Sunday, January 21, 2007

KLAPERTART


Description:
a.k.a Tart Kelapa. Desserts khas Menado, terbuat dari susu, telur, gula, dan tentu saja kelapa muda. Enak banget deh! Aku buat ini karena di HMFF sabtu lalu, makan 2 cup gak cukup untukku huehehehe...

Oiya, satu resep ini jadi 1 pinggan ukuran 30*20 dan 10 cup (seperti di gambar)

source resep: NCC (dimodifikasi dikkiittt...)

Ingredients:
1000 cc susu segar
250 gr gula pasir (aku pakai 225 gr, masih terlalu manis u/ lidahku!)
50 gr tepung terigu
50 gr tepung custard
50 gr maizena
150 gr mentega
6 btr kuning telur
2 btr kelapa muda, dikerok
100 gr kenari panggang cincang (aku pakai almond)
kayu manis bubuk

Toping :
6 btr putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum & kayu manis bubuk (aku pakai 100 gr dan gak pakai rhum)

Directions:
- Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir
- Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
- Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
- Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata
- Masukkan kenari dan kayu manis bubuk
- Masukkan kuning telur satu persatu
- Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
- Masukkan adonan kedalam cup/pinggan sampai ¾ tinggi
- Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang
- Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
- Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
- Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis
- Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan

54 comments:

  1. Rupanya ada yang kekurangan makan kue klapertaart waktu hari Sabtu hua ha ha...Aku bikin ini tapi ngga habis-habis. Makanya malas bikin lagi ah. Ternyata bukan kue favorit orang rumah.

    ReplyDelete
  2. heheheh kenapa gak dibawa ke inkoppol kemarin? iyo, jadinya banyak banget.. aku bawa ke kantor buat sarapan sama2 :D

    ReplyDelete
  3. Perasaan aku nggak kebagian deh...mana weekend kemaren "tewas" hiks sekarang masih berasa meriang dan remuk redam tapi cuman bisa ngileeer...naseebb...naseeebbb

    ReplyDelete
  4. lho? sabtu kemarin datang ke inkoppol? kok aku ndak liat... :(

    ReplyDelete
  5. aku nggak dateng kok Jeng..godain sampeyan aja hehehehe..aku weekend kemarin lagi terkapar manis di tempat tidur...teler.com

    ReplyDelete
  6. katanya mau ngajak2x gue kalo masak-masak...:P

    ReplyDelete
  7. halah sok kompak ..aku hari ini juga bikin klapertaartbuat bawa ke kantor ..satu pinggan besuaaarrrr.....:)

    ReplyDelete
  8. hehehhe iyah... tapi seringnya mood gue baru muncul sore/malam hari... kasian elo klo ke rumah gue malam2.. hallaaahhh alesannya panjang kalipuunnn :D

    ReplyDelete
  9. Ning, 2 butir kelapa muda dikerok tu jaidnya kira-kira berapa gram ? ... cause disini gag ada kelapa muda ... pengen bikin nich tapi terpaksa pake shreeded coconut frozen nich ...

    ReplyDelete
  10. ternyata yg ngabisin klapertart itu nining ya....hahaha

    ReplyDelete
  11. daku dah b'rapa x coba bikin kue ini.. lum berhasil juga yah...

    ReplyDelete
  12. aku gak sempat nimbang... mungkin ada 500 gram, itu ada airnya sedikit..

    ReplyDelete
  13. silakan kakak... kelapa muda-nya di sana ada dijual kan?

    ReplyDelete
  14. bagi resepnya ya mba, penasaran....enak banget aku nyobain pas di gathering HMFF yg diinkopol

    ReplyDelete
  15. silakan.... itu dari NCC kok! gratis pula heheheh

    ReplyDelete
  16. Niningggg ....srrrpppp...udah nggak nahan nih, tapi mesti nunggu "shopping day" ...heheheh...

    ReplyDelete
  17. mbak ning, tepung custard itu bisa dibeli di mana mbak?
    Aku baru pertama kali mau nyoba bikin klapertaart nih mbak..
    Thanks...

    ReplyDelete
  18. permisi bu ningnong.. minta resep klapertaarnya yah.. tar saya sebutin nama ibu di tempat saya deh.. kalo perlu 3 kali .. :)

    ReplyDelete
  19. hallo...salam kenal bu ningnong.
    Respnya boleh diminta ga? mo ku coba dirumah n posting di my blog. Kayanya enak buanget deh! thx b4 ya

    ReplyDelete
  20. nyontek resepnya yaaa...
    salam kenal juga.

    ReplyDelete
  21. Wah! Resep dan cara pembuatannya lengkap banget! *ngintip*

    ReplyDelete
  22. hmmm.... ngileerr.. Padahal dari kemarin uda ngabisin 5 cup.. hehehe. Salam kenal ya.. Kalo gak sibuk, main-main ke http://dapurkue.multiply.com :)

    ReplyDelete
  23. slruphhh... mba aku copy resepnya yah... mo bikin ahhhhhh

    ReplyDelete
  24. Halo mbak, salam kenal... kalo tepung custard itu yg gmn ya? gak tau nih... mau nyoba praktek resep ini ah. Trims.

    ReplyDelete
  25. mbak nining.., izin ngopy resep klapertart nya yah....

    ReplyDelete
  26. ikut ngopaste dan dicoba ya mba resepnya

    ReplyDelete
  27. mbak aku minta resepnya yah izin nge copy

    ReplyDelete
  28. aku minta resepnya yahhh...

    btw butuh kayu manisnya sebanyak apa yah???

    "Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang " ini bukan d panggang yah????
    "bakar dgn cara di tim"maksudnya gmna??
    thx loh sharingnya ^^,

    ReplyDelete
  29. mbak,aku nyontek resepnya ya?tapi aku mau nanya dulu "Bakar dengan cara ditim selama 15 menit itu gimana?
    tq.

    ReplyDelete


  30. Wah..!! aku suka sekali nih kue..!! makasih yah kk ^_^

    ReplyDelete
  31. heummm kykna pd doyan, pasti enax!
    maw nyobain ach, bikin sketsa smbil ngemil, heheee
    lam kenal;D
    http://u2kdesign.multiply.com

    ReplyDelete
  32. copas mb... uenak... makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  33. mbak ning....untuk panggang yang kedua, itu masih di tim atau langsung dipanggang?

    ReplyDelete
  34. aku doyannn jugaaa...
    ning, copy yaaa... :-)

    ReplyDelete
  35. nyam nyam nyam,, minggu ni coba deehhhh ni pembokat masih disuruh beli ,, mudah2an dapet semua heheh
    salam kenal www.tasdompet.com

    ReplyDelete
  36. itu dalam keadaan panas di masukkan telur satu per satu atau tggu dingin dulu?thxs

    ReplyDelete
  37. mba Ning, tepung custard itu bisa diganti maizena tapi tambah 1 kuning telur kan ya? pernah liat di salah satu resep yg dipost Mba Ning, tapi lupa untuk berapa gram 1 kuning telurnya :(

    ReplyDelete