Wednesday, July 18, 2007

PANDAN CHIFFON CAKE (v.2)


Description:
Hhhmmm, dapet loyang chiffon teflon dari mbak Esther. Harus cepat dipake nih... hahahaha

Resep chiffon cake ini merupakan penyempurnaan dari resep pandan chiffon cake yang ada di:
http://ningnong.multiply.com/recipes/item/16

Putih telornya aku tambahin, jadi rasanya lebih mak nyuss...dan kopos-kopos saking lembutnya.

Tips membuat chiffon cake:
- pastikan wadah tempat putih telor bersih, dan bebas minyak
- tepung, gula, minyak, cairan, &kuning telor cukup diaduk pake whisk
- JANGAN olesi loyang dengan mentega ataupun minyak
- kalau ragu loyangnya akan bocor, bungkus bagian bawah loyang dengan alumunium foil
- panggang dengan suhu 160 deg C selama 50 menit, terus naikkan suhunya 180 deg C, dan panggang lagi 15-20 menit.

Ingredients:
Bahan A:
200 gram terigu serba guna
150 gram gula kaster
100 ml minyak goreng
125 ml santan atau susu atau air
5 butir kuning telor
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
5 tetes pasta pandan

Bahan B:
7 putih telor
1/2 sdt cream of tartar (bisa diganti garam)
100 gram gula pasir

Directions:
- aduk semua bahan A sampai rata, sisihkan
- kocok putih telor dengan cream of tartar sampai agak kaku
- masukkan setengah bagian gula, kocok lagi 5 menit
- masukkan sisa gula, kocok lagi sampai kaku

- masukkan putih telor kocok ke dalam campuran bahan A secara bertahap (bisa sampai 3-4 kali), aduk rata
- tuang ke dalam loyang chiffon ukuran 24 cm (diameter atas)
- panggang dalam oven dengan suhu 160 deg C selama 50 menit
- naikkan suhu 180 deg C, panggang selama 15-20 menit. Angkat
- keluarkan dari oven, balik loyang chiffon (ditunggingin), sampai lepas.

* kalau gak mau lepas, keluarkan dengan bantuan spatula plastik yang tipis supaya pinggirnya tetap bagus

59 comments:

  1. mbaaa... koq jadi sehati .. :) aku tuh lagi ngebayang-bayangin enak nya nih kue.. heheheh..tau2 mbak posting ginian.. :)) btw, loyang nya apa kudu khusus loyang chiffon ? ato bisa pake loyang bolu biasa ?

    ReplyDelete
  2. Rajin euy, aku juga diberi hadiah tuh sama mbak Esther tapi loyangnya belum diperbudak. *dasar pemalas*

    ReplyDelete
  3. enak ya neng ??? bikinnya susah ngga ? aku kok gagal terus ya bikin chifffon ...ajarin dong ..

    ReplyDelete
  4. Ini salah satu kue yang aku blum berani coba saking nggak PD nya hiks...

    ReplyDelete
  5. nyummy mbak...mau juga ahh nyobain siapa tahu berhasil..(ngimpi.com)

    ReplyDelete
  6. Jeng Nining, aku belum pernah bikin, ngantri ya abis roti belajar ini, hihihihi...

    ReplyDelete
  7. suka bikin juga, tapi supaya gak retak atasnya gimana yaaa

    ReplyDelete
  8. Vit, supaya gak pecah atasnya baking powder dikurangi...
    lha itu punyaku mekrok sitik atasnya... lupa kalo pake baking powder double acting, tapi ukurannya sama dengan pakai baking powder biasa :D

    ReplyDelete
  9. klo bisa pake loyang chiffon ya fit... soalnya loyang ini khusus, alasnya bisa dicopot...membantu banget pada saat melepaskan adonan...bikin chiffon kan loyangnya gak boleh dioles minyak or margarin...

    kecuali punya loyang springform, alias bongkar pasang...mungkin bisa dipakai...atau pake loyang teflon yang anti lengket...

    if there's a will, there's a way... pasti bisa! :))

    ReplyDelete
  10. ho oh nih mba esti maleees... hehehe
    mending dioper ke aku aja mbak loyangnya... jadi bisa bikin beberapa kue sekaligus...

    ReplyDelete
  11. mau diajarin? hayukkkkk... kapan dong?
    itu sisil juga pengen belajar... atau bareng2 aja... ?

    ReplyDelete
  12. ayooo.. kamu bisa! kapan mau belajar?

