Tuesday, April 22, 2008

[MFM #14]: DENDENG BATOKOK


Description:
Horeee, kali ini saya gak mefeeet...!! Soalnya saya mau dinas ke luar kota selama seminggu sampai tgl 1 May.

MFM#14 kali ini digawangi *halaah, istilahnya gaya betul* oleh ibu cantik Mba Esti, dengan tema "RED MEAT".

Dendeng Batokok ini pertama kali saya makan waktu saya ditugaskan di Riau. Mmmm...enak & unik! Dendeng Batokok paling enak yang pernah saya makan, ada di RM Kota Buana, Pekan Baru, Riau.

Batokok berasal dari kata 'tokok' yang artinya dipukul (dalam bahasa Minang?). Dagingnya sendiri mirip dengan daging untuk dendeng balado yang lebih umum dan memasyarakat. Tetapi, daging untuk dendeng batokok harus dijemur setelah direbus. Hari giniiiii! Bentar-bentar hujan... kapan keringnya tuh daging.. Jadi saya siasati deh, dengan cara digoreng sampai kering. Cara ini sama dengan cara buat dendeng balado.

Yang unik lagi adalah sambalnya. Tidak seperti dendeng balado yang cabe & bawangnya dimasak sampai matang, dendeng batokok ini dihidangkan dengan sambal cabe hijau yang mirip sambel matah dari Bali. Terbuat dari cabe hijau yang diulek kasar dan disiram minyak panas, plus bawang merah mentah yang direndam gula garam dan jeruk nipis.

Rasanya? mmmm..enak doung! Tadi malam saya habis 4 potong! hahahaha

batokok2

Ingredients:
500 gram daging sapi bagian sengkel, rebus dengan sejempol jahe, 4 bawang putih dan 2 asam kandis sampai empuk. Angkat, iris tipis-tipis.
Minyak untuk menggoreng secukupnya.

15 buah cabe ijo besar (kalau mau lebih pedas, bisa pakai cabe ijo kriting)
10 bawang merah, iris tipis
1 buah jeruk nipis yang besar
1 sdt garam
3 sdt gula pasir
5 sdm minyak goreng

Directions:
- Goreng daging iris sampai kering, angkat, tiriskan.

- Aduk bawang merah iris dengan garam sampai lemas. Peras jeruk nipis, tambah gula, aduk rata, sisihkan.
- Ulek cabe ijo kasar-kasar.
- Panaskan minyak goreng, tuang ke dalam ulekan cabe, aduk rata.
- Campur cabe & bawang, aduk rata.

Menghidangkan:
Siram sambal ke atas daging iris.

31 comments:

  1. sedaap banget nih...., makannya pake tangan lagi...oh..nikmatnya...

    ReplyDelete
  2. kesukaan aku juga nih Ning.. hehehehe... bagi dong.. masih ada sisa gak barang sepotong dua potong? :p

    ReplyDelete
  3. di cabein atau ga dicabein.....aku sukaaaa dendeng....

    ReplyDelete
  4. blom pernah nyoba krn takut pedes-nya n ga bisa makan sambel mentah

    *slamat ya Ning ga mefet :D*

    ReplyDelete
  5. waah..kebayang enaknya..walaupun aku agak ngeri liat bawang mentahnya .. hi..hi..

    ReplyDelete
  6. hikkkkkkkkk... ini kan enaaaaaaaaaaaaak.. mauuu.. walaaah..klo yang disana bisa abis 4, gimana aku yaaa...

    ReplyDelete
  7. duh..pedes2 enak banget pasti deh....pake nasi anget huaaaaa...minta dooong NIng.....

    ReplyDelete
  8. doyan doyan apalagi pake cabe ijo yummm!

    ReplyDelete
  9. ciee...yang mau dinas ke luar kota:)) Oleh2nya jangan lupa ya?hahhaa

    *dendengnya mau doong...

    ReplyDelete
  10. mau dendengnya aja mbak ningnong, tapi pedesnya ga tahan kayanya

    ReplyDelete
  11. Duh enak banget nih, Mbak Nining...kebayang pedes2nya terus makan pake nasi anget...hhmmmm bisa 2 piring aku makannya....

    ReplyDelete
  12. jadi laperrrrrrr....... aku juga kok ya lupa terus mo masukin mfm ini ya..... halah!!!

    ReplyDelete
  13. wahh ini resep baru buat aku nih...

    ReplyDelete
  14. weleh...keduluan...aku berencana bikin ini nih....

    ReplyDelete
  15. ngeces nih ngeliatnya, cuma kalo bikin mah nggak ada yang makan di rumah, secara pada nggak gitu makan daging. bagi aja deh, boleh nggak?

    ReplyDelete
  16. Wa.. enak banget nih. Dimakan pak enasi panas ngepul2.. hm.. sedep deh. Bikinnya emang rada repot ya, pake dijemur segala..

    ReplyDelete
  17. Mantep bener penampakannya (drooling)
    Makasi dah ngeramein MFM#14 Ning, selamat bertugas keluar kota.

    ReplyDelete
  18. Muantap banget nih Ning....laper aku....

    ReplyDelete
  19. mantep Ning... fotonya juga udah cantik...
    mari terus belajar

    ReplyDelete
  20. mudah2an tantangan kbb ke 5 ga mefet pula ya ning hehehehe

    ReplyDelete
  21. pake nasi anget...muanttaaaaaaaappppppppp

    ReplyDelete
  22. kayaknya gampang ya bikinnya...thnks resepnya say...

    ReplyDelete
  23. enaknya...goreng dagingnya harus pake minyak banyak ya

    ReplyDelete
  24. mbak.. enak banget..sama spt rasa di kobu (kotabuana).. kucontek disini ya mbak http://shashakoe.net/?p=321.makasihhh

    ReplyDelete