Tuesday, May 23, 2006

BLACK FOREST CAKE


Description:
Termasuk salah satu kue klasik internasional. Sponge cake coklat yang dilapis dengan whipped cream, black cherries, parutan coklat, dan aroma kirsch yang khas..

Ingredients:
Untuk sponge cake coklat:
10 kuning telor
5 putih telor
150 gr gula pasir halus
1 sdm emulsifier
40 gr coklat bubuk
60 gr terigu protein sedang
1 sdm tepung maizena
1 sdm susu bubuk

150 gram margarin, lelehkan, campur dengan 1 sdm susu kental manis

1/2 kaleng black cherry, tiriskan air dari buahnya
2 sdm maizena, kentalkan dengan sedikit air
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdm gula pasir

500 gr whipped cream atau boleh juga pakai butter cream
250 gr dark cooking chocolate
10 butir ceri merah, belah 3

Directions:
Cara membuat sponge cake:
- Panaskan oven 375 deg F.
- Kocok telur dan gula sampai kental, masukkan emulsifier, kocok sampe putih dan mengembang.
- Masukkan tepung+coklat bubuk+maizena+susu bubuk sambil diayak, kedalam adonan tepung.
- Tuang mentega cair+susu kental manis, aduk rata.
- Tuang ke dalam 2 buah loyang 22*22 cm yang dioles mentega dan dialas kertas.
- Panggang dalam oven selama 15 menit.
- Turunkan temperatur ke 350 deg F, panggang 10 menit. Angkat, dinginkan.

Membuat olesan:
- didihkan air ceri hitam + gula + kayu manis, kentalkan dengan larutan maizena. Masak sampai meletup, angkat, dinginkan.

Penyelesaian:
- Rapikan kue dari remah2nya.
- Ambil selembar kue, olesi dengan whipped cream.
- Tambahkan bahan olesan + dark cherries.
- Letakkan selembar kue lagi diatasnya, tutup dengan sisa whipped cream. Rapikan.
- Kasih coklat serut di bagian sisi dan atasnya.
- Hias dengan ceri merah.

7 comments:

  1. wuah, enak sekali yah keliatan nyaaa...testernya manaaa ? :P

    ReplyDelete
  2. Wah coklat serutny kok bisa gede-2 gitu kalo aku nyerut kom jadi kecil-2 :(
    Oh ya kok ga pake Rum biasanya kan ada rumnya. Aku juga pernah bikin 2 kali black forest dan alhamudillah berhasil smua.

    ReplyDelete
  3. hehehe.. aku aja gatel pengen potong kue itu, dan icip2... tp kue pesanan booowwww :))

    ReplyDelete
  4. aku pake peeler, bukan parutan... biar hemat waktu & tenaga wakakakakaka.... oiya, klo black forest sih khasnya pake kirsch ya.. tp klo aku tergantung pesanan orang aja. klo pemesan bilang gak pake kirsch/rhum, ya ngga aku kasih...

    ReplyDelete
  5. rapi jali banget2...
    keknya kesian banget kl diperawanin :p

    ReplyDelete
  6. black forest adalah kegemaran gue..great...great..hebat juga loe buat kue
    boleh gak...laen kali bahas resep tiramisu

    ReplyDelete
  7. salam kenal ya.....aku mau coba resepnya...
    keren and yummy....kue nya..

    ReplyDelete