Sunday, December 20, 2009

Ngajarin Cake Decorating dengan Butter Cream

Tanggal 18 Desember bertepatan dengan libur tahun baru Islam.  Sekali lagi, saya mendapat kesempatan berbagi ilmu dengan orang lain...

Sudah lama Mina mengutarakan niatnya untuk belajar dekor kue dengan butter cream.  Hanya saja, jadwal libur dari kantor kami yang agak berbeda, membuat rencana ini tertunda terus.  Mina tidak bisa Sabtu/Minggu, saya hanya bisa Sabtu Minggu.  Saya cuti, Mina sibuk...begitu terus sampai kira2 bulan November sebelum Idul Adha.  Kami berdua sadar, ada banyak libur di hari Jumat, bulan Desember ini.  Okay, akhirnya kami tetapkan tgl 18 Desember.

Pagi hari-H, saya baking 4 loyang kue untuk didekor.  Terus jam 9:30 saya jemput Mina di pasar Ciledug.  Wakakaka, dia cuma tau pasar Ciledug dan kuatir tidak berhasil menemukan rumah saya.  Di Pasar Ciledug, Mina sempat belanja bahan-bahan kue di TBK Cik Ani langganan saya

Di rumah, saya sudah menyiapkan:

  • triplek kue untuk alas latihan
  • mentega putih yang sudah dikocok
  • aneka jenis dan ukuran spuit
  • banyak plastik segitiga
  • kantong segitiga dari kain (supaya tidak licin)
  • spatula, palet, scrapper
  • meja putar
  • sponge cake siap pakai
  • butter cream siap pakai, sudah diwarnai

Mina sudah bisa memoles kue, jadi saya tidak sediakan dummy cake dari stryofoam, jadi dia nanti langsung praktek di atas kue.

Sebelum dekor langsung di atas kue, Mina belajar menggunakan beberapa jenis spuit dengan mentega putih halus di atas papan kue. 

Pertama, Mina langsung bilang ingin bikin kerang (shells).  OK, saya bilang kerang itu jenisnya banyak, bisa pakai beberapa jenis spuit.  Kita belajar bikin kerang pakai spuit no 199 dan 21, dan melihat perbedaannya

Menggunakan spuit no 21 atau jenis spuit tipe open star nomer 15-22, saya kasih tau beberapa variasi kerang seperti: kerang koma (reverse shell), e-motion, kerang bolak balik, kepang, dan rope.

 

 

Selanjutnya, Mina belajar bikin tali, pakai spuit no 2.  Mina agak lama waktu acara bikin tali.  Emang agak susah sih... perlu pakai perasaan   Kalao motif cornelli, Mina udah bisa katanya.. ini paling gampang ya Min...

 

 

Habis tali, Mina belajar bikin anyaman keranjang (basket weave) pakai spuit 46 dan 48, termasuk variasinya.  Keranjang yang Mina bikin rapi lho... jarak antar anyamannya bisa sama satu dengan lainnya... bagoooos

Terakhir, Mina belajar bikin macam-macam bunga.  Pertama saya kasih tau mawar kuncup, apple blossoms, swirl drop flower, carnations (saya nyebutnya mawar kusut), dan mawar.

Sebelum dekor di atas kue, kami makan siang dulu.  Menunya: sayur asam, empal, tahu tempe goreng, dan sambal terasi.  Ada juga lasagna bikinan Teh Kathy yang dikirim dari Bandung  Hmmm, yummmi....

Nah, sesi terakhir adalah dekor langsung di atas kue... Cihui, walaupun Mina agak terlihat tegang, tapi hasil akhirnya oke banget.  Priska bilang, kue ini akan dipasangi lilin nanti dirumah, buat perayaan ultahnya bulan November lalu. 

Maaf ya, fotonya belom diupload... CF-nya masih tertinggal di kamera.

