Thursday, January 26, 2012

Ayam Goreng Mentega

Description:
Ini masakan ayam klasik yang bisa ditemui hampir di setiap resto chinese food. Bikinnya mudah, cepat, dan enak. Yang paling saya suka dari masakan ini adalah aroma kecap inggris dan jeruk limo yang wangi...

Waktu latbar ayam kodok di rumah saya minggu lalu, saya masak aygor mentega ini buat makan siang.. hihihi semua nambah lho..

oh iya, saya selalu ungkep ayam dulu sampai empuk, baru digoreng. Gorengnya cepet, gak pake lama...

Ayam Goreng Mentega

Ingredients:
1 ekor ayam ukuran sedang, potong jadi 8 (kemarin saya pakai 8 sayap dan 4 paha)

Haluskan:
3 siung bawang putih
1/2 ruas jahe
1/2 sdt merica
2 sdt garam

Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
3 siung bawang putih, geprek, cincang
1 buah bawang bombay, iris tipis sesuai selera
1/2 sdm minyak untuk menumis
5 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris
1/2 sdt garam
1 sdm gula
2 buah jeruk limo
2 sdm mentega



Directions:
- Cuci ayam sampai bersih, kasih cuka atau jeruk nipis biar keset, bilas
- Ungkep ayam dengan bumbu halus, sampai empuk dan air habis
- Goreng ayam dengan api gede sampai kering (sebentar aja karena ayam sudah matang), angkat dan tiriskan
- Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih sampai wangi
- Masukkan bawang bombay, dua jenis kecap, gula, dan garam, aduk rata
- Masukkan ayam goreng, air jeruk limo, dan mentega. Aduk rata

Hidangkan selagi panas.

89 comments:

  1. kecap inggris sdm? banyak juga.. ga kasih minyak wijen ya..

    ReplyDelete
  2. gak pake minyak wijen, soalnya klo makan di warung chinese food gak ada aroma minyak wijen di aygor mentega

    ReplyDelete
  3. kok nunggu wiken? klo gue ini jadi cemilan.. hihihi

    ReplyDelete
  4. soalnya kalo hari biasa pulang kantor udah tepar hihihihi kalo nyuruh pembokat suka gak puasan, jadi daripada udah mahal2 beli ayam terus mutung, mending digawe sendiri ntar wiken begonoh :D

    ReplyDelete
  5. oh, ternyata ayam direbusnya udah pake' bumbu ya ?
    mau nyobain ah, biasanya cuma ayam dikecapin doang mb Ning :))

    ReplyDelete
  6. hahaha sama.. tapi eh ku belakangan ini kurangi makan ayam loh.. lebih banyak daging ato ikan..

    ReplyDelete
  7. ku kasih dikit biasanya.. juga butter dikit.. berasa menteganya deh..

    ReplyDelete
  8. masakan andalankuuh kalo kepepet..huihihihi

    ReplyDelete
  9. enak lho.. gak kalah deh ama yg direstoran...
    itu tanya aja yang pada kerumah hari minggu lalu, doyaaan....
    hehehe

    ReplyDelete
  10. mba ning, ini ayam kampuang ato potong ni?

    ReplyDelete
  11. oooh begonoh... dan klo elo gak puasan, nanti elo kebawelan ya mak.. hihihihi

    ReplyDelete
  12. hihihi aku malah udah jarang makan daging merah, mbak...

    ReplyDelete
  13. ho oh, selera aja ya mbak.. yang penting jadinya endeeesss....

    ReplyDelete
  14. kelihatannya ayam potong..

    ayam kampung jarang dijual cuma paha dan sayap doang kan? ini ada 4 paha 4 sayap deh..

    ReplyDelete
  15. daging gini malah lebih sering buat temennya makaroni skotel deh..

    ReplyDelete
  16. ho oh,.. cepet dan enak... pasti doyan.. hihihi

    ReplyDelete
  17. pake ayam broiler bu, beli di belmart.. hihihi
    ayam kampung mahal bu, yang kecil aja 40 ribu

    ReplyDelete
  18. tfs mbak ning, kayaknya gampang, besok dah ke pasar.