    ReplyDelete
  13. ayo dicoba! bisa lah.. emang rada tricky, tapi klo prosedurnya diikuti, insya Allah jadi kuenya :D

    ReplyDelete
  14. hayooo... mau belajar chiffon dulu atau roti dulu atau sekalian dua2nya? hahahahaha

    ReplyDelete
  15. tapi jauuuhh ...... susah ketempatmu ning ....

    ReplyDelete
  16. buka kelas di Titan? mmmmm.... *mikir*

    ReplyDelete
  17. Wah udah lama banget ga bikin chiffon ... kayaknya enak buat dicoba lagi ........

    ReplyDelete
  18. Jadinya gede dan canteeekkkk Ning. Nek aku wis nyerah dhisik baru baca resepnya.

    Oh ya Ning mo tanya. Kalau ada sebuah resep cake (cake apa aja). Anggap aja pake 6 telur, menurut resep dipanggang pada suhu 180 derajat celcius selama 30 menit. Kalau kita bikin setengah resep apakah lama manggangya sama atau kurang? Kalau kurang terus berapa menit? 15 menit? Suhu juga tetap 180 derajat ya? Loyangnya pake yang lebih kecil sih. Sorry Ning nanya.......maklum aku kan oon masalah perbakingan. Thanks ya sebelumnya.

    ReplyDelete
  19. rule of thumb-nya nih mbak...
    untuk suhu yang sama, semakin besar loyangnya makin lama waktu manggangnya.. Jadi bukan suhunya yang diturunin, tapi waktunya yang dikurangi.
    semoga jelas ya mba...

    ReplyDelete
  20. Ok deh Ning, jadi kalau nanti aku bikin lagi, waktunya yang dikurangi. Thanks ya Ning. Wah kamu ini bener-bener kayak guru kursus cake jarak jauh. hi...hi...hi...

    ReplyDelete
  21. maaf ya mbak.ngintip2.. aku suka bgt sama cake iniiiii.. :D

    ReplyDelete
  22. horeeeee..!! punya alesan buat belanja loyang qiqiqiqi... aku makin terkenang2 soalnya waktu kopdar sama Lita sempet dibawain juga...enak ya mbaa..ringan kayak kapas... btw aku tunggu resep lapis surabaya nya yaa.. :))

    ReplyDelete
  23. udah kebayang lembutnya nih.. liat teksturnya aja sepertinya halus banget.. coba ah... hehehe. Makasih ya, mbak ning :-)

    ReplyDelete
  24. nyum...sehati deh...aku juga abis bikin...(^^,)

    ReplyDelete
  25. kudu dicoba...kudu dicoba...
    Eh, Ning... Stella tuh bener yah??! Ente tukang "ngomporin" orang bikin apaaaa aja...:))
    biarin deh...itung2 bikin pinter hahaha (soalnya dulu bego amat nih...!!)...

    ReplyDelete
  26. hahahhaha makanya sering2 mudik mbak, biar bisa belajar langsung kayak waktu roti kemarin =))

    ReplyDelete
  27. bener mba Dian... aku juga penggemar kueh ini... enaaaks!

    ReplyDelete
  28. suka makannya atau suka bikinnya? :D

    ReplyDelete
  29. asyyyikkk.... langsung bikin ya fit, klo loyangnya udah dapet... :D
    iya nih, belom bikin lapis surabaya lagi.. aku pengen kasih resep sekalian fotonya... :D

    neng yanna tuh yang udah pernah nyobain... dia nelpon gue jam 11 malem saking hebohnya ama resep lapis sby yang baru gue share :D

    ReplyDelete
  30. ayo dicoba... ngocok putih telornya yang bagus ya... supaya pori-pori kue yang dihasilkan halus...

    ReplyDelete
  31. hehehehe kompak kita ya mon... btw, yang mau kursus praline & coklat itu jadi? *clink..*

    ReplyDelete
  32. hahahahha bisa aja... stella juga tukang kompor tuh... inget gak waktu dia bikin bakpau? mmmmm, abis ini aku mau ngomporing bikin apa yaaa?

    ReplyDelete
  33. mbak ning, punya yg resep yg rasa coklat gak ya? aku minta dibagi ya. tks...

    eh iya, tadi ngebaca ttg si loyang, kayaknya dulu banget pernah ngebaca di mana tapi lupa. katanya mesti pakai yg ada tubenya dibagian tengah biar naiknya bagus karena ada si kaleng loyangnya yg nyebar si sumber panas. sama mungkin biar bisa jadi buat panjatan sih bolu ya.

    ReplyDelete
  34. tinggal ganti aja pasta pandan dengan pasta coklat...
    atau terigunya dikurangi, ganti coklat bubuk dengan jumlah yang sama
    atau ganti 125 ml air dengan coklat cair...

