Sunday, November 26, 2006

ASINAN SAYUR


Description:
Sabtu kemarin, temen2 ex Wisma Antara bikin farewell party buat aku. Pinjam rumah & perlengkapan makan Ogenk & Dian, dan aku akan menyiapkan makanannya. Buat appetizer, paling cocok emang Asinan Sayur deh ahhh... seger banget! Siapkan paling tidak 4 jam sebelumnya supaya bumbu meresap. Sayangnya, di sini gak ada yang jual sawi asin... :( Kalo ada, pasti tambah enak rasany... slllrrruuuppp

Sempat terjadi 'pertumpahan darah', dan hampir terjadi 'pembunuhan' antara ibu2 dan bapak2 ketika sesi bungkus membungkus dimulai... Asinan ini jadi rebutan! hehehehe

Ingredients:
100 gram taoge, bersihkan akarnya
10 lembar kubis, iris tipis
3 buah wortel yang besar, serut kasar
1 ikat daun slada, iris kasar
3 buah ketimun, potong sesuai selera
1 buah bengkuang yang besar, potong tipis sesuai selera
5 buah tahu, kukus, potong dadu

Bumbu:
50 gram ebi, rendam air panas, haluskan, sangrai sampai kering
100 gram cabai merah, haluskan
1 buah bawang putih, haluskan
500 gram gula pasir
700 cc air
10 sdm cuka
2 sdm garam (atau sesuai selera)

Pelengkap:
100 gram kacang tanah, goreng
kerupuk mie

Directions:
- rebus air, gula, cabai dan bawang putih sampai mendidih
- masukkan cuka dan ebi halus dan garam, angkat dinginkan
- tuang kuah bumbu ke sayuran, diamkan minimal 4 jam
- hidangkan dengan pelengkap

24 comments:

  1. huaaaa...makanan terfavorit di hidup kyuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. Hadddddddooooooooooohhh Nining ... aku kudu jilat2 monitor nich .... ngeces banget.

    ReplyDelete
  3. Krupuk mie kuningnya itu lho... yang aku ngiri banget... Pengeeeen...

    ReplyDelete
  4. Lis, kmaren mudik aku mah bawa mentahnya ,... disini tinggal dimasukin microwave ajah .. ngembang bener, gak susah2 goreng :):):)

    ReplyDelete
  5. jadi pengen *sambil masukin ke daftar belanjaan catat kerupuk mie*

    ReplyDelete
  6. OMG nih...bikin gw ngecesssss.....krupuk kuning...hik hik gw kangen beratssss.....Ning, elo tau cara bikin kerupuk mi sendiri enggak hehe, kalo tau gw mau dooongg...

    ReplyDelete
  7. aku juga masih ngecessss... kemarin bikinnya kurang banyak!

    ReplyDelete
  8. inih kerupuk masih ada... mau Lis? huehehe

    ReplyDelete
  9. di sana ada? di asia store kali ya, pep...

    ReplyDelete
  10. aku belom tau cara bikin kerupuk mie... nanti klo dah bisa, aku share deh caranya :D

    ReplyDelete
  11. ada juga kerupuk mienya ternyata ...cocok banget ama asinan....

    akhirnya nih asinan tanpa kacang halus ya ?

    ReplyDelete
  12. aku dapat kerupuk mie dulu, baru memutuskan bikin asinan...hehehe kuatir klo bikin asinan dulu, eh kerupuknya gak ada :)

    kacangnya aku taburin aja bulat2 mbak... soalnya ada request, jangan pake kacang tumbuk :)

    ReplyDelete
  13. iya emang lebih seger tanpa kacang tumbuk kayak resepku yang itu....

    ReplyDelete
  14. iya mbak.. resep yang di dapur d'ez itu kan ya

    ReplyDelete
  15. tul.....
    ah jadi ngiler pengen bikin....
    mana punya sawi asin lagi..tapi kagak punya krupuk mienya, eh salah ada deng, dibawain teman kemarin....

    wah kumplit tinggal maunya bikin kapan, dasar suka males...
    oh iya yang gag ada bengkuang....hiks, ganti ama pear cina aja yang kulitnya coklat kayaknya mirip ya ? kasihan deh gw...

    ReplyDelete
  16. bikinnnnnnnnnnnn ahhhhhhhhhhhhh, mumpung punya kerupuk mie :p

    ReplyDelete
  17. Ning ... sepertinya, sebelum masuk kantor di Jakarta, kamu mesti bikin acara reuni di TGP-depok, dengan menu tungga ASINAN deh.. terus ngundang2

    ReplyDelete
  18. asinannya sih msh bisa buat deh, tp itu krupuk kuning cari dimana di Msia,Ning :(..thnx resepnya ya..............mau coba buat diet cocok kali ya.....hehehehe

    ReplyDelete
  19. ngiler... *ces... ces...* tadahi tho niinggg.... :D

    ReplyDelete
  20. ku tunggu dengan sabar darling hehehehe....

    ReplyDelete
  21. ahaaa! aku kepikiran sesuatu.. kenapa gak pake mie telor aja? diseduh dulu terus digoreng.. kayak buat ifu mie giut.. hehehe

    ReplyDelete
  22. bagi donk,asinannya dan kerupuknya ,anak yatim nih.

    ReplyDelete