Tuesday, August 17, 2010

SARIKAYA PISANG


Description:
Sebagai penggemar pisang, saya tidak mampu menahan godaan sarikaya pisang bawaan mba Tanti ke acara BukBar tgl 14 lalu... langsung saya minta resepnya, dan praktek sendiri di rumah. Bakal jadi menu takjil favorit saya nih.. hehehe

Enak, legit, dan manisnya pas...
Mba Tanti, thanks ya buat sharing resepnya...

Ingredients:
8 buah pisang raja atau pisang kepok yang matang (saya pakai pisang tanduk), iris tebal 1/2 cm
50 gram gula pasir
50 gram gula palem
200 gram gula merah, disisir
200 ml air
1 kaleng susu evaporated (uk. 185 ml) --> bisa pakai susu UHT apa saja
350 ml santan kental --> saya pakai KARA 200 ml, tambah air jadi 350 ml
8 butir telor
1/2 sdt garam
1/2 sdt kayu manis bubuk (kalau suka)
1 lembar daun pandan

Directions:
- Rebus air dengan gula, sampai mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan, saring
- Kocok telur sampai lepas (pakai garpu saja), masukkan santan, susu, gula cair, garam, dan kayu manis bubuk
- Susun pisang dalam pinggan tahan panas atau mangkuk alumunium, tuang adonan di atasnya, beri potongan daun pandan
- Kukus dalam dandang yang airnya telah mendidih, dengan api sedang, kurang lebih 30 menit

15 comments:

  1. Aku mau coba aaah... Kalo pisangnya masih utuh pasti enak. Soalnya aku juga cinta pisang, tapi kalo dijadiin kue... Trus pisangnya diancurin...tinggal rasanya aja...gak berasa makan pisang

    ReplyDelete
  2. mau nyoba juga mbak Ning.makasih yah....

    ReplyDelete
  3. Telornya 8 Ning? Copas ya Ning...moga2 kesambet jin rajin :-)

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah resepnya berguna...:D

    ReplyDelete
  5. akyu juga penggemar pisang ... nyam1000X :-)
    ntar mau coba juga ahhh
    makasih teacher

    ReplyDelete
  6. Mbak Nining jadinya berapa porsi nii, mayan buat bukber...

    ReplyDelete
  7. Niiiing..........mauuuuuuuu......
    nanti bikin lagi ya...........

    ReplyDelete
  8. pisangnya diiris-iris aja, ra.. agak tebel, biar terasa pisangnya :)

    ReplyDelete
  9. Inna, sama2.. ayo silakan dicoba resepnya.. aku jg dapat dari mba Tanti

    ReplyDelete
  10. Iya, enyaak... apalagi yang dapat bonus durian.. hmm yummi...

    ReplyDelete
  11. masuk kulkas pasti makin maknyuuuuuuussss....

    ReplyDelete
  12. enyaaakkkkkkk.....varian selain kolak pisang dan setup pisang...hehehe

    ReplyDelete