. Heheheh... iya nih.... daku juga bingung waktu mau kasih tahu harga baru buat para pelanggan... ada yang bisa terima dengan baik tapi ada juga yang ngotot pake harga lama dan rela ukuran diperkecil....

    ReplyDelete
  12. iya gilee bener deh kenaikannya.... *sambilngitungulanghargajualsemuaproduknih* :(

    ReplyDelete
  13. emang telur di agen sana berapa ning?
    Kalau di sini 9500an nih.

    ReplyDelete
  14. S2 tukang kue merangkap tukang photo keliling juga :-) Ning akhirnya aku beli camera di Jkt jauh lebih murah.

    ReplyDelete
  15. anehnya..... kok ya inflasi di indonesia cuma 6%.... angka darimana ya?????ihiks....

    ReplyDelete
  16. Ning, gue juga bakalan pesen double CC buatanmu ahhhhh
    secara Mindoel yg gila coklat bilang enak, pastinya sih enaaakkkkkkk
    *penasaran*

    eh eh, kalo yg beli mahasiswa ada diskon gak, hehehehee

    ReplyDelete
  17. yg di Jakarta pada panik harga naik. inget² diriku disini yaaa kalo liat tepung, telur, gula, susu, daging, ayam. soalnya di Venezuela, harga naik dan barang langka semua. sedih bener ga seh? *numpang curhat ya Ning*

    ReplyDelete
  18. Apa kabar ning? kemaren telf ibuku juga ngeluh dijakarta pada gila kenaikan harga...heran deh....

    ReplyDelete
  19. iya ya.. kata mama-ku di Bandung juga harga kue2 udh naik tuuh...

    ReplyDelete
  20. OOT nih...buku Confession of an Economic Hit Man-nya dapat dimana tuh Ning? Aku nyari-nyari di Konikuniya udah ngga ada.
    Repot ya Ning kalo harga semua pada melonjak. Bentar lagi harga tempe tahu juga ikutan naik tuh, harga kedelainya juga naik. Aku rasa pembeli juga tahu koq Ning. Atau ukurannya dikurangi aja, jadi rasa tetap sama ukurannya yang mengecil.

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah, harga spare part sepeda belum melonjak :-D

    ReplyDelete
  22. aku beli di Amazon mbak, udah lama banget, taon 2006 klo gak salah...
    ini aku lagi baca ulang... *gak ada kerjaan* :))

    ReplyDelete