Sunday, December 27, 2009

Rita (MPid: upik2806) Belajar Bikin Double Chocolate Cake & Cupcake

Setelah lama bikin rencana, akhirnya tercapai juga niat Rita untuk belajar bikin kue di rumah saya.  Awalnya, Rita ingin belajar bikin aneka kue coklat.  Ya sud, akhirnya saya siapkan materi untuk bikin Black Forest Cake, Double Chocolate Cake, dan Brownies.  Udah ngeprint resep-nya juga lho...   Di rumah, Rita berubah pikiran ingin bikin cupcake coklat, setelah melihat dua bal mika tabung ngejogrog di sudut ruang tengah.

Ingin santai dan tidak dikejar waktu, saya sarankan Rita untuk menginap di rumah.  Jadi bisa sekalian belajar sedikit tentang investasi

Di rumah, Rita sempat terkesima melihat rak tempat penyimpanan loyang.  Rak ini dibuat dengan memanfaatkan ruang sempit, dan pemasangan beberapa tingkat ambalan.  Jadi loyang dengan berbagai ukuran dari 40*60 cm sampai 12*12 bisa tersimpan rapi.

Begitu juga waktu melihat mixer Kitchen Aid Professional/Heavy Duty K5SSWH di meja dapur.  Menurut Rita, itu bedanya tukang kue (?) dengan orang seperti dia.  Mixer saya tidak keluar masuk kardus seperti mixernya.  Waduh, saya bisa sakit encok kalau mesti mengeluarkan dan kemudian memasukkan mixer itu ke kardus berulang-ulang.  Masalahnya, si KA itu beratnya > 5 kg   Beginilah penampakannya... Terlihat gagah kan?

OK, lanjut cerita bikin kue.  Belanja bahan kue di C4, karena saya gak mau mengganggu gugat persediaan bahan-bahan kue pesanan. 

Dimulai dengan bikin sponge cake untuk double chocolate cake-nya.  Saya kasih tau Rita supaya tidak terpaku pada resep.  Bebaslah berkreasi, dan beranikan untuk konversi resep sendiri.

Sambil menunggu sponge cakenya matang, kami bikin chocolate ganache.  Hmmm belum apa-apa, Rita sudah 'meleleh' mencium aroma ganache yang dahsyat   Ganache yang sudah jadi ini bisa langsung dipakai (sebagai ganache siram) atau disimpan dulu minimal 3 jam di kulkas untuk dibuat olesan.

Berikutnya, membuat cupcake.  Karena temanya coklat, ya kami bikin cupcake coklat.  Tidak ada rahasia sama sekali dalam pembuatan kue-kue saya.  Tapi cara saya mengaduk adonan cake lagi-lagi membuat Rita terkesima.  Saya tidak pakai cara aduk balik, tapi pakai cara yang sudah saya pakai sejak jaman dulu...dan saya nyaman dengan cara itu.  Ternyata, pak Hadi Tuwendi pun mengaduk dengan cara itu.  Alasan beliau tidak pakai cara aduk balik adalah tangannya kusut  hehehe bisa aja...

Kami setuju, proses menghias akan dilakukan pagi hari.  Jadi malamnya kami habiskan dengan berdiskusi tentang financial planning.  Macam-macam yang kami diskusikan...dari mulai bagaimana memulainya, gimana memilah-milahnya, apa itu unit link, apa beda unit link dengan asuransi jiwa, kenapa saya tidak suka unit link (walaupun saya punya, maklum dulu masih cupu), macem-macem deh...

Paginya, kami sarapan kopi + cupcake coklat yang belom dihias. Hmmm....seneng rasanya lihat wajah Rita yang 'terpuaskan' dengan kue itu.

Proses dekor dimulai dengan mengocok ganache, mengoles bagian tengah kue, menumpuk kue, dan mengoles bagian luar.  Nah, sekarang udah tau kan... kenapa double chocolate cake saya bisa mulus?

Berikutnya, dekor cupcake.  Pakai buttercream + spuit 1M saja, paling simpel.  Topper-nya dari fondan. Untungnya, di rumah selalu sedia fondan warna siap pakai.  Jadi kami tinggal gilas, cetak, hias   Kalau swirl yang Rita buat tidak mulus, tetap saya bilang bagooosss.... Kami juga bikin cupcake ala black forest , tapi cuma pakai coklat beras + bunga gum paste...maklum, sudah malas memarut coklat...

