Sunday, January 28, 2007

IKAN RICA RICA


Description:
Dibuat karena aku gak tahan ngeces liat ikan rica2 di tempat mba Esther. Kebetulan dapat kiriman ikan mas gendut, yang seekornya ada kali 1 kg!

Aku pakai resep mbak esther, tp gak pake kunyit...
dan aku tambahin cabe rawit utuh + daun kemangi yang banyak.
Jadinya? uenak tenaaaaannn.... :P

Ingredients:
1/2 kg ikan (boleh ikan apa saja: tuna, tenggiri, kakap, gurame, ikan mas, etc), dipotong-potong agak besar, bumbui garam & jeruk nipis, diamkan 1 jam.

Bumbu, haluskan:
20 cabe merah keriting
10 bawang merah
5 bawang putih
3 cm jahe

Bumbu iris:
10 bawang merah
5 bawang putih
2 tomat merah yang besar
5 lembar daun jeruk

1 ikat kemangi
10 cabe rawit utuh (kalau ada cabe rawit merah)
5 buah cabe merah, belah dua, iris memanjang
1 sdt garam
1/4 sdt gula pasir


Directions:
- goreng ikan sampai matang, tapi tidak terlalu kering. Angkat, tiriskan.
- tumis bawang putih dengan 3 sdm minyak bekas menggoreng ikan.
- masukkan bawang merah, tumis sampai harum.
- masukkan bumbu halus & daun jeruk, tumis sampai matang dan harum.
- masukkan tomat iris, masak sampai tomat hancur.
- beri garam dan gula secukupnya.
- masukkan ikan, cabe rawit & merah, dan kemangi.
- aduk sampai rata, angkat.

31 comments:

  1. Alamak..enak banget dimakan sama nasi hangat tambah kerupuk aja. Aku ini rodo "gilo" kalo masak ikan yang ukuran gede-gede. Jadi ajah yang dimasak itu semacam ikan bawal, belanak, tenggiri kecil.

    ReplyDelete
  2. heheheh ikannya aku potong2 dulu... klo kegedean jg gak enak... bumbunya gak nyerap ke dalam...

    ReplyDelete
  3. Lha mau motongin ikan yang gede aja udah gilo (apa sih bahasa gilo disini?? takut??). Sebelah rumahku punya kolam ikan mas, nila dsb dan suatu hari pas panen ikan ngasih aku ikan emas gede-gede, dengan suksesnya aku minta tukar yang kecil-kecil saja.

    ReplyDelete
  4. lha iya Ning kalau di Indonesia mah enak, kemangi murah aja... bisa dikasih banyak2....
    kalau cabe rawit emang lebih nendang rasanya tapi buat yang suka pedes.....he he he
    aku kalau bikin ayam taoco juga enak pake cabe rawit bukan cabe merah walau pakenya dikiiit aja rawitnya....

    ReplyDelete
  5. ingat masakan ibu gw di manado.....yummmy...yummmmmmmmy....

    ReplyDelete
  6. asli ngeces abesssssssss .... di indo mah enak daun kemangi banyak dan murah ... :( ... disini mah boro2 ....
    Kapan2 aku contek ah kalo pas pengen makan yg pedes2 :):):)

    ReplyDelete
  7. kalo gag pake kemangi tetep enak kan ? ... suamiku gag doyan kemangi je ...

    ReplyDelete
  8. pasti enak.... kayaknya diresep aslinya gak pake kemangi kok mbak.. ini aku yang kepengen nambahin :)

    ReplyDelete
  9. gak pake kemangi jg enak Teh... apalagi klo pedesss..
    sok atuh bikin... daripada ngeces kelamaan.. :D

    ReplyDelete
  10. ayam tauco pake cabe rawit utuh jg ya mbak? aku nyontek resepnya ya kapan2...

    ReplyDelete
  11. hallah... ini saling mengunjungi rumah orang... aku barusan dari tempatmu yang di tripod... cari2 resep gulai cubadak... gak ada ya? :(

    ReplyDelete
  12. aku juga... hari ini mau buat lagi... masih ada ikan lebihan kemarin :D

    ReplyDelete
  13. wahh boljug nih Ning..secara aku kan kagak makan ikan..aku ganti ayam ach.
    Tapiiiiii aku harus buatnya nti kl kagak nete in Josh lagi.
    Alamakkkkkkkk lama tenannnnnnnnnn...sementara aku lihat poto masakan mu ..hmm ngeces cesss cesss

    ReplyDelete
  14. aduh ningg seddappp sekali!!!! udah pasti yg ini bakalan aku copy (permisi mau copy yah).

    ReplyDelete
  15. apaan tuh ning... hehehe malah balik nanya... :D

    ReplyDelete
  16. aku moco judule we wis ngiler, apa maneh nonton gambare... cessss...

    ReplyDelete
  17. maauuu disini ada nasi putihnya nih... Ning.. ...tinggal kirim aja....

    ReplyDelete
  18. Ning, gue numpang makan yaa...

    ReplyDelete
  19. mau dong nginep semalem di rumah mbak Nining huehehehehehehehe

    ReplyDelete
  20. boleeehh... mau bantuin beberes rumah after banjir ya? huehehehehe gak rapi2 ni :))

    ReplyDelete
  21. Duh ikannya menggoda banget :-) btw salam kenal yaa

    ReplyDelete
  22. Mba Nining, aku copy paste ke blogku boleh yah...
    Punya ide ngga kalau ngga ada daun kemangi diganti apa yah, supaya wangi ?

    ReplyDelete
  23. Hmmm enak keliatanya, besok mau coba yah buat menu buka puasa :)

    ReplyDelete