Thursday, January 3, 2013

Kue Apem Jawa

Description:
Makanan pertama yang saya buat di tahun 2013. Awalnya, karena saya lihat tapai singkong yang sudah empuk dan matang di dalam kulkas. Buka lemari dapur, ada tepung beras dan ragi instan.

Biasanya sih, kue apem tradisional cuma pakai tapai untuk bahan pengembang. Tapi di sini saya modifikasi dengan tambahan ragi instan. Hasilnya jadi lebih berpori dan pasti mengembang :)

Ini resep pribadi dari ibu saya. Awalnya gak pernah pakai ukuran, atau kira-kira aja... klo kata ibu. Jadi yaa, saya coba untuk ukur dan timbang, dan bisa dicoba sama temen-temen semua.

Toppingnya lebih enak kalau pakai nangka... wangi! Tapi bisa pakai apa yang ada kok... meises, keju, kismis... selera deh!


Kue Apem

Ingredients:
500 ml santan + 250 ml susu cair, rebus tidak perlu sampai mendidih
300 gram gula pasir
4 butir telor
250 gram tapai singkong yang empuk dan manis, haluskan

Campur jadi satu:
400 gram tepung beras
100 gram terigu
1.5 sdt ragi instant
1/2 sdt garam
Aneka topping

Directions:
  • Kocok telur dengan gula sampai gula larut
  • Masukkan tapai singkong, aduk rata
  • Masukkan campuran tepung, bergantian dengan santan/susu hangat
  • Aduk/kepyok sampai rata dan tidak bergumpal
  • Diamkan satu jam
  • Panaskan cetakan kue apem
  • Oles dengan minyak goreng
  • Tuang adonan kira2 3/4 isi lubang cetakan
  • Tutup dan masak sampai pinggiran kering dan adonan berpori.
  • Beri toping, tutup lagi, dan masak sampai matang.

No comments:

Post a Comment