    ReplyDelete
  19. wajib catet.. pernah bikin tapi ga sukses2 amat ...
    bisa dipraktekin besok niy
    nyum nyum

    ReplyDelete
  20. Kayaknya bumbunya gampang yah.
    Pengen nyobain ah.
    Biasanya saya goreng ayam bumbu kecap ABC aja plus sambel ABC yang banyak dijual di toko Indonesia di sini.
    Kadang-kadang pakai mayo.Pernah juga nyobain pakai madu hahahaha.
    Kalau pakai mentega, belum pernah nyobain.

    ReplyDelete
  21. yoiii ningkatin tensi #hayo aja ngajuin alesan hihihihi

    ReplyDelete
  22. Pasti kagak tahan lama.
    Sebentar aja abis ludes dimakan!

    ReplyDelete
  23. ahaaaaaa........
    ini bungkusan aku nih
    pas latbar di P kemaren :D

    ReplyDelete
  24. Mau coba ah... Mudah2an Sekar suka, kalau aku mah apa2 doyan he...he...he...

    ReplyDelete
  25. Salam kenal mbak< udah lama nyari resepnya, tp belum pernah nemu yang diungkep dulu. coba ah..boleh copas ya mbak Nining..:)

    ReplyDelete
  26. aku biasanya jahenya di keprek doang, hehe.. sama ayam diungkep dulu...

    ReplyDelete
  27. mbaaa udah jadi ayam goreng menteganya hihihihi top markotop, daaah

    ReplyDelete
  28. Aku dah nyobainnnnn, enakkkkkk.
    Cuma krn aku pakai 1 ayam, kudu ditambahin kecapnya.
    But , jempol deh. Ga kalah sama resto, Lebih nyummy.
    Lupa moto buat bukti. Keburu Pada keenakan

    ReplyDelete
  29. aku dulu bingung, ayam goreng mentega kok lebih banyak rasa kecapnya tinimbang menteganya yaaa...

    ReplyDelete
  30. lari kesini gara2 baca riveiwnya bupe

    ReplyDelete
  31. lari kesini gara-gara baca reviewnya bupeb

    ReplyDelete
  32. misi buuu...saya tetangga bu feb ;)
    kapan2 saya contek ahhh resepnya
    tfs ya

    ReplyDelete
  33. emang gampang bener... semua bahan ada di tukang sayur.. eh kecap inggris-nya sih mungkin kudu cari ke toko

    ReplyDelete
  34. hihihi baru sempet balesin komen setelah dirimu suksessss

    ReplyDelete
  35. bikiiiiin.... eh kemarin mbungkus yah? hihihi

    ReplyDelete
  36. udah kan? hehehe cieee poto ayamnya jadi propic bb

    ReplyDelete
  37. udah jadi? minggu kemarin tiga orang yang bikin.. wkwkwkwk niaaattt

    ReplyDelete
  38. ini judulnya ayam mentega, padahal dominan kecap.. hihihi

    ReplyDelete
  39. bener banget tuh Oom..
    kecap dan bumbunya pun jadi rebutan.. hehehe

    ReplyDelete
  40. hayuk bikin.. enak dimakan pake nasi panas2

    ReplyDelete
  41. tapi dirimu gak sempat liat proses bikinnnya yah.. hihihi

    ReplyDelete
  42. gimenong? udah coba?
    gak pedes, moga2 Sekar suka

    ReplyDelete
  43. hihihi ini resep dibuat pakai cara yg bener.. eksekusinya mah pakai cara sesat.. jahe dan bawang putihnya diparut.. tanya tuh sama Ira yang sempat liat..

    ReplyDelete
  44. asyik.. si eneng dan maminda doyan yaaah....

    ReplyDelete
  45. aku pun.. kenapa dominan kecap tapi dibilang ayam mentega..

    ReplyDelete
  46. udah liat.. hihihi makasih udah nyoba resepnya buuu

    ReplyDelete
  47. makasi udah mampir, bu.. boleh sila dicoba resepnya..

