Thursday, January 12, 2012

Tantangan Masak buat Saya di tahun 2012 - Updated

Seperti yang saya ceritain di sini, beberapa teman memberi saya tantangan untuk membuat makanan tertentu. 

Nah, rencananya tantangan tersebut akan saya kerjakan setiap bulan dan laporannya akan saya tulis di MP.  Jadi total 12 makanan di tahun 2012.  Hihihi angka cantik tuh...

Tantangan yang sudah masuk sebagai berikut:

  1. Chocolate Blackout Cake, dari mbak Evia
  2. Okonomiyaki, dari mas Farid
  3. Lapis Legit ala Lampung, dari Ira
  4. Macaroon, dari mbak Tintin
  5. Lapis beras (yang pakai tapioka), dari Laksmi
  6. Kari (temen makan pratha), dari mbak Linda
  7. Empal Gentong, dari Febbie 
  8. Pecking Duck, dari mbak Irma
  9. Mie Titi, dari Nana
  10. Sayur Ubi (daun?) Tumbuk, dari Maknya Adil & Hamzah
  11. Nasi Mandi, dari Bunda Estherlita
  12. Masakan Lele, dari mba Tanti

Nah, monggo siapa lagi yang mau kasih tantangan.  Silakan saja.  Kalau sudah mencapai 12, akan saya tutup.  Insya Allah akan saya kerjakan.  Heheheh kalo kata mas Farid, lebih enak lagi kalau hasilnya bisa dicobain sama-sama yah...

Tanpa mengurangi rasa hormat, Mie Aceh (rebus), dari Ira; Phyllo dough spinach dari mbak Tintin; Nasi Lengko dari Febbie, saya keluarin dari daftar ya.. Supaya yang lain bisa ikutan juga... Ocret? Creeet....

Gambar saya comot dari sini.

100 comments:

  1. kue lapis beras yg pake tapioka yg lengket tapi dimakan lapis per lapis #terus dikirim yaks hihihihi

    ReplyDelete
  2. Buat Nining: kari + pratha *karinya aja Ning, prathanya mah ada di SPM*

    ReplyDelete
  3. minggu lalu ku disajikan ini:



    PHYLLO DOUGH SPINACH, bikinin doooonnnggg..

    ReplyDelete
  4. yang seperti apa ya mbak? ada di resep mbak titin...?

    ReplyDelete
  5. udah cukup, satu orang maximal dua ya... biar yang lain bisa ikutan hehehe

    ReplyDelete
  6. noted bu... lapis beras dikombinsi tapioka yah..

    ReplyDelete
  7. siaaappp... kari-nya seperti yang di Penang Bistro?

    ReplyDelete
  8. iiih... mba Titin nih, maksimal dua yah.. biar yang lain ikutan...
    ayo tentuin dulu mau yang mana.. heheheh

    ReplyDelete
  9. ya udah ayam kodok sama phyllo dough spinach.. kalu mo masak undang2 ya..

    ReplyDelete
  10. apa bedanyanya dengan yang biasa saya bikin...?
    yang lain deh mbak.. hihihi #nawar

    ReplyDelete
  11. Ini mirip spinach pie tapi pakai phyllo pastry yah..

    ReplyDelete
  12. empal gentongggggg
    yang persis sama kayak cirebon punya
    hohohohoho
    *tinggal nyontek deh ntar

    kalau ga ya nasi lengko, walo gampang, tapi rasanya biar mirip yg kayak di cirebon susyah eui

    ReplyDelete
  13. Asiiiik dibikinin Nining...gak sabar nunggu bulan April :)

    ReplyDelete
  14. mbak, aku pilih macaroon + spinach pie yah.. karena.. mmm, aku tidak tertantang bikin ayam kodok.. jiaaahh, gaya bener...
    hihihihi

    ReplyDelete
  15. iya mirip tapi pake pastri phyllo.. lebih ringan dari kroisan..

    ReplyDelete
  16. horeeee.. macaroon gampang sih ya.. tapi isinya jangan selai kacang ya.. alergi boh..

    ReplyDelete
  17. banyak yang bilang susah bikin, padahal ku sering bikin ga susah tuh.. jadi pengen lihat versinya nining..

    ReplyDelete
  18. hihihi terima beres ya bu..
    okree... empal gentong dan nasi lengko..
    sllruuup... ujan2 gini bayangin empal gentong.. aaahh!!

    ReplyDelete
  19. aku jg bilang gak susah mbak.. btw, aku gak akan masukin di dalam tantangan ini ya...
    karena tgl 22 ada temen2 yang minta aku demo bikin ayam kodok... nanti aku buat dan aku fotoin buat mbak Tintin...
    gimana?

