Thursday, February 28, 2008

MFM #12: TELOR ACAR KUNING


Description:
Hehehe lagi-lagi mefeeeet waktunya... MFM #12 kali ini bertema: Eggs, di host oleh Mbak Yeni. Telor memang fleksibel untuk diolah jadi beragam makanan. Pengennya sih, saya bikin lapis legit... Tapi apa daya, tadi malam saya terkapar di rumah, menggigil akibat 3 hari belakangan pulang malam dan suhu di kantor yang dinginnya minta ampuuun... Doooh, kalo gini lama-lama saya bisa paru-paru basah... lho, curhat colongan! :))
Anyway, inilah persembahan saya di detik-detik terakhir pengumpulan MFM #12, Telor Acar Kuning yang enak dan gampang bikinnya.

Telor acar kuning

Ingredients:
4 butir telor ayam, direbus
1 buah timun, buang isinya, potong-potong korek api
10 siung bawang merah kecil utuh
10 cabai rawit merah utuh
2 cabai hijau besar, potong-potong 2 cm
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
2 sdm cuka
Gula pasir
Garam
4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 buah tomat merah
1 cm jahe
2 cm kunyit
½ sdt merica
½ sdt ketumbar

Directions:
• Tumis bumbu halus, daun salam, dan sereh sampai matang dan harum
• Beri cuka, gula, dan garam sesuai selera
• Masukkan telor rebus, timun, bawang merah utuh, cabai rawit merah, dan cabai hijau iris, masak sampai sayuran agak layu dan bumbu meresap.
• Angkat, hidangkan.

29 comments:

  1. Pas banget nih liat ini pas jam lunch di sini, Mbak Nining....jadi laper heheheh

    ReplyDelete
  2. aku sering bikin acar kuning tapi belum pernah campur telur, TFS ya ning, bisa jadi alternatif menu rumahan aku.

    ReplyDelete
  3. Sedap nih say,jadi lapar aku liatnya..padahal barusan makan,hehhhee..

    ReplyDelete
  4. makasih ya partisipasinya,salam hangat dari saya,yeni.

    ReplyDelete
  5. syedaaaaaaaaaaap... eeeeh.. akhir nya kelar juga kan PR nya hehehehe...

    ReplyDelete
  6. ide bagus nih....acar kuning pake telur kalo ngak ada ikan

    ReplyDelete
  7. ini pasti enak deh dimakan ama nasi uduk... hm.. selalu jadi laperrrrrrrrrrrrrrrr deh kalo abis liat postingannya mbak Ning ;-)

    ReplyDelete
  8. wah..patut dicoba ini...biasanya Ibuku masak begini pake ikan...

    ReplyDelete
  9. ini mah wajib dicoba nih, secara si Tukang Dongeng pencinta acar :))

    btw, emang gak pake jaket Ning kalo dikantor?

    ReplyDelete
  10. Ning bisa dikirim sepiring ke sini?

    Oh ya Ning, aku juga heran, kenapa sih kantor-kantor di Indonesia banyak yang duinginnya setengah mati? Kayak di bank misalnya. Heran bener aku. Bule kenalanku sampai kadang bingung kenapa AC di kantor-kantor Indonesia dibuat sedingin itu. Padahal itu kan bukan dingin natural, tapi karena mesin. Beda dengan dingin di sini yang memang natural dari suhu udara yang betul-betul drop. Leo sendiri malah nggak kuat dinginnya AC, langsung sakit dia. Tapi kalau dinginnya natural mau 15 derajat dibawah 0, dia tahan dan nggak sakit.

    ReplyDelete
  11. Ning...
    nanti kapan2 gw kopi yah resepnya...
    minum jamu tolak angin dong!! (iklannya masih bgitu nggak???)

    ReplyDelete
  12. Mantap banget Ning.... jadi ngiler...

    ReplyDelete
  13. gimana gk sakit yah, di jkt kan panas banget diluar segitu masuk kantor or mobil langsung dingin. perubahan yg dasyat gitu bikin sakit. thn lalu gw pulang sering KO yah krn urusan gini deh. moga cepet sembuh.

    btw, permisi mau copy ini resep.

    ReplyDelete
  14. aduh, enak ini acar kuning...kedoyananku :D

    ReplyDelete
  15. nyam..nyam.., jadi netes.. sruuupp
    cepat sembuh yah Ning

    ReplyDelete
  16. dadi pengen gawe acar kuning niii.... mumpung punya buncis muda-muda...

    ReplyDelete
  17. wah enak ini, dulu ibu saya suka bikin :) tfs mbak....

    ReplyDelete
  18. ehm....*sambil ngelus elus perut yang belum keisi pagi ini*

    ReplyDelete