    ReplyDelete
  48. Permisi Bu,numpang catet resepnya, salam kenal dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  49. misi mbakyu, gara-gara jeng feb nih, saya mampir. nyontek resepnya ya. makasih lo sebelumnya

    ReplyDelete
  50. Barusan buat ayam goreng mentega dan suksessss, aku sampe terharu saking enaknya hasil masakanku. Makasih ya mbak ning resepnya.. Rasanya sama kayak ayam goreng mentega di resto chinesse food.. *bangga* :D

    ReplyDelete
  51. dan aku sampek bengong loh mba ning, baca pengakuan wewet bisa masak *ngakak puas*

    ReplyDelete
  52. dan gue ngekek baca pengakuan wewet yang terharu krn masaknya enak.. hihihihihi
    kebayang gitu.. makan enak sambil ngelap air mata...

    ReplyDelete
  53. Aishhhh, buka rahasia aja kalo gw g bisa masak, wakakakak.. *jitak bupeb*

    ReplyDelete
  54. lah aku sampek kebawa mimpi malemnya abis masak en makan ayam gorengnya *jadi malu niy*
    abisnya kepengen lagi, kurang eui ayam 1 ekor dimakan ber4.. hahahahahaha

    ReplyDelete
  55. Mbak ning aku add yah, biar nanti kalo nemenin bupeb ke rumah mbak ning aku g malu2 lagi buat nambah makan, hehehe..

    ReplyDelete
  56. *senggol wewet*
    *bisik2*
    jangan buka2 rahasia dunkkkkk, kan aku dah niat mo maen ke tempat mba ning sambil nebeng loe, sekalian lewat kan?

    ReplyDelete
  57. Wet, kayaknya mba ning lagi elus dada sambil geleng2 lapaknya dirusuh ama kita b2.
    kabur yukssss =))

    ReplyDelete
  58. hehehe rameee...gpp.. biar lapak tambah laris

    ReplyDelete
  59. *Iyaa, ini juga gw bisik2 kok bupeb..* :DD

    ReplyDelete
  60. hahahahahahaa... lapak resep koq malah OOT ujung2nya :P
    tapi asli nyummy soalnya
    *masih kagum sendiri sama suksesnya masakanku kmrn*

    ReplyDelete
  61. yuk minggu depan yuk... tgl 12 mau? hehehe *doyan kumpul2*

    ReplyDelete
  62. aku ke crb mbaaaaa
    ada temen nikahan T_T
    eh kan nanti ada sesi kedua bumil2 pada foto2 hahahahaa.. kl ga salah daerah bintaro deh

    ReplyDelete
  63. nah boleh tuuuu....nanti aku mampir deee :)))

    ReplyDelete
  64. asikk
    eh tp aku blum tau jadwalnya, blum ada woro2 dari bu pres siy

    ReplyDelete
  65. Tgl 9-12 aku juga ada acara mbak ning. Tadinya juga males sih kalo acaranya cuma nganter bupeb foto2 doang, tp kalo ada mbk ning sama aygor menteganya, aku siaaaap nganter bupeb, hihihi...

    ReplyDelete
  66. horeeeeee, nodong mba ning jangan ayam goreng menteganya tapi cemilan2nya
    *niat beutttttt
    *stress dah mba ning :))

    ReplyDelete
  67. nah tu kan..barusan aja tanya klo selain aygor boleh gak?
    hihihi yang masak bosen juga.. wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
  68. aku mah terserah yang bawain mba... pasrah
    ga dibawain gpp deh, yg penting ketemu :)

    ReplyDelete
  69. Mbak ning punya resep mie goreng kayak yg resto chinesse food gak? Aku bikin kok g enak yah..

    Boleh kok selain aygor mentega, secara aku kan dah khatam bikin aygor mentega mbak ning.. *belagu* hihihi..

    ReplyDelete
  70. Ning laporan, udah bikin, enyaaakkk kata Sekar.
    Sampai2 lupa makan nasinya he...he... Many thanks!!

    ReplyDelete
  71. emang ni ayam enak buat cemilan.. hehehe
    kiss kiss buat Sekar...

    ReplyDelete
  72. mbak,mao ikut nimbrung nich!!! sy pengen banget belajar buat kue tart,mbak terima kursus gak?

    ReplyDelete
  73. mba, diungkep itu diapain yah? xixi oneng nih gw

    ReplyDelete