Sunday, February 13, 2011

2011R #03: Goulash

Description:
Hola! Datang lagi dengan tantangan 2011 saya. Masakan/makanan yang belum pernah saya buat seumur hidup saya...

Goulash adalah masakan yang berasal dari Eropa (tepatnya Hungaria kata oom Wiki). Penampakan masakan ini, mirip stew (berkuah sedikit, rada cemek-cemek) atau ada juga yang seperti soup. Bahan utamanya daging, bawang, sayuran seperti wortel atau kentang, plus bumbu utama paprika powder.

Dulu waktu alm. Bapak masih ada, beliau sering buat goulash buat makan siang hari minggu. Dan sekarang, adalah kali pertama kami makan goulash lagi setelah lima tahun (bapak meninggal February 2006).

Saya rada melo waktu masak ini sendirian di dapur saya.. Sedih juga kenapa saya dulu gak pernah perhatiin, bumbu2 apa persisnya yang bapak pakai.

Sewaktu ibu sampai ke rumah saya hari Sabtu, lauk makan siang berupa goulash sudah menanti. Kata ibu, rasanya sudah mirip buatan bapak... Alhamdulillah...

Source: Primarasa: Aneka Hidangan Akhir Minggu


#03: Goulash

Ingredients:
500 gram daging has, potong dadu 3 cm (saya pakai prime goulash - siap pakai, sudah dipotong potong)
200 gram kentang, kupas, potong dadu 3 cm
200 gram wortel, kupas, potong dadu 3 cm
150 gram tomat kaleng (saya pakai tomat segar 5 buah, seduh, kupas kulitnya, potong dadu)
750 ml kaldu daging
2 butir bawang putih, geprek, cincang
1 buah bawang bombay, belah dua, iris tipis
1 sdm paprika powder
1 sdt marjoram (saya pakai oregano, masih satu keluarga)
1/2 sdt lada bubuk (saya pakai lada hitam, tumbuk kasar)
2 sdm minyak zaitun
1 1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir (tambahan dari saya)

Directions:
- Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih sampai harum
- Masukkan bawang bombay, tumis sampai layu
- Masukkan paprika bubuk & marjoram, tumis sampai harum
- Masukkan daging, tumis sampai daging kaku dan berubah warna
- Tuang kaldu, masak sampai mendidih, kecilkan api
- Masukkan tomat cincang, masak sampai daging empuk dan kuah mengental *kalau pakai tomat kaleng, masukan bersama dengan sayuran*
- Kalau air mengering, dan daging masih keras, tambahkan air panas
- Masukkan kentang, wortel, lada, gula, garam, masak sampai sayuran empuk dan matang
- Hidangkan panas...

25 comments:

  1. sekilas mirip semur mbak ning
    #abaikan :D
    lapar sayah..

    ReplyDelete
  2. iya, mirip semur tapi gak pake kecap...
    aku nyebutnya rendang eropa hehehe

    ReplyDelete
  3. iya bnr aku tadi penasaran nyari2 ada kecap gk di resep..
    eh rendang eropa bener juga ya,, :D

    ReplyDelete
  4. buat dicatet....*kayaknya catet mulu* :D
    mbak kalo dagingnya jenis lain ngaruh kah?

    ReplyDelete
  5. ngaruh ke waktu masak, mungkin ya... :)

    ReplyDelete
  6. has itu lebih cepet matangnya yah?

    ReplyDelete
  7. Lapar....mbak, dah pindah? Main2x dunk! :p *jangan ke rumah gw, kebanting dapur gw* hahhahaha

    ReplyDelete
  8. gue udah pindah ke Bintaro, tapi masih sering nginep di rumah emak, ky..

    ReplyDelete
  9. hmm sedep yah mbak ning...nyegrok merica gak mba ke idung..??

    ReplyDelete
  10. @mamih: enaaak...sedep, pedes panas tapi gak sampe nyegrok hehehe

    ReplyDelete
  11. penapakan kayak semur yah ...perlu di coba neh...

    ReplyDelete
  12. @the yusy: emberan mirip semur, tapi tanpe kecap.. Coba deh! Maknyooosss

    ReplyDelete
  13. Tukeran ning ma saladku: romain lettuce, tomat, grapefruit, basil, pasta, cheddar, dressing basil vinaigret.

    ReplyDelete
  14. Pake red wine mbak tambah sedap deh.... masaknya pake panci presto biar cepat :-)

    ReplyDelete
  15. da lama gak bikin goulash, jadi kangen, mereka biasa pake sweet paprika, di sini gak nemu. Enyaaaak ya Ning, makan pake garlic bread, hmmmm yumm ..

    ReplyDelete
  16. nah bikinan alm. bapak, pake paprika merah & ijo... aku makan pake nasi panas aja... *ndeso*

    ReplyDelete
  17. mba' Ning.......aku copy/paste recipe's ini yaaa....permisi....soale aku paling suka.......matur nuwun mba'......

    ReplyDelete
  18. copy paste resep untuk dibaca dan dibuat yah...foto dong, klo udah bikin

    ReplyDelete
  19. dear mba' ning...good day,
    thanks so much.....tapi 'lom sempat di coba....pasti dan pasti begitu mateng langsung di ...jepret...dan di kirim ke guru besar.....boleh tanya mba' ning di jakarta or di jateng..? apakah mengajar masak juga atau buka resto...?...thanks august f. serpong-bsd city.

    ReplyDelete
  20. just for your info's ::: today's aku masak Fu Yung Hai ala Shanghai (kepiting;udang) dan urag arig tahu kuning gepeng pake telor...

    ReplyDelete
  21. wkwkwkwk....sampe lupaaa....mba' ning.....sudah telaz atawa seep kata wong jawa/sunda nect time yaaa.....egh...nih..nomor hpku jd klu lagi nda OL.bisa sms...klu berkenan :
    0857.1698.3600.....

    ReplyDelete