Buat temen-temen yang mau belajar dekor dasar dengan butter cream, silakan hubungi saya yah... boleh PM, boleh juga YM.  Biayanya Rp 225 ribu/orang untuk ganti bahan dan makan siang ala kadarnya

35 comments:

  1. wahhh...udah jadi bu guru juga toh...heibattss...sukses yah...

    ReplyDelete
  2. jadi pengen punya spuit lengkap...

    ReplyDelete
  3. hehehe udah dari dulu sih suka ngajarin.... tapi baru kali ini mau dibayar..

    ReplyDelete
  4. aku punya satu set tapi yang sering dipakai itu2 aja kok yu... :-)

    ReplyDelete
  5. boleh mbak.. tapi apa gak kejauhan? di ciledug lho mbak...

    ReplyDelete
  6. uda waktunya dapet bayaran ning.. :) ditunggu potonaaaa.....

    ReplyDelete
  7. setujuuu.... walau kalau gue nyarinya tetep gratisan, wakakakkkk *gak tau diri*

    ReplyDelete
  8. Ning..mau dong belajar dgn dikau..secara gak bisa2 tuh..(rada bolot..hehhe)

    ReplyDelete
  9. waah ciledug jaooooh ya? pdhl pengen banget belajar :(

    ReplyDelete
  10. ntar nyusul.. CF ketinggalan di kamera

    ReplyDelete
  11. hehehe iya.. minimal buat ganti bahan + waktu yang udah dipakai...

    ReplyDelete
  12. dasaaar.. :)) gak cari alat-alat gratisan sekalian? wakakakaka

    ReplyDelete
  13. yahh.. jauh dari mana nih...? :))
    klo dari serpong deket...

    ReplyDelete
  14. dari benhil ke ciledug kira2 15 km... bisa naik patas AC Bianglala no 44, turun di carrefour, terus naik ojek ke rumahku limaribu perak.. :-)

    ReplyDelete
  15. sukses ya mbak Ning... top deh ahhhhh...

    ReplyDelete
  16. salam kenal mba...
    semoga sukses ya...

    ReplyDelete
  17. semakin diamalkan, gak bakal malah menjadi surut ilmu kita ya.....amiin, smg selalu menjadi inspirasi bagi orang lain mbak Ning

    ReplyDelete
  18. pengen.... blajarnya privat kan Mbak Ning.. musti booking brapa lama sebelomnya?

    ReplyDelete
  19. Ninong, ajarin dong aku buat kulit taart utk bungkus cake, kayaknya hanya pakai putih telur aja.
    Saya sampai sekarang belum tau tuh....

    ReplyDelete
  20. amin amin.. makasih ya mbak rahmah.. semoga bermanfaat buat bnyk orang.. ;))

    ReplyDelete
  21. dua minggu sebelumnya darling... tapi cuma bisa sabtu minggu ya..

    ReplyDelete
  22. halo tante.. saya pakai butter cream biasa untuk poles kue bagian luar.. ;))

    ReplyDelete
  23. wah sy berpose juga nih...thks ya bu guru...

    ReplyDelete
  24. hihihii.....ternyata ada biker nyangsang di dapur mba nining.... :)))

    ReplyDelete
  25. Assalammu'alaikum mba nining. ini Nisa. bisa kontak mba ke mana selain PM? email? aku gatek ni, jd nggak bisa bales PMku dari mba.hihihi..

    ReplyDelete
  26. Ning jaman aku sekolah dulu, aku pernah beli spuit 1 kotak lengkap. Tapi sampai sekarang aku ga tau itu spuit jadinya model apaan.
    Ntar kapan2 ajarin dong........ Spuitnya sempet hilangsemua (ga tau sama pembantu ditaruh dimana), tp akhirnya ketemu juga.
    Sekarang nih spuit ada di oz, besok kalo pulang jkt, aku bawa pulang lagi d, buat belajar sama Nining

    ReplyDelete
  27. bener ya Ci.... ditunggu lho.. hehehehe

    ReplyDelete