Sunday, May 7, 2006

I thought it was a mess, but...


teman2 bilang it looks like a masterpiece hehehehe... *menghibur mode ON* 


Jadi ceritanya, tgl 6 may kemarin Icha ulang tahun. Sibuk sana-sini, ngga terasa udah hari rabu.  Mana aku udah punya rencana cuti.. (yang akhirnya dibatalin karena Lawrence ada request untuk my next project)..  Ngga sempat deh order kue ke mbak rien or mba rery.


Jumat siang, i decided to postpone cutiku and then called Agung about Icha's bday party.  We planned to give her a surprise party..  skenario standar lah, satu rumah ngga ada yang kasih selamat paginya, terus kita kumpul malamnya, dan tiup lilin + baca doa + makan kue sama2.. 


Jumat siang abis sholat jumat, masih belum dapet bday cake!  Akhirnya, aku memberanikan diri untuk bilang: aku coba deh ya, bikin kue ultahnya!  Wadooo, aku aja heran... dapet keberanian dari mana nih?  Kalo bikin black forest, sacher, or opera kan udah sering.. tapi ini kue ulang taun gitu loh... ngga boleh sembarangan!


Jumat sore, bantal di dalam mobil icha inspired me. She is really a big fan of Piglet, one of  Disney cartoon character.  So, I made up my mind to make a bday cake, with a Piglet on it, using a butter cream transfer!  Huuuuaaa, bunuh diri nih... aku kan belum pernah coba dekor kue dengan cara butter cream transfer!  Tapi yo wis lah, kadung janji ama anak2...


Cari2 gambar piglet di internet, akhirnya dapet juga.. I was lucky, choosing that character!  Soalnya pewarna kue yang kupunya terbatas banget!  Nah, si Piglet ini kan cuma terdiri dari 3 warna.. pink muda, pink sedang, & pink tua..  hehehe cukup dengan 1 warna, cuma dimainkan berapa tetes yang akan aku pakai untuk tiap gradasi warna..


Jumat malam, belanja bahan kue ama Pak Ilik.. beli telor, tepung, gula, peach kaleng (buat isian tengahnya!), whipped cream, dark cooking choco, and sprinkles *siapa tau berguna!!*.. untung semua tersedia!   Di rumah masih ada butter cream buat BC transfer & buah strawberry yang bisa dipakai kalo kepepet...  Oia, anak2 request untuk bikin snack asin & manis juga, masing2 1 jenis..  Dooohh, sanggup ya??  *panik mode ON*


Jumat jam 8 malam, mulai kocok telur & gula bla bla bla... jam 9 kue mateng, 2 loyang choco sponge cake, ukuran 22*22*4.  Sambil nunggu itu kue dingin, aku bikin Pigletnya!  hihihi, deg2an, takut salah semprot or kasih warna.. aku cuma inget untuk buat BC transfer ini, bikin dulu pinggirannya dari dark cooking choco leleh, terus diisi dari pinggir ke tengah!  klo udah jadi, simpan di freezer..tunggu sampai beku dan ready to be transfered.


Terus, aku nyiapin nugget makaroni buat snack asinnya.  Yang manis, aku mau bikin kelepon aja, bisa dibikin sabtu sore..  Sambil nunggu kukusan makaroni matang, aku mulai ngocok whipped cream..terus, bikin pager dari coklat... Liat jam!! waduuuhhh.. udah jam 12:05..


