Tuesday, April 25, 2006

BOLU TIWUL


Description:
ini sejenis apem, tp tanpa fermentasi & cuma pakai terigu. Rasanya ngingetin aku ama tiwul, jadi dikasih nama bolu tiwul.. hehehe maksa deh!

Ingredients:
4 telur
250 gr gula palem
60 gr gula pasir
300 gr terigu
200 ml santan kental (aku pake KARA)
1/2 sdt garam

1/4 butir kelapa, parut, kukus, kasih garam sedikit

Directions:
- Kocok telur + gula sampai naik
- Masukkan tepung + garam gantian ama santan, aduk rata
- Tuang ke dalam cetakan
- Kukus dalam dandang yang udah dipanaskan, selama 30 menit
- Angkat, hidangkan dengan kelapa parut

21 comments:

  1. Ehm...aku suka juga dengan bolu satu ini duh namanya yang bener apaan yach? Klo di Jawa saat kawinan di kampung sering ada nih bolu satu ini...

    ReplyDelete
  2. Ah iya Ning, kalau ke bandung ada saudara yang suka bikinin aku bolu ini tapi dicetak pake loyang tulban.

    Lalu dia kasih gula merah ditengahnya....gula merah yang untuk bolunya kayaknya dicampur ama gula putih jadi bolunya lebih putih....enak banget jadi Inget teh Niknik deh....
    Cuman bolu2 yang dikukus ini kok selalu mudah bulukan ya ?

    ReplyDelete
  3. aku kasih nama sendiri bolu tiwul... klo temenku ada yang bilang apem kukus :P

    ReplyDelete
  4. gara2 uap airnya kali ya mbak... oiya, kemarin itu aku lagi rajin jadinya sempat bikin pake takir kecil2 dari daun pisang.. biasanya sih pake loyan tulban juga :D

    ReplyDelete
  5. Aduh ini enakkk ... coba ah di rumah .. thanks ya Nining ..... :)

    ReplyDelete
  6. Ya...itu dia!! Apem Kukus! Uenakkk tenannnnnn!

    ReplyDelete
  7. Makannya emang pake kelapa gitu ya Ning, legit kelihatannya.

    ReplyDelete
  8. iya Ndri, enak lho...aku pernah bikin tapi pake tulban aja...ntar tak lemparin kalau aku bikin lagi....mudah2an nyampe.....he he he

    ReplyDelete
  9. Gue lupa2 inget ma kue ini....pengen nyobain euy.

    ReplyDelete
  10. mirip kue kopi-kopi di manado nih, Ning...

    ReplyDelete
  11. punya resepnya ndak? share dong.. :)

    ReplyDelete
  12. waahh....ga punya. tapi i janji deh, bakal nyariin buat dikau. tapi, yang sabar yah...

    ReplyDelete
  13. boleh boleh... dikirim kemana mbak? ;p

    ReplyDelete
  14. mmm...kalo ngga salah ini dikenal juga dengan nama Tiwul Ayu yah Mbak ? hihihi ..... aku sering buat jaman misih SMP dulu ....buat suguhan temen2 kalo ke rumah..cuman tak pakein loyang ajah ....enak palagi dimaem misih anget2 ..jadi kepingin ...nyontek yaaa ...;))

    ReplyDelete
  15. sok atuh... nanti klo udah jadi bilang2 ya.. jangan lupa difoto :))

    ReplyDelete
  16. Namanya bolu tiwul, tapi kenapa bahan dasarnya tepung terigu? Bisa atau tidak jika tepungnya diganti tepung gaplek/tiwul? Soalnya sewaktu masa KKN (kuliah kerja nyata) th 1997 saya pernah buat tiwul ayu dgn bhn dasar tepung tiwul, tapi saya sendiri sekarang lupa dengan resepnya.

    ReplyDelete
  17. kan saya udah bilang, karena rasanya mengingatkan saya dengan rasa tiwul :p bukan krn bahannya dr tiwul... suka2 yang kasih nama, kaleeee....

    ReplyDelete
  18. Mba Ning...ini yach resep kue talam yg aku tanyain itu...hehehe. Namanya Bolu Tiwul tho??? hahaha...asiikk....Thanks yach mba. Rasanya udah dijamin dech, pasti uenak..nak...nak...:)

    ReplyDelete
  19. ooh ini maksudnya.. ini mah bukan kue talam :))

    ReplyDelete
  20. iya mba... maksudku yg ini. Karna waktu itu buatnya pakai talam...aku lupa namanya. :)) jadi malu.

    ReplyDelete