Selesai menghias kue, acara kami lanjutkan dengan nonton bersama Sang Pemimpi di Ciledug XXI... Ya, sekarang ada bioskop XXI di Ciledug... keren kan?  Saya cukup naik becak lima ribu perak dari rumah buat nonton pelem.. hehehe  Mayan bisa ngirit daripada sering-sering nonton di PS atau PIM

29 comments:

  1. waaaah daku mau juga nih bertandang, biar mulus dan gak kusut tangan aduk balik :">

    ReplyDelete
  2. ninggggggggg, satu hari nanti giliran aku yg kursus aneka membuat & mendekor kue coklat ini darimyu :)
    resep ganache yg aku pake utk oles mengoles secara "apa adanya" itu darimu dan udah disebarin ke semua sodara krn semuanya suka

    kalo pake menginap, course fee jadinya berapa tuh ? buat sekantor, ada discount ngga ??? hahahahah

    ReplyDelete
  3. iya dan keren serta murah meriah ! :D
    (eh ini OOT ya ? :D)

    ReplyDelete
  4. yaahhh curang....kursusnya pake acara nginep bikin ibu2 ga bisa ikutan hehehehe
    pingin liat dong poto rak loyangnya....sapa tau bisa jadi inspirasi yg lain

    ReplyDelete
  5. mba ning, mau donk belajar..... penasaran pingin liat rak tumpukan loyangmu.... kapan ya??

    ReplyDelete
  6. wah tumben nih Rita ga ngajak2... mau donk mbak kalo ada lagi h ehe

    ReplyDelete
  7. waaa..dirimu di bogor kan? ke tempat Yanna aja,...lebih deket ;))

    ReplyDelete
  8. boleh... pake corporate rate, diskon 40% yaaa.. hehehe

    ReplyDelete
  9. hehehe iya OOT, tapi ciledug XXI bener2 penyelamat kantongku deh :D

    ReplyDelete
  10. boleh.. PM aja.. aku cuma bisa wiken ya say..

    ReplyDelete
  11. eh iya.. rita cerita klo sering belajar bareng dirimu yah...

    ReplyDelete
  12. dia tinggal dekat stasiun Cilebut.. ;))

    ReplyDelete
  13. jubileeeeeeee..........jadi tulisan! wakakakakaka..........
    eh, keren ya tuh foto double cake nya....kalo ga dipotong udah jadi fulus tuh...hahahah

    mba femi ...maapkeun...ini mah rencana lama yg ga jadi mulu.....jadinya kmrn agak2 go show deh. awalnya mah kan diagendakan tgl 30 ke atas....eeh, ada yg dadakan tgl 24 katanya cutiiii....hueheheheh
    kebetulan pegnen tau soal tuh investasi. jadi liburannya rada all out deh...rumpi, bakin, ladies days out juduleee......heheheh

    makasih ya mba nining....jangan kapok terima tamu buat nginep yaa...

    ReplyDelete
  14. Aku mash penasaran financial planner Ning. Ye...kapan dong bisa ketemu? Bentar lagi banyak yang pengen jadi murid kursus bikin kuenya deh Ning. Kalo di kantor Nining business executive untuk perminyakan eee. dirumah business executive untuk per-kuean. Mantap!!!!

    ReplyDelete
  15. he he gpp ta, jadi kapan donk latbar lagi? enaknya sih tgl 2 atau 3 Jan ini secara ga ke mana2

    ReplyDelete
  16. Duh...baru belajar aja udah keren banget!!! Salut sama ibu gurunya :-)

    ReplyDelete
  17. mbak ning gimana ngaduknya...ajarin dong...wah kalau pake acara nginep gimana ziza nih...mau dong belajar financial planner dengan dirimu...kapan ya??

    ReplyDelete
  18. ini nih yang belum kesampean pengen belajar dari mba ning.. kapan ya? :(

    ReplyDelete
  19. oalaaa nga bisa ke rumah rita karena mau ngajarin kue sama rita toh..
    hehehe sesama rita nga boleh rebutin nining yaa :D
    gileee keren abis...
    btw asik euy nonton xxi murmer dan deket pulak..

    ReplyDelete
  20. Kapan-kapan di post juga dong teknik ngaduk-nya...

    ReplyDelete
  21. duuh senengnya bisa kursus plus euy.. mba ning boleh ya minta ajarin jugah.. palagi klo pas ke ciledug...

    ReplyDelete
  22. aku diciledug...kapan-2 mampir ah...ajarin yaa... :)

    ReplyDelete
  23. cake doble coklatnya keren bgt...
    gmn dong biar hasil frostingnya mulus he...he...,penasaran..nih mba.

    ReplyDelete
  24. Saya jg berminat donk belajar sm mba ning.. *kyknya eksperimennya seru2* gmn caranya mba?

    ReplyDelete