Jam 12:30 mulai dekor kue.  Kulit cakenya dikupas, terus kasih air buah kaleng supaya cakenya lembab.  Olesin whipped cream, dan kasih peach di tengahnya buat isian.. tumpuk satu kue lagi, dan tutup dengan sisa whipped cream.  Abis itu, bagian yang mendebarkan.. men-transfer si Piglet dari atas plastik mika ke atas kue.. eeiiitts, ini kudu ekstra hati2! klo ngga, bisa patah si Piglet beku ini.. pppiiiuu, akhirnya berhasil juga!  Terus, aku mulai nempelin pager coklat ke pinggiran kue... tapii, masih ada yang kurang nihh!  oiya, kasih pinggiran deh dari choco ganachea sisa bikin sacher hari rabu lalu.. terus bikin tulisan.  Ada kecelakaan kecil waktu bikin tulisan ini.  Angka 2 yang maksudnya TO aku bikin di pinggir, bukannya di tengah.. Mau langsung diterusin dengan tulisan 'Icha' spacenya ngga cukup.. akhirnya aku kasih bentuk .. mbooh artine opo, yang penting ngga kosong..heheeh... tambah lagi keisenganku, bikin 2 semprotan rose di atas kepala piglet, dan kukasih potongan strawberry, yang hasilnya...malah merusak keseluruhan kue...  mau diangkat kok angel!  yo wis lah, ora opo2.. wis kebacut! 


Inget2.. tadi beli sprinkles deh! bagus nih.. klo ditaburin di atas kue! Benerrran..  bisa mengubah 'wajah' si kue yang tadinya berantakan.. jadi lebih baik..  Piiuuhh, segala kesibukan ini selesai jam 2:15 pagi!


Berhubung Icha & Agung jaga pameran komputer dari pagi sampe sore sabtunya, bikin kita leluasa nyiapin semua2nya di rumah.. telpon teman2 deket, untuk ngingetin supaya kumpul abis magrib.. bela beli piring kertas dan lilin, en bikin klepon sorenya..


Abis magrib, kita udah kumpul.. begitu icha buka pintu lobby *yang masih terkunci*, wuuaahhh surprise.. here we are, get together to celebrate your birthday, 'cha...  Happy Birthday, my beloved friend.. semoga sukses selalu menyertaimu..


Senengnya lagi, dia surprise banget liat si Piglet...kok bisa si kok bisa si.. gitu katanya berulang-ulang... waktu aku bilang ke temen2, maap bday cake-nya rada berantakan.. mereka bilang: waaaahh, itu sih masterpiece! karena kuenya dikasih sentuhan personal, not only a typical bday cake (black forest klo di sinih!) + lilin... tapi ada pigletnya yang Icha bangets... hehehehe... 

12 comments:

  1. Horeee!!!!! kue piglet nya cuantiiikkkk...........Selamat yach udah sukses bikin bday cake buat Icha!!!

    ReplyDelete
  2. hiks... hiks... jadi terharu nih...
    makasih ya emak ku chayang...
    jadi ngelembur ampe jam 2 pagi yah
    hehehe mana hampir gak jadi tuh surprise party gara2 penyok, untung aku gak sempet baca emailnya
    tapi btw umur gw berapa yah, kok masih ber piglet2 ria, jadi malu hehehe
    pokok nya makasih banget buat semua petaniers yang udah nyiapin surprise party ini
    love u all guys...

    ReplyDelete
  3. bener2 masterpiece, Ning...
    pigletnya itu, gak kalah ama nyang ori. ati2 kena RUU kopirayta :D

    ReplyDelete
  4. wiiii ..keren mbak BC transfernya..... aku mau dong dikasi surprise ....:D

    ReplyDelete
  5. boleh... kapan nih ultahnya? hehehe ini mah gak jadi surprise :)

    ReplyDelete
  6. 21 januari ....taon depan masi ..jadi kayaknya aku udah lupa deh ...jadi masih surprise hehehe:D

    ReplyDelete
  7. iya bikin BC transfer itu kayak apa sih ? boleh kasih tau caranya soale minggu depan anaknya temen ultah pengen juga bikin kayak BC transfer....
    kayaknya tebal atau diganjel sesuatu ?
    Tolong dong....canggih banget ibu satu ini.....

    ReplyDelete
  8. mba ez, aku baca cara bikin BC di sini:
    http://www.webmall1.com/sweetdreams/frozbutter.htm

    ReplyDelete
  9. Ini sih cantik luar biasa tart pigletnya, pasti rasanya juga hmmm.......enaaaaaaakkk..

    ReplyDelete