Tuesday, April 11, 2006

CHIFFON KETAN ITEM


Description:
Mmmm...sesuai namanya, kue ini lembuuutt.. yang istimewa lagi tepungnya, tepung ketan item. Aku beli jadi di Titan. Kalau temenku malah giling sendiri.. hehehe aku ngga serajin itu deh... Oiya, aku pake loyang loaf, karena loyang chiffonnya lagi benjol2 abis kecelakaan... (source resep: Kueh Ruri, tapi gulanya aku kurangi dikiitt)..

Ingredients:
Bahan A:
5 putih telur
140 gr gula
1/4 sdt garam

Bahan B:
5 kuning telur
100 ml santan kental (aku pake Kara)
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item, diayak

Directions:
* Masukkan tepung ketan item dalam satu wadah, buat lubang tengahnya.
* Masukkan kuning telur, santan, minyak. Aduk rata sampai kental.
* Kocok bahan A dalam tempat terpisah sampai putih kental.
* Masukkan bahan A ke campuran bahan B. Aduk rata dengan spatula.
* Tuang ke dalam loyang, yang tidak dioles mentega.
* Panggang dalam oven panas sedang (180 deg C), +/- 45 menit.
* Angkat, langsung balik loyangnya.
* Keluarkan kue dari loyang kalau kue udah dingin.

11 comments:

  1. hmhmhmmh....looks so yummy...kapan2 ikutan bikin pake resep ini boleh??
    thanks for sharing...

    ReplyDelete
  2. yummy banget mbak... rasanya unik!
    Ini resepnya aku dapet dari: http://kuehruri.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Ini nih kue yg bikin gue penasarannnnn. Ning, kalo ketan item nya enggak di giling bisa enggak? hahahaha maksa banget ya gue!

    ReplyDelete
  4. Ratna, aku ngewakilin Nining nih, boleh2 aja gak digiling, yg penting aku dikirimin ya..hi..hi..

    ReplyDelete
  5. 'anak'ku banyak mbak... pada ribut klo ngga dibikinin makanan hehehehe

    ReplyDelete
  6. Mbak Ning ....my next project nih ...setelah gagal pas percobaan pertama....chiffon ketan item .... selalu bikin penasaran ..:D

    ReplyDelete
  7. ayoo coba lagi! tetap semangat ya.. aku jg gagal @ 1st attempt, tp yg berikutnya sukses. Kayaknya, rahasianya tetap ada di cara pengocokan putih telur... Good luck ya :P

    ReplyDelete
  8. mbak, biar ngga bantet gimana caranya...kemaren nyoba bikin bantet bow( oya, bikinnya pake baking pan, bukan oven...:)

    ReplyDelete