Monday, March 28, 2011

2011R #08: Ontbijtkoek

Description:
Wikipedia: Ontbijtkoek (literally transalated: breakfast cake) is a Dutch spiced cake. Rye is its most important ingredient, coloring the cake a light brown. It is often spiced with cloves, cinnamon, ginger, succade and nutmeg. Several parts of The Netherlands have their own local recipe, of which the most famous is "Oudewijvenkoek" (old hags' cake) which is mostly eaten in the northern regions, and is flavored with aniseed. Ontbijtkoek is originally served at breakfast with a thick layer of butter on top, as a replacement for bread. However due to its sweet taste it is also served as a snack.

Kue ini adalah salah satu kue pertama yang saya buat sendiri, dahulu kala jaman saya masih pakai rok merah dan rambut kuncir dua. Karena saya penggemar segala kue yang berempah, maka saya suka sekali dengan Ontbijtkoek. Ujian tata boga SMP pun, saya bikin Ontbijtkoek :)

Dan sekarang, saya bikin kue ini untuk uji coba oven baru, sekaligus untuk memenuhi target membuat 40 hidangan di 2011.

Gak ada tips khusus dalam pembuatan kue ini. Ikutin aja step-by-stepnya. Pasti jadi deh... Oiya, saat cake ini matang dan keluar dari oven, usahakan tidak dalam keadaan lapar. Kenapa? karena wangi kue ini akan sangat menggoda, dan emang enak banget makan kueyg masih anget.

Oiya, satu lagi... selain pakai oven perdana, saya bikin kue ini dengan hand mixer. Setelah sekian lama dimanjakan oleh Kitchen Aid stand mixer saya, kemarin itu saya cukup gempor mengocok adonan sampai mengembang pakai hand mixer.

source: SEDAP - Kue-kue Layak Jual

Ingredients:
5 butir telor
100 gram gula pasir
25 gram gula palem
125 gram tepung terigu
50 gram margarin, lelehkan
1 sdt bumbu spekoek
1 sdt kayumanis bubuk

50 gram kenari, iris tipis untuk taburan

Ontbijtkoek

Directions:
- Panaskan oven 170 derajat C
- Kocok telor dan gula sampai naik dan kental
- Masukkan campuran tepung, bumbu spekoek, dan kayumanis bubuk ke dalam kocokan telur, aduk rata
- Masukkan margarin cair, aduk rata
- Tuang ke dalam loyang ukuran 22 cm yang telah dioles mentega (kemarin saya pakai mini loaf ukuran 4*8 cm, jadi 12 buah)
- Taburi kenari cincang, panggang sampai matang kurang lebih 30 menit.

14 comments:

  1. 40 hidangan? wahh....termasuk resep2 baru gitu mbak?

    ReplyDelete
  2. termasuk resep baru...yang belum pernah kucoba hehehe

    ReplyDelete
  3. lhaaaa kan tinggal cari2 resep di internet atau buku... bikin deh :)

    ReplyDelete
  4. Mba Ine, puas klo buat baking iseng. Kalau ada orderan banyak, tetap nebeng oven ibu :)

    ReplyDelete
  5. nyontek mba ning suka banget sm spices cake

    ReplyDelete
  6. bumbu spekoek itu apa gimana kalau di luar ga ada?

    ReplyDelete
  7. hehehe toossss... nanti kapan2 mau bikin speculaas.. ada yg kasih cetakannya :)

    ReplyDelete
  8. bumbu spekoek itu campuran dari cengkeh, kapulaga, pala, kayu manis dan vanili..

    ReplyDelete
  9. mini loaf ??? lucuuunya...
    ada fotonya ?

    ReplyDelete
  10. gak ada, nanti difotoin.. kamu kan dapet icipan.. enak gak? hehehe

    ReplyDelete