Monday, March 28, 2011

2011R #07: Kimlo Istimewa

Description:
Ayo masak-masak lagi, untuk memenuhi target bikin 40 hidangan di 2011.
Kali ini saya bikin Kimlo, makanan berkuah favorit saya.

Kimlo, siapa sih yang gak kenal? Menurut referensi yang pernah saya baca, makanan ini merupakan makanan china peranakan. Komplit isinya, ada sayur, karbo, juga protein. Saya bisa lho, sehari makan sop kimplo saja tanpa makan nasi dan lauk-pauknya :)

Source: Primarasa edisi Hidangan Nostalgia

Saya modifikasi sedikit, kulit dan kepala udang saya rebus dan kaldunya saya pakai untuk kuah sup. Yummm!

Ingredients:
15 gram kembang tahu kering
15 helai bunga sedap malam
3 potong jamur kuping
75 gram bawang bombay --> saya pakai satu uk. sedang
2 batang daun bawang
2 batang seledri
2 buah wortel
100 gram daging ayam rebus --> saya pakai 2 paha bawah, rebus
2 sdm minyak goreng, untuk menumis
3 siung bawang putih, cincang --> saya pakai 5
100 gram udang, kupas --> kulit dan kepalanya saya rebus, kaldunya disimpan
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1.500 ml kaldu ayam (saya campur dengan kaldu udang)
50 gram kapri, siangi ujung ujungnya
8 butir bakso udang, belah belah (saya pakai bakso sapi)
15 gram suun, rendam di air hingga lunak, potong potong 10 cm

saya tambah 1/2 ruas jahe, geprek

Kimlo Istimewa

Directions:
- Rendam kembang tahu, bunga sedap malam, dan jamur kuping dengan air hangat secara terpisah, hingga lunak, tiriskan.
- Potong kembang tahu ukuran 3 cm, buang putik bunga sedap malam, lalu ikat simpul, iris iris jamur kuping 1 cm, sisihkan.
- Iris melintang bawang bombay tebal 1/2 cm. Potong daun bawang panjang 2 cm. Simpulkan seledri.
- Buat 4 -5 buah alur memanjang pada wortel dengan jarak 1/2 cm, lalu iris melintang tebal 1/2 cm agar berbentuk bunga. Sisihkan
- Panaskan minyak goreng dalam panci, tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
- Masukkan kembang tahu, bunga sedap malam, dan jamur kuping, aduk rata.
- Tambahkan bawang bombay, daun bawang dan seledri, aduk hingga layu
- Masukkan wortel, daging ayam, udang, garam dan merica. Tuangi kaldu hingga semua bahan terendam. Tutup panci, didihkan.
- Buka tutup panci, masukkan kapri dan bakso. masak sampai kapri dan bakso matang.
- Masukkan suun, didihkan kembali, angkat. Hidangkan selagi hangat.

13 comments:

  1. banyak printilannya ya.....abis hy berdua di rumah
    makan juga hy siang ajah....

    ReplyDelete
  2. mba..aku kalo bikin kimlo kenapa Jadi pahit yah sedep malemnya..padahal dah direndem

    ReplyDelete
  3. biar bnyk printilan, tp ini soup yg plg kusuka... sepanci 2 liter bisa abis sendiri.. hahaha *rakus*

    ReplyDelete
  4. kenapa yah? direndam bbrp kali coba deh... dibilas, terus rendam lagi..

    ReplyDelete
  5. cuma direndam sekali siih.. Tapi gak perlu direnus kan yaah?

    ReplyDelete
  6. gak perlu direbus, pakai air panas aja :)

    ReplyDelete
  7. mau mbak........pesen bisa kan???

    ReplyDelete
  8. wkwkwk bikin sendiri aja.. gampang.com

    ReplyDelete
  9. dian, iya nih.. enak banget.. my favorit soup...

    ReplyDelete
  10. Belom pernah bikin ini, tapi suka makannya :D

    ReplyDelete