Monday, February 26, 2007

Singkong ala Thailand


Description:
Singkong rebus, disiram dengan vla santan yang gurih. Enak deh.. Mudah cara bikinnya, dan rasanya gak kalah dengan singkong ala Thai di resto.

Ingredients:
1 kg singkong, kupas, cuci, potong-potong
500 cc air untuk merebus
100 gram gula
1/2 sdt garam

Vla santan:
200 ml santan kental
100 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm tepung maizena, kentalkan dengan sedikit air
daun pandan selembar, simpulkan

Directions:
- rebus singkong dengan air sampai empuk
- masukkan gula pasir + garam, teruskan merebus sampai singkong betul2 empuk, merekah, dan air menyusut
- angkat dari panci.
- hidangkan singkong dengan vla santan.

Cara membuat vla santan:
- rebus santan, gula, garam, sambil diaduk supaya santan tidak pecah.
- tuang larutan tepung maizena, sambil diaduk cepat.
- masak sampai adonan meletup-letup.
- angkat, dinginkan.

64 comments:

  1. Kudu dicoba nich ... thanks ya :) ....

    ReplyDelete
  2. mau dooonggg...aku kelaperan disini.

    ReplyDelete
  3. kita belum setor muka mulu yaaaak ;))
    where have you been n where have i been tooo ....

    ReplyDelete
  4. mba dewi mau? ke sini deh... masih ada, nih... sedikiiitt :)

    ReplyDelete
  5. Pernah nyatet resepnya dari majalah dulu, tapi ilang..;-p
    Thanks Ning..

    ReplyDelete
  6. Wah mba Ning, nih resep dari dulu2 aku cari. Soalnya pernah nyoba makanan ini di pestanya tmn, tapi katanya ada juga ya dessert ala jawa yg kyk gini ? Apa sama mba Ning ? Yg aku cobain itu, singkong dipotong2 trus dimasukin ke kuahnya tapi kuahnya kyk kuah kolak kentel gitu rasanya manis & enak bnr sampe ga nyangka itu singkong. Kan kl resepnya mba, vla-nya dikucurin diatas singkongnya.

    Sorry kl kepanjangan ya mba, abisnya butuh pencerahan dari mba yg tidak perlu diragukan lagi jurus2 masaknya :-)

    ReplyDelete
  7. iya betul.. yang ala Jawa, singkongnya dimasak dengan gula merah. Santannya bisa diaduk langsung, bisa juga disiram di atasnya sewaktu singkong akan dimakan. Kalau santannya diaduk langsung, rasanya memang mirip kolak :))

    ReplyDelete
  8. Berlanjut lagi nih mba ning hehehhe..
    Trus kl singkongnya dimasak dengan gula merah, gmn caranya mba ?

    ReplyDelete
  9. tarik maaanng, lanjuuut! hehehehe
    cara masaknya sama, hanya gula pasirnya diganti dengan gula merah. Kalau santannya ingin dicampur, bisa dimasukkan terakhir ke dalam rebusan singkong. Semoga membantu ya

    ReplyDelete
  10. Walah... thanks berat ya mba.. bnr2 ngebantu bgt deh :-) Besok mo langsung meluncur utk ngejarah tuh singkong.

    ReplyDelete
  11. enakk...waktu itu pernah makan..jd pengen makan lagi...

    ReplyDelete
  12. sepertinya akan terjadi penjarahan besar2an nih... :))

    ReplyDelete
  13. klo beli di luar, aku paling cocok dengan yang ada di Hanamasa.. :) udah pernah coba?

    ReplyDelete
  14. gw juga bingung kemana mulu gw ya selama ini ... ;))
    jangan jangan kita pernah ketemu di lift hanya ga tau muka

    ReplyDelete
  15. nunggu panen singkong dulu ahhhh ......

    ReplyDelete
  16. Ning, ini efek fotonya kuning... santannya apa di beri warna kuning atau memang dari efek lampu atau foto?

    ReplyDelete
  17. belum..malah ga tau klo di Hanamasa ada..waktu itu dari resto Thai..
    eh iya diatas vla nya ditaburin wijen juga..

    ReplyDelete
  18. hmmm gw kan anak singkong, pasti doyan yg ini mah hehehe

    ReplyDelete
  19. mungkin banget... nanti klo gue ke 14 (?) gue mampir ke tempat loe deh

    ReplyDelete
  20. singkongnya kuning, santan gak dikasi warna apa2, dan aku gak pake lampu waktu foto. ini fotonya dah aku ganti... lebih jelas gak?

    ReplyDelete
  21. mirip lah.. tapi aku lebih seneng ini daripada yang kolak :)

    ReplyDelete
  22. toss dulu ah sesama anak singkong heheheheh

    ReplyDelete
  23. wah kebayang manisnyaa.........mau coba ahhhhh......tks resepnya Mbak Ning.....

