Tuesday, June 20, 2006

TALAM UBI


Description:
Variasi lain dari kue talam. Yang ini terbuat dari campuran ubi merah rebus yang ditumbuk, dengan santan, tepung beras, dan gula. Ubinya harus manis banget, kalo kurang manis gulanya kudu ditambah..

Source: Aneka Kue Tradisional (SEDAP Sekejap) ~ aku modify dikiittt...

Ingredients:
Bahan A:
200 gram ubi merah kukus, haluskan
70 gram tepung kanji
30 gram tepung beras
170 ml santan
100 gram gula pasir (aku pakainya 80 gram ajah)
1/2 sdt garam

Bahan B:
25 gram tepung kanji
2 sdm tepung beras
25 ml air hangat
150 ml santan
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam

Kismis atau potongan pandan untuk hiasan.

Directions:
- Aduk semua bahan A jadi satu sampai rata. Saring.
- Aduk bahan B jadi satu.
- Panaskan kukusan, olesi cetakan kue talam dengan minyak goreng.
- Tuang 2 sdm adonan A. Kukus 10 menit.
- Tuang 2 sdm adonan B di atas adonan A. Kukus lagi 5 menit.
- Kasih kismis/pandan untuk hiasan (sesuai selera). Kukus 10 menit
- Angkat, dinginkan sebentar.
- Keluarkan dari cetakan.

8 comments:

  1. enak nih, ubi banyak disini...
    pake cetakan apa nih?

    ReplyDelete
  2. iya mbak.. legit banget... apalagi aku kan senengnya ama makanan yang ndeso gini..
    aku pakai cetakan andalanku, cetakan kue mangkok.. :)

    ReplyDelete
  3. gak usah cetakan melamine juga bisa ya ? soale aku lihat temanku cetakannya melamine gitu...kecil2 kayak gelasnya air zam2... ternyata yang background kamu itu ya dari kaleng eh dari alumunium...

    aku nyontek resep talam ubi ama ebimu ya ? boleh copy resepnya buat blog saya ?

    ReplyDelete
  4. iya tante, punya dari alumunium.. murah meriah, selusin 9 rebu.. sok atuh nyontek resep talamnya... bagi2 yah klo talamnya udah jadi :)

    ReplyDelete
  5. aih...ningnong tau aja kue kesukaanku :D

    ReplyDelete
  6. wuah enak nih di variasi pake kismis lagi :D hehehehehe

    ReplyDelete
  7. tapi rasanya malah aneh, Len... menurut aku ngga jodoh ubi ama kismis.. :)

    ReplyDelete