    ReplyDelete
  20. naaah, berarti mesti coba yang di kopitiam dulu nih..
    traktir dong, mbak.. hihihi

    ReplyDelete
  21. huhuhu phyllo pastry-nya mahal #banyak keluhan..
    tapi bakal dibikin deh... hehehe

    ReplyDelete
  22. asyik.. aku suka isi ganache coklat :)

    ReplyDelete
  23. horeee.. baiklah.. demo ayam kodok dimana?

    ReplyDelete
  24. yahhh, urutan ke 9 en 10, dijamin bulan ke 9 en kesepuluh kelamaan nunggu
    *lumutan deh* hahahahahahahaha

    ReplyDelete
  25. hahaha susah nih.. apa urutannya dibikin random yah?
    Kasian juga bumil keburu encesan...

    ReplyDelete
  26. :D ganti dengan dough bikinan sendiri aja kalu gitu.. walupun ga ngephyllo.. suka sama bayam kejunya itu.. kejunya saja pake 10 jenis gitu loh.. ngiler deh..

    ReplyDelete
  27. ntar mo mampir ke soto betawi mang pi'i..

    ReplyDelete
  28. wakakakaka, ga usah mba, biar adil gpp ^_^
    sesuai yg ngasih aja
    ato sesuai mood yang buat
    kl perlu diabisin dalam sebulan :))

    ReplyDelete
  29. beda mba tinnnnn... jauh dr soto betawi

    ReplyDelete
  30. gak ah, tetep mau pake phyllo pastry.. 10 keju? haduuuuhhh keju apa aja mbak...?
    resepnya siapa? AKu pernah liat Anna Olson bikin spt ini sih...

    ReplyDelete
  31. asyik... aku pilih tergantung mood aja ah.. hihihi

    ReplyDelete
  32. ho oh.. beda.. cuma dua2nya enak dimakan ujan2 dingin2 kayak gini...
    slrruuup... nanti pulang mampir sate ayam + martabak kubang ah.. lhooo, gak nyambung! hihihi

    ReplyDelete
  33. krn paling enak masak sesuai mood ^_^v
    rasanya lebih ok

    ReplyDelete
  34. aku kenyang, abis minum susu plus makan brownies :p

    ReplyDelete
  35. di rumahku (Bintaro) mbak... colek2 Ira (prajurit kecil) deh tu, dia yang minta...

    ReplyDelete
  36. ku tanya temen yang ngajak makan kemaren.. dia bilang isinya 10 keju.. tapi ga asin deh.. rasa kejunya mantap, bayamnya juga mantap.. ini termasuk creamcheese jugal oh..
    pernah lihat chef yang dari mexico yang suka jalan2 itu bikin ini.. hadoh sapa ya.. *napa udah diujung kepala kog lupa..

    ReplyDelete
  37. iya beda, tapi empal gentong dimari dimana yang enak? kan miripmirip soto betawi cuma ga kuning saja.. *ngeyel..

    ReplyDelete
  38. masih ada gak? hehehe
    pulang aaah.... laperrrr...

    ReplyDelete
  39. idih itu daftar tinggal dua ga nambah2.. jadi kapan dimulai dong..

    ReplyDelete
  40. Yaa...yang mau nambahin, silakan.. saya jalan dulu yaaa....

    ReplyDelete
  41. masalahnya mba tin, ga ada yang enak di jakarta, suerrr
    rasanya beda sama aslinya :P
    sooo ga bisa dibilang mirip. hahahahaha
    jauh beda, ngeyel ga diterima disini, soalnya beneran beda sama soto, ga bisa dibilang satu keluarga sama soto

    ReplyDelete
  42. Ning, bikin bebek peking mau ngga?

    ReplyDelete
  43. @Irma: mauuu..ini baru tantangan!! Kebayang susahnya.. Jadi deg2an hehehe

    ReplyDelete
  44. @irma303: bebek peking panggang yg kulitnya kriuk? Plus saosnya yg kentel bat cocolan?
    *lap eces*

    ReplyDelete
  45. @feBbie: iya yang ntu.. Gue lg mikir, gimana mesti manggangnya ya, digantung gitu... Booo, gw jg encesan di jalan nih

    ReplyDelete
  46. hahaha yang kuah2 ku anggap soto loh.. termasuk rawon, soto hitam.. :D
    bahkan sop sayurpun ku bilang soto.. soto sayur..