    ReplyDelete
  35. gak jadi berat ya mbak kalo si air diganti dgn coklat cair?

    ReplyDelete
  36. kayaknya bakal rada berat :)) belom pernah coba sih...
    atau airnya diganti susu coklat, terus minyaknya diganti cooking coklat yang dilelehin...

    aku biasanya pake coklat bubuk + pasta...

    ReplyDelete
  37. Ning...
    "ngomporin"-nya ente berhasil!!! Gw bikin bolu-ne berhasil juga ... hehehe...
    biarin deh ente b'dua jadi tukang ngomporin ibu2 pemalas spt. gw ini...:D

    ReplyDelete
  38. mba Ning, aku copy resepnya ya, thanks....mmmm kebayang makan chiffon pandan.....enak...enak

    ReplyDelete
  39. mbak tepungnya pake tepung protein rendah or sedang?....trus selain garam, cream of tar tar bisa diganti apa lagi?...air jeruk nipis bisa gak?...

    ReplyDelete
  40. pakai tepung protein sedang..*tepung protein tinggi buat roti, yang rendah buat kukis*
    pengganti cream of tartar yang aku tau sejauh ini ya garam...
    cuka atau jeruk nipis aku pakai untuk kocokan putih telor & gula, dalam pembuatan royal icing.

    ReplyDelete
  41. ning...gw mo yg iniiiii.....

    ReplyDelete
  42. daaaaaaaaaaaaaaaaaaah...cobaaaaaaaaaaaaaa..tooooob..!!!!

    ReplyDelete
  43. baru bikin tadi tapi..duh aku koq bantet yak bawahnya..padahal nyoba chiffon cake v1 itu dulu aku sukses loh..sedihhh..hiks hiks..kenapa ya ?

    ReplyDelete
  44. mbak, bisa pake loyang bongpas ya...ga' musti loyang sifon yang ada lobang tengah?? jadi pengen coba (maklum...beli loyang sifon belom kesampaian..)

    ReplyDelete
  45. Jeng Nining, salam kenal dr Belanda ya. Aku juga penggemar chiffon-cake lho. Kebetulan aku kutal-katil resep eh... ketemu si jeng. Aku mau tanya nech, belakangan ini aku bikin ini kue koq bisa jadi 2 warna lho! Aneh! Mungkin si jeng tau kenapa? Bagian yg bawah warnanya lebih tua dr yg bag. atas.... Makasih sebelumnya ya jeng....

    ReplyDelete
  46. mbak nining, salam kenal yaaa... btw, ni kue nama lainnya kue ijo ya? gula kaster itu apa ya nama lainnya..salam dari swiss..

    ReplyDelete
  47. pingin nyobain resep yang ini nih..daripada bengong he..he..

    ReplyDelete
  48. mbak salam kenal.
    Contek resepnya ya..
    Soale aku paling suka kue ini dan gak pernah bisa bikin. padahal punya loyangnya. Thx alot.

    ReplyDelete
  49. Mbak niningg...huuu sungguh kucinta kumpulan resepmuuhh.. Mbak'e ku contek plek plek resepnya di : http://shashakoe.net/?p=196

    Makasih banyak mbak =)

    ReplyDelete
  50. Hallo salam kenal, boleh saya menulis dan mencoba resepnya? terima kasih

    ReplyDelete
  51. hallo mbak, salam kenal. Saya dah coba resepnya....sukses banget. Bawa 2 kali ke acara ngumpul temen2, setengah jam abis ludes :)). Thanks for sharing the recipe.

    ReplyDelete
  52. Hallo, salam kenal:)
    Mbak, aku nyontek resepnya yach!!

    ReplyDelete
  53. salam kenal ya mbak..aku dah intip2 rumahnya...
    aku mau tanya dong, td aku buat chiffon tapi hasilnya lengket selengket2nya dan ga mau lepas walau dah dingin..alhasil ga mulus ada yg nempel diloyang. kenapa ya mbak?

    ReplyDelete
  54. permisi mau ikutan ngintip..
    ehmmm.... mantap kuenya.tlong ajarin donk..

    ReplyDelete
  55. Salam kenal mbak...aku mo nanya nich...Gula kaster tu yg gimana sih? Makasih resepnya...

    ReplyDelete
  56. Hallo mbak, makasih resepnya. saya udah coba meskipun gagal :p ada saya upload kegagalan saya :D

    ReplyDelete
  57. hallo mba nining, salam kenal... hari ini saya mampir di blg mba langsung bikin kue chifffon pandan, aku ikutin tips nya...wah ternyata kue ku mulus mba nggak ada yang pecah dan lembuuuut di gigit, terima kasih mba..

    ReplyDelete