    ReplyDelete
  24. ayo buat! terus dibawa ke sekolah.. buat sarapan enak jug lho :))

    ReplyDelete
  25. pake singkong frozhen enak ga yah Ning? duh mupeng beneran nih :D

    ReplyDelete
  26. coba aja Li.. harusnya bisa! intinya, itu singkong harus direbus sampai matang & empuk. Kalau airnya habis tapi singkong belum empuk, tambah lagi airnya

    ReplyDelete
  27. iya mirip kolak dengan kuah kental....
    aku kok rada parno lihat santan dikentelin pake tepung kayak gini ya....
    jarang bisa masuk .... ngebayang apa gitu.... *jujur*
    he he he he............sorry berat ya Ning *bungkuk2 minta maaf*

    ReplyDelete
  28. bisa aja mba fit, tapi tetap harus direbus dengan air gula supaya manisnya meresap

    ReplyDelete
  29. apa coba? huehehehhe pasti joyok deeeehhhh... =))

    ReplyDelete
  30. ups, bacanya sambil meleng ... direbusnya pake air gula tho ... kirain manisnya dapet dari sausnya aja ...

    ReplyDelete
  31. heran deh kepala neh.... susah kompromi...kadang si mbah juga ngomel....kenapa pikiran kok miring gitu....
    maaaffffffffffffffffffff................

    ReplyDelete
  32. ada singkong nih kemarin sabtu nemu di toko asia, bikin ahhh

    ReplyDelete
  33. Ning, disini ada makanan mirip itu namanya "Ande-ande lumut". Jadi singkong dimasak dengan santan, tp kuahnya kental dan dikit...

    ReplyDelete
  34. hihihihihihi..*nungpang ngikik*
    Eh..kynya kl di jawa makanan yg mirip ginian tp pake gula jawa itu almrh.nenekku bilang namanya 'balung kuwuk'..barusan 2 minggu yg lalu bikin...:D

    ReplyDelete
  35. yaaaaaa sedih deh...di sini singkong muahallll....padahal di kita mah murah tenan ya???

    ReplyDelete
  36. wadohhh ini singkong dibikin gini enakkkkkk....

    ReplyDelete
  37. Waah singkong dah lama banget gak maem :-(

    ReplyDelete
  38. waduh Ning...jadi pengen singkong nih...
    nanem dulu kali ya??? Ada sih...yang frozen, belom coba.

    ReplyDelete
  39. waah...mesti dicoba ini....
    buat temen nonton tivi,apalagi dingin2 gini...pas banget.

    ReplyDelete
  40. wah mau dong ...harus dicoba nih, aku contek resepnya mbak

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah...
    Pas banget mbak...
    Kmaren ayahku bilang...
    Pengen singkong rebus ala Golden Thai lagi...
    Nanti aku coba deh di jakarta ;p
    Tararengkyu'.

    ReplyDelete
  42. waduh, mbak..
    iki pantes dicobain neh...
    kmrn emank liat singkong beginian di golden thai..
    kyknya yummy gt...
    thank ya, mbak..

    ReplyDelete
  43. wah ini adalah salah satu menu yg ga pernah ketinggalan aku pesen kalo pas ke thai resto yg ada dessert ini....
    ternyata ga susah ya bikinnya, nanti kapan2 aku contek ya mbak
    makasih...

    ReplyDelete
  44. hallo mbak... seneng deh dpt resep ini, aku pernah makan kyk ginian tapi beli, ternyata gampang bgt ya. cuma mau tanya nih, kira2 rebusnya berapa lama sih ? trus yg aaku beli dulu kuahnya kentek bgt kyk pake sagu gitu... kira2 bisa ga ?

    ReplyDelete
  45. ngintip resep ya mba...n salam kenal

    ReplyDelete
  46. intip ya mba, suamiku suka nih.. dia suka bgt yg di mulia..tp halma :)

    ReplyDelete
  47. nyontek boleh ya Mbak Ning...pasti yumii

    ReplyDelete
  48. terimakasih mbak, saya akan praktekkan. salam

    ReplyDelete
  49. oya, sekalian mohon maaf....most likely saya akan jauh lebih banyak menyontek resep di forum ini daripada memberi resep; tapi insya Allah kalau saya bisa 'invent' resep dan menurut saya enak, saya akan share.

    ReplyDelete
  50. mba, kl singkongnya paling enak singkong mentega atau singkong biasa ya? mau coba bikinnn...

    ReplyDelete
  51. aku yg paling suka yg d Jitlada Resto Thailand Grand Indo, anyway thanks resepnya simple, n moga d tgnku jd enak hasilnya

    ReplyDelete