    ReplyDelete
  47. @mba ning: hahahahahaha, yg lg kelaperan, liat menu2 dah lgsg cacing2 diperut treak ya :p

    ReplyDelete
  48. @Nana: setuju!! Suka dua2nya!! Jadi elo mau satu atau keduanya? Tinggal 2 slot nih :)

    ReplyDelete
  49. Gue pengennya dua2nya sih wkwkwk tp kalo jatah gue cuma satu, gue prefer mie titi! *susah bo cari mie titi yg rasanya enak dan persis sama mie titi disono*

    ReplyDelete
  50. @Nana: mie titi yah, biar 1 slot sisanya buat yg lain :) *kalau masih ada yg mau kasih tantangan*

    ReplyDelete
  51. @Ira: udah pernah bikin talam ubi dan talam ebi. Coba cek tab resep gue sebelum thn 2006 :). Yang lain buuu..., masih ada 1 slot nih.. Buruan!

    ReplyDelete
  52. @Ira + Kiky: nanti gue kasih tau klo mau masak + makan yaaaa :))

    ReplyDelete
  53. Pepes peda
    Tumis jambal roti (yang susah nyari jambalnya)
    Pepes ikan mas tulang lunak
    Sayur ubi tumbuk
    Bubur menado

    ReplyDelete
  54. @Ira: satu aja :)) maunya yg mana? Hehehehe

    ReplyDelete
  55. @Ira: sayur ubi tumbuk yaaa
    @Haley: udah pernah, ads step by step-nya di MP-ku yaaa :))

    ReplyDelete
  56. Ngences....ces..ces... Ditunggu resepnya ya.....

    ReplyDelete
  57. @Shinta: sabar yaaa, itu setaun lho hahaha

    ReplyDelete
  58. @mbak Estherlita: iyaa, aku emang ada rencana bikin nasi mandi, praktekin buku resep baru.. :)

    ReplyDelete
  59. mba ning bikin masakan dari lele dong

    ReplyDelete
  60. duhhh enaknyaaa...
    nyammmm 10000X
    sayur semua ya, ngga ada daging2nya kah ini ?

    ReplyDelete
  61. ningnong, ini akan seperti diary tantangan masak 2012 yaa... hehe
    asik bangettt...insya Allah lancar jaya hingga tantangan ke-12, aminnn
    ***duduk manis menunggu tayangan tiap episode***

    ReplyDelete
  62. Masak apa pun, yang penting:

    (1) Kudu enak,
    (2) Kudu nikmat,
    (3) Kudu sedep,
    (4) paling utama: ajak saya makan bareng hasilnya ya....

    ReplyDelete
  63. setuzuuuu..... :-)

    enak, nikmat, sedep bedanya apa om ? hehehe

    ReplyDelete
  64. ubi tumbuk batak ya.. pake kecombrang kan?

    duh jadi kangen tinutuan..

    ReplyDelete
  65. jadi:
    9. mie titi
    10. sayur ubi tumbuk ala batak yang pake kecombrang dan bawang putih banyak itu?

    ReplyDelete
  66. aku gak nantangin tapi kalo habis masak disuruh jadi juru icip aja udah seneng kog....

    nyemnyemnyemnyemmmmm

    ReplyDelete
  67. ningnong, kalo mie titi.... jalan2 ke my hometown (ujungpandang) aja mah hehehe

    ReplyDelete
  68. 11. Mie Titi
    12. Sayur Ubi tumbuk

    Cadangan:
    Coto makasar
    Nasi mandi
    Masakan lele

    ReplyDelete
  69. Eh salah:
    11. Bebek peking
    12. Mie titi

    Sayur ubi tumbuk masuk ke cadangan ya

    ReplyDelete
  70. nasi lengko dimajuin januari, boleee ta ??? hehehe
    pengennnn liat tayangannya segera..
    *riceee lover*

    ReplyDelete
  71. berdasarkan beberapa masukan yang saya terima, untuk mengakomodir temen2 yang kasih tantangan.. biar kebagian semua gitu maksudnya, diusulkan supaya satu orang hanya bisa kasih SATU tantangan...
    jadi, buat mba Tintin, bu Febbie, dan Ira, tolong kasih tau yang mana yang mau dimasukin ke daftar?
    kabarin secepatnya yah...supaya bisa diupdate secepatnya...
    thank youuuu

    ReplyDelete
  72. hehehehehe..... ketinggalan komen... mbak Nining, coba bikin ayam pengemis dooonkkkkk... pake step by step ya fotonya :D :D

    ReplyDelete
  73. rit, udah kebayang susah cari tanah liat buat bungkus ayam :))

    ReplyDelete
  74. menarik deh resep2nya...jd pengen nyoba
    yg jadi masalah...siapa yg makan ya? :D
    hehehe...kudu kumpulin tim dulu nih

    ReplyDelete
  75. eh iya mba....aku penasaran si phyllo pastry itu deh
    di bandung jual dimana ya?
    pengen bikin baklava nih

    ReplyDelete
  76. hmmm...semoga ada. judule tetap phyllo pastry kan? :D
    ntar mo di cobaaaaaa
    nuhuh mba

    ReplyDelete