Monday, March 12, 2007

CHEESE MUFFIN


Description:
Muffin.. siapapun pasti bisa membuatnya. Enak, mudah, dan cepat.
Kunci pembuatan muffin supaya mengembang dan menjulang tinggi yaitu: adonan tidak boleh diaduk terlalu banyak, pakai baking powder sesuai takaran, dan tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh.

Oiya, saya dapat 1 tips bagus dari Riana Pennylane untuk mengisi cetakan yang kosong dengan air. Hasilnya? muffin saya lembab dan tidak kering..

Adonan yang saya pakai disini merupakan resep basic muffin yang biasa saya pakai. Untuk variasi rasa, saya biasa tambahkan 1 cup bahan tambahan seperti keju, coklat chip, kismis, dll.

Kalau mau muffin coklat, ganti 1/2 cup terigu dengan coklat bubuk, dan tambahkan 2 sdm gula pasir. Gampang kan?

Ingredients:
2 cup terigu serba guna
½ cup gula pasir
1 sdt baking powder
½ sdt baking soda
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ cup minyak sayur
½ cup susu cair
2 butir telor
½ blok keju cheddar, potong dadu

Keju parut secukupnya untuk taburan

Directions:
• Panaskan oven, 200 deg C
• Alasi cetakan muffin dengan paper cup
• Campur terigu, baking powder, baking soda, garam, merica dalam satu wadah. Aduk rata lalu buat kawah di tengahnya
• Campur susu cair, minyak sayur, telor dan gula pasir dalam wadah lainnya. Aduk rata
• Tuang adonan cair ke dalam tepung, aduk secukupnya (10 adukan saja)
• Masukkan keju yang sudah dipotong-potong kecil. Ratakan.
• Tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh, taburi keju parut
• Panggang, kurang lebih 20 menit
• Angkat, keluarkan dari cetakan
• Hidangkan panas-panas

30 comments:

  1. Ning...muffin gue koq suka rasa terigu, kenapa ya? Pun muffin coklat tetep aja ada rasa terigu mentah.

    ReplyDelete
  2. mangsude piye ndul ngisi cetakan kosong dg air? klo cetakan semua penuh?

    ReplyDelete
  3. Asyiiiiiiiiiikkkk dikasih resep lengkap dengan tips-nya ..... hatur nuhun pisan :)

    ReplyDelete
  4. nambahin satu lagi tips bikin muffin campuran baking soda dan yougurt

    ReplyDelete
  5. wadaaaaw.. muffin.. muffin..
    bagiiiiii..................

    ReplyDelete
  6. ini mah si mbah yang doyan muffin...aku kok belum bisa makan satu ini, rasanya padet dan berminyak...
    makanya kalau pas jalan2 sarapan dihotel ada muffinnya pasti ngebungkus buat cemilannya si mbah...heheheheh

    ReplyDelete
  7. mungkin adonan cair nya kurang? coba cek lagi resep yang teh etie pake...

    ReplyDelete
  8. kalo penuh semua, ya nasibmu nduul.... heheeh ini optional kok sifatnya :)

    ReplyDelete
  9. enak ya pep? yoghurt itu subsitute susu atau tambahan?

    ReplyDelete
  10. lho mak... elo pan paling rajin bikin muffin... ayo bikin sendiri :P

    ReplyDelete
  11. emang mbak.. muffin itu padat, makanya cocok buat sarapan... biar kenyang. Tapi kalao berminyak, menurutku tergantung takaran minyak/mentega cair yang kita pakai. Muffinku lebih sering kering, tapi sekarang lembab (karena pake tips dari riana) dan tidak berminyak

    ReplyDelete
  12. subtitusinya susu tapi bikin muffin tetep moist dan tender
    baca aja di http://evimeinar.multiply.com/journal/item/405

    ReplyDelete
  13. Mba, tanya donk..msh blm mudeng soal tipsnya

    Air dimasukin ke cetakannya, baru ditimpa ama kertasnya gitu ?

    ReplyDelete
  14. aku demen muffin, ya bikinnya (gampang) ya makannya (kenyang)
    nyomot ya!

    ReplyDelete
  15. kekkee informasinya kurang jelas ya?
    mba iin, airnya dimasukkin ke cetakan, kalau ada lubang cetakan yang lebih/kosong tidak terisi adonan. Cukup satu lubang aja... :))

    ReplyDelete
  16. sama dung... demen juga, apalagi klo dimakan anget2.. :D
    *jadi pengen buat muffin coklat buat sarapan besok*

    ReplyDelete
  17. Mbak Ning..kirim ke sini atuh......:-)))))))

    ReplyDelete
  18. kasih donk mbaaa..satu hi..hi..hi

    ReplyDelete
  19. makanya gue gatel liat muffin elo...
    Kangen bikin muffin lagi... ;-p

    ReplyDelete
  20. jadi pengen bikin juga *masih punya keju*

    ReplyDelete
  21. Mbak Ning...
    ikut ngopi resep juga ya...

    Suwun

    ReplyDelete
  22. oohh gitu ya, padahal saya kocok tuh menteganya ... aduh salah dong resepnya :(, pantesan gak pernah ngembang

    ReplyDelete
  23. Hi Mbak, aku udah cobain resepnya kemarin. Aku gak make b. powder (karena gak punya) dan keju aku ganti sama Gruyere (adanya itu di rumah). Serunya..salah masukin gula. Gula aku masukin ke tepung, harusnya ke campuran telur dan minyak. Ternyata...ngembang dan enak juga heheheh...aku bikin satu resep, jadinya 21 muffin mini :-) Makasih ya Mak resepnya :-)

    ReplyDelete
  24. Ning ini kayanya gampang ya ? ga mungkin gagal kan ?
    ntar kapan2 kalo rajin mo nyontek bikin juga ya. thx......

